Systematic Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Model Team Games Tournament

Zahrotul Farida, Maila Sal Sabila, Rani Setiawaty

Abstract


Abstract: This study aims to identify, and evaluate all relevant research so that answering the research questions is determined (Triandini, Jayanatha, Indrawan, Werla Putra, & Israwan, 2019). The method used in this study is the Systematic Literature review (SLR) method. According to Triandini et al., (2019), it is stated that if the systematic literature review method is used, a researcher will conduct a review by identifying several journals systematically according to the steps that have been set. In this study, there are several stages of research, namely 1) research question formulation 2) journal literature search 3) criteria determination, 4) literature selection stage, 5) data presentation, 6) data processing and drawing a conclusion. Of the 20 articles above that use the TGT model, there are 18 articles that apply the TGT model to PKN subjects, 1 for social studies lesson content and 1 for science lesson content, so this proves that the application of cooperative learning model TGT (Team Game Tournament) can be used to all elementary school subjects.

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengenali,dan mengevaluasi semua penelitian yang relevan sehingga menjawab pertanyaan suatu penelitian ditetapkan (Triandini, Jayanatha, Indrawan, Werla Putra, & Israwan, 2019). Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode tujuan penelitian systematic literature review). Menurut Triandini et al., (2019) menyebutkan jika metode systematic literature review seorang peneliti akan melakukan review dengan mengidentifikasi beberapa jurnal secara sistematis sesuai dengan langkah – langkah yang sudah ditetapkan. Pada penelitian ini terdapat beberapa tahapan penelitian, yaitu 1) perumusan pertanyaan penelitian 2) pencarian literatur jurnal 3) penetapan kriteria, 4) tahap penyeleksian literatur, 5) penyajian data, 6) pengolahan data dan penarikan sebuah kesimpulan. Dari 20 artikel yang menggunakan model TGT ada 18 artikel yang menerapkan model TGT pada mata pelajaran PKN, 1 untuk muatan pelajaran IPS dan 1 untuk muatan pelajaran IPA, jadi hal ini membuktikan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Team Game Tournament) dapat digunakan untuk semua mata pelajaran sekolah dasar.

 


Keywords


Team Games Tournament (TGT) Model, Learning Outcomes, Systematic literature Review

Full Text:

PDF

References


Ari, W. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Tipe TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa SD. Jurnal Pendidikan Pembelejaran Ke -SD An, 2(1), 1–13. http://repository.upy.ac.id/id/eprint/437

Ayu, P. W. S., Putu, D. P., & Wayan, I. R. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7341

Fuji, N., Suryana, Ag.,& Suaidi, E. H. (2022). Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Tarbiatuna : Jurnal Of Islamic Education Studies, 2, 164–172.

Harahap, S. E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Tgt (Team Games Tournament) Siswa Kelas 5 Sd Negeri 164525 Tebing Tinggi. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 8(2), 101–109. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10378

Heru, A., & Supriatna. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran PKn Model Cooperative Tipe TGT Berbasis Atong Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v3i1.5474

I putu Yogik Suwara Mahdi, D. (2019). Model Pembelajaran Teams Games TournamentBerbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadapat Pendidikan Karakter Gotong Royong dan Hasil Belajar IPA. Pendidikan Multikultular Indonesi, 1(1), 98–107.

Ikbaluddin. (2019). Penggunaan Strategi Teams Games Tournament ( TGT ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3, 1259–1270. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.351

Junisa, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 104182 Paya Geli T.A. 2018/2019. Prosiding Seminas Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2(1), 660–665. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35863

Kuwati, M., Saptuti, T., & Suyanto, I. (2012). Model Pembelajaran Tgt Dalam Peningkatan Pembelajaran Pkn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 1(1), 1–6.

Mamanda, S., & Sumantri, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal of Education Action Research, 2(3), 348–354. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16283

Rismawati, & Mardiana. (2018). Meningkatkan hasil belajar murid melalui model (TGT) teams Games Tournament dalam pembelajaran PKn kelas IV SD Negeri 26 Tamanroja Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Jurnal Etika Demokrasi PPKn, III(1), 75–84. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jed.v3i1.1209

Sukasih, N. nyoman. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 224. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16136

Sulistyo, E. B., & Mediatati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913

Suryani, N. L. G., Suniasih, N. W., & Suara, I. M. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kerobokan. Jurnal Pendidikan Ganesha, 1(Vol 01, No 01), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1252

Suryani, T. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Siswa. Wahana Didaktika, 20(1), 68–81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7338

Suryani, T. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Siswa. Wahana Didaktika, 20(1), 68–81.

Susanti. (2020). Analisis Hasil Belajar Pada Pembelajaran PKn Menggunakan Model Pembelajaran TGT Kelas III SD. Scholastica Journal, 2(2), 41–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/sj.v2i2.7569

Suwarni, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas 1 Sd Negeri 004 Teratak Buluh. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 175. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6830

Tirtoni, F., & Fihayati, Z. (2018). Pelindung : Penanggung Jawab : Ketua Redaksi : Sekretaris : Penyunting / Editor : Mitra Bestari : Penerbit : Alamat Redaksi : Jurnal Inventa, 2, 1–92.

Widiani, A. A. O. V., Lasmawan, W., & Suarni, K. (2020). Pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan permainan tradisional terhadap sikap sosial dan hasil belajar PKn siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3076

Yanthi, M. S., I Wayan, I. S., & I Made, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3849

Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 96. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778


Refbacks

  • There are currently no refbacks.