Literature Review: Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Sekolah Dasar dengan Media Gambar

Wiwin Nuraeni, Umi Sa’adah, Anajulia Putri Utami, Rani Setiawaty

Abstract


Abstract: This research is a research to improve writing ability of elementary school students with picture media. This study aims to produce image-based learning media in elementary schools. The method used in this study is the SLR (Systematic Literature Review) method. By using the SLR method, researchers will identify, review, evaluate, and interpret all the research that has been obtained. Researchers will conduct a systematic review of the journals that have been obtained. The research data included in this literature review is an analysis of summaries of several documented articles related to improving students' writing skills using picture media. Based on the research results in Table 1 and Table 2 have positive results with the use of image media that can improve students' writing skills. Students are more happy with the use of image media as a support in the learning process. Picture media can attract students to understand and recognize the various kinds of images presented so that they can improve students' memory.

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian peningkatan kemampuan menulis siswa Sekolah Dasar dengan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis gambar di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Dengan menggunakan metode SLR peneliti akan mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, serta menafsirkan semua penelitian yang sudah di dapatkan. Peneliti akan melakukan review dari jurnal-jurnal yang telah di dapatkan scara sistematis. Data penelitian yang dimasukkan dalam kajian literatur ini ialah analisis dari rangkuman beberapa artikel yang didokumentasikan terkait dengan peningkatan kemampuan menulis siswa dengan media gambar. Berdasarkan hasil penelitian pada Tabel 1 dan Tabel 2 memiliki hasil yang positif dengan adanya penggunaan media gambar yang dapat meningkatkan kemampuan menulis bagi siswa. Siswa lebih senang dengan adanya penggunaan media gambar sebagai penunjang dalam proses belajarnya. Media gambar dapat membuat daya tarik siswa agar lebih memahami sekaligus mengenal berbagai macam gambar yang disajikan sehingga dapat meningkatkan daya ingat siswa.


Keywords


Improvement Writing Ability Image Media

Full Text:

PDF

References


Alawia, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 147–158. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.959

Ali, M. (2021). Peningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar Untuk Kelas 2 Pada Sdn 93 Palembang. PERNIK Jurnal PAUD, 4(1), 43–51.

Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard. Eralingua, 1(2), 138–146.

Fikri, A., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2021). Penerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. 541–546.

Hasan, H. (2021). Peran Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(4), 169–175. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i4.99

Hasmira, H. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Melalui Penggunaan Media Gambar Seri. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.24256/pijies.v1i1.379

Hasni. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Siswa Kelas II SDN 1 Dongko. Jurnal Kreatif Taduko Online, 4(9), 74–82.

Herawati, S. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Pada Siswa Kelas III. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 35–44.

Itsna Oktaviyanti, Dara Aryanti Amanatulah, Nurhasanah, S. N. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar Itsna Oktaviyanti 1  , Dara Aryanti Amanatulah 2 , Nurhasanah 3 , Setiani Novitasari 4. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597.

Lestari, A. W., Pratiwi, Y., & Mudiono, A. (2017). Peningkatan Kreativitas Menulis Narasi Melalui Penerapan Kooperatif Model Rally Coach Berbantuan Media Gambar Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1220–1225.

Maula, I., & Indihadi, D. (2019). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Penggunaan Media Gambar dalam Keterampilan Menulis Kata Baku di Kelas III SD Sekolah Dasar terdapat Kompetensi Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 137–149. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/13117

Muslikah. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Media Gambar SDN DR Stutomo V/327 Surabaya Tahun 2022. Jurnal Mitra Pendidikan, 5(10), 875–885.

Mustikowati, D., Wijayanti, E., & Darmanto, J. (2016). Meningkatkan Semangat Membaca Dan Menulis Siswa Sekolah Dasar Dengan Permainan Kata Bersambut. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 39. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.5

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 5(1), 193–205.

Prabowo, A., Indrawadi, J., & Amrii, U. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Menggunakan Media Gambar Flash Card dengan Pendekatan Saintifik Kelas II. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3219–3228. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1376

Putra, P. G. N., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Model Pembelajaran Quantum. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 373. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.36069

Rakima, H. La, & Wulandari, S. (n.d.). Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Bimbingan Belajar Dari Rumah Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelompok B TK Lolena Kecamatan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan. 6.

Ratnarti Pahrun. (2021). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(1), 11–22.

Samrati, Sahrudin Barasandji, S. R. M. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar Visual Siswa Kelas I SDN Berbeluk 03 Kecamatan Arosbaya Kabupaten …. 7(4), 193–201. http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2129

Setiawan, F. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 26–37.

Sri Utami. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Menggunakan Media Gambar Dan Pendekatan Keterampilan Proses Siswa Sri. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 711–716.

Subarjo, S., & Sayadi, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Baca-Tulis dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas 3 UPTD SDN Tlokoh 3 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 99. https://doi.org/10.25139/fn.v2i2.1744

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51–57.

Widodo, A., Rachmatul Hidayati, V., Fauzi, A., Erfan, Mu., & INdraswarti, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 106–115. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.2050


Refbacks

  • There are currently no refbacks.