Implementasi Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Muatan Materi Flora Fauna pada Siswa Sekolah Dasar: Kajian Literatur
Abstract
Abstract: This study aims to conduct a literature review review related to the application of the Picture and Picture learning model to the content of elementary school science. Meanwhile, this research method uses the SLR (Systematic Literature Review) method. The SLR method is a method of identifying, assessing and interpreting the findings of a relevant research topic. This research data collection by reviewing articles related to the topic of this research discussion. The number of articles used in this study were 25 national journal articles obtained from Google Scolar. The results showed that the Picture and Picture learning model had an effect on increasing the mastery of science knowledge competence. A fun learning model, effective learning atmosphere and active students support the increase in student learning motivation so that the ability to master the material becomes better.
Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur review terkait dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture pada muatan IPA Sekolah Dasar. Sedangkan metode penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Metode SLR merupakan metode mengidentifikasi, menilai serta menginterpretasi temuan suatu topic penelitian releven. Pengumpulan data penelitian ini dengan menelaah artikel terkait topic pembahasan penelitian ini. Jumlah artikel yang digunakan pada penelitian ini ada 25 artikel jurnal Nasional yang diperoleh dari google Scolar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh terhadap peningkatan pada penguasaan kompetensi pengetahuan IPA. Model pembelajaran yang menyenangkan, suasana pembelajaran efektif dan siswa yang aktif menjadi penunjang meningkatnya motivasi belajar siswa sehingga kemampuan penguasaan materi menjadi lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, N., Kalzan, I., & Prawati, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II A SD Negeri 004 Cendirejo Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal PAJAR ( Pendidikan Dan Pengajaran ), 5(2014), 863–869.
Berliana. (2019). penerapan Picture and Picture dalam Prestasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 75-78.
Aini, N., Kalzan, I., & Prawati, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II A SD Negeri 004 Cendirejo Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal PAJAR ( Pendidikan Dan Pengajaran ), 5(2014), 863–869.
Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk meningkatkan Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar Siswa ( Studi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 9 Lahat ). Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2), 78–88.
Dwi Handayani, N. M., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1(3), 176. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Ghaffar A. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Bio Education, 10–21.
Hamid, A. (2017). Guru Professional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 274–275. http://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26
Kaharuddin, A. (2020). Pembelajaran Inovatif dan Variatif Pedoman untuk Penelitian PTK dan Eksperimen. Pusaka Almaida.
Laila, I. N. (2021). Metode Picture and Picture Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Merawat Hewan di Kelas II SDN Kepanjenkidul Kota Blitar. 2(02), 305–320.
Leoniari, N. L. D. dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(2), 165–172. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14714
Linarmawati, L. (2020). Penerapan Model Picture and Picture untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi Penggolongan Hewan dan tumbuhan di kelas III MIN 8 Aceh Barat Daya. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 1(1), 96–106. https://doi.org/10.32672/jp2v.v1i1.2048
Litasari, L., Hanik, E. U., & Picture, M. (2021). Penerapan Metode Picture And Picture Untuk Menumbuhkan Keaktifan Siswa Di kelas IV Pada Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 92–103.
Marlina, L. (2020). Kajian Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(2), 56–61. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i2.14
Mohammadi, K., Movahhedy, M. R., Khodaygan, S., Gutiérrez, T. J., Wang, K., Xi, J., Trojanowska, A., Nogalska, A., Garcia, R., Marta, V., Engineering, C., Catalans, A. P., Capsulae.com, Pakdel, Z., Abbott, L. A., Jaworek, A., Poncelet, D., Peccato, L. O. D. E. L., Sverdlov Arzi, R., & Sosnik, A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture dan Think Pair Share (TPS). Advanced Drug Delivery Reviews, 135(January 2006), 989–1011. https://doi.org/10.1016/j.addr.2018.07.012%0Ahttp://www.capsulae.com/media/Microencapsulation - Capsulae.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jaerosci.2019.05.001
Mulyasari, Putu Arga, A. (2022). Pembelajaran pemahaman ipa siswa kelas iv sekolah dasar melalui model picture and picture. Elementary Education Volume, 05(01), 180–187.
Nining Sariyyah. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Picture And Picture Di Kelas IV SD Inpres Watujara. Journal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 181–190.
Praseptia, D., & Zulherman. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3018–3025.
Pratiwi, N., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3697–3703. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1081
Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dan Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.1441
Putri, B. F. (2019). Penerapan Picture and Picture dalam Prestasi Belajar IPA dan Keaktifan Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 1(April), 75–78.
Rosita, R. (2022). Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Muatan IPA Peserta Didik di Kelas IV SDN 98/X Rantau Indah Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Journal on Education, 4(2), 770–783. https://doi.org/10.31004/joe.v4i2.489
Samitra, D., Yuneti, A., & Belajar, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Sumber Jaya. Available at Linggau Journal Science Education PRINTED, 2(01), 34–41.
Sayekti P. P. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Jurnal Pendidikan Dasar, 43–55.
Setiawati, G. A. M. I., Wibawa, I. M. C., & Japa, I. G. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19512
Setya, W. P., & Novrita, S. Z. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kapita Selekta Geografi, 3(2), 47–59. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.1441
Susanti, P. A., & Kusmariyani, N. N. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10144
Syam, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Kampung Parang Kabupaten Gowa. Economica, 6(1), 72–86. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.1941
Syukron A. S. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama dengan Metode Picture and Picture. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 49–53.
Umar, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa Kelas II SD Negeri 37 Mandu. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(5), 1035–1696. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7752
Widyaningsih, L. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SD Negeri 2 Bengkel. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 165–172.
Wilantara A. P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Flip Chart untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak. Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 308–320.
Yuliyono, A., & Hosein Radia, E. (2020). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture dan Example Non Example terhadap Kecakapan Berpikir Kritis Muatan IPA Kelas IV SD. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 53–59. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1898
Zaeni, A. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Melalui Penggunaan Metode Picture And Picture dengan Media Komik Siswa Kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(3), 116–131.
Refbacks
- There are currently no refbacks.