Analisis Hasil Belajar Siswa ditinjau dari Kedisiplinan Belajar Pada Mata Pelajaran IPS: Tinjauan Konseptual
Abstract
Abstract: Discipline is essential for learners to increase their learning results of learners. Discipline can make a determining factor in the results of learning. The study was intended to conduct a review of the literature review related to the study results reviewed from the discipline of students' social science subjects. The study method used in this study was SLR (literature review). Data collection is done by studying all the articles relating to this research. The articles reviewed in this study amount to 20 journals and a review of 3 relevant thesis came from Google scholar. Keywords used in research, study discipline, and ips study data. The stages of this study include planning, specifying keywords, identifying, judging, and interpreting. The results of this study indicate that the discipline of learning can increase the results of a student's study in social studies. Discipline is necessary to display the proper attitude in teaching-learning activities.
Abstrak:Kedisiplinan merupakan hal penting dalam diri peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kedisiplinan dapat menjadikan faktor penentu dalam hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kajian literatur review terkait dengan hasil belajar yang ditinjau dari kedisiplinan belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan menelaah semua artikel yang berhubungan dengan penelitian ini. Artikel yang direview dalam penelitian ini sebanyak 20 jurnal dan review 3 tesis yang relevan diperoleh dari google scholar. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian data hasil belajar, kedisiplinan belajar, dan pembelajaran IPS. Tahapan penelitian ini meliputi merencanakan, menentukan kata kunci, mengidentifikasi, menilai, dan menafsirkan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Kedisiplinan diperlukan untuk menunjukkan sikap yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Admelia, Melly, Nabila Farhana, Laily Nurmalia, and Koyimah Koyimah. 2021. “Analisis Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10(6): 1654.
Amalia Chalista, Suhartono, Ngatman. 2020. “Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Panjer Tahun Pelajaran 2019/2020.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 8(3): 358–64.
Arista, Ita Dwi. 2018. “Pengaruh Disiplin Belajar Dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Kedamean Gresik.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 6(3): 302–9.
Astuti, Dwilita, and Nurkaif. 2020. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model ARCS Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Trimulyo Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(3): 3573–86. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1597.
Aulia Ika Wulandari, Bambang Suteng Sulasmono. 2020. “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) 03(01): 78–82.DOI: 10.33751/jppguseda.v3i2.2541
Chaerunisa, Zahrotu, Jamil Latief, Universitas Muhammadiyah, and Prof Hamka. 2021. “Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5): 2952–60.
Dhiya Rahma Rauqillah, Chodidjah Makarim, Mukhtar. 2018. “Hubungan Antara Kedisiplinan Dalam Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V di MI AL-FALAH Cibinong Kabupaten Bogor.” Journal Of Elementary Education 3(2): 174–92.
Febriyanti, Suci. 2018. 7 “Analisis Hasil Belajar Ditinjau Dari Kedisiplinan Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Madrasah Ibtidaiyah Ikhlasiyah Palembang.”
Imam Sufiyanto, Mohammad, and Roviandri. 2021. “Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS SD/MI Di Kota Pamekasan Tahun Pelajaran 2019—2020.” ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial 3(1): 107–20.DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.221
Kirana, Kesya Tea. 2021. “Pembelajaran Daring Muatan Pembelajaran Ips Pada Kelas V SD.” Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri 07(02): 291–305.
Mulyawati, Yuli, Sumardi Sumardi, and Sri Elvira. 2019. “Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.” Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan 3(1): 01–14.
Nurul Hikmah, Ria Puspita Sari, Syahrial, Silvina Noviyanti. 2022. “Analisis Fakta Pada Muatan IPS Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal pendiddikan dan konseling 4(3): 342–48. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf.DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4316
Nurulita, Kharisma. 2020. “Analisis Hasil Belajar Ditinjau Dari Kedisiplinan Belajar Siswa Sekolah Dasar.”
Purbiyanto, Ryan, and Ade Rustiana. 2018. “Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Economic Education Journal 7(1): 341–61. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj.
Rahayu, Fitri. 2017. “Pengaruh Kemandirian Belajar, Minat Belajar, Disiplin Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Fitri Rahayu.”
Rahmawati, Leni, and Agustina Tyas Asri Hardini. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Daring Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berargumen Pada Muatan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(4): 1035–43.DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.496
Saidah, Karimatus. 2016. “Analisis Kesesuaian Instrumen Penilaian IPS Pada Buku Guru Kelas V Tema ‘Sejarah Peradaban Bangsa Indonesia’ Dengan Kompetensi Dan Prinsip Penilaian IPS SD Kurikulum 2013.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 2(1): 21–31.
Sendayu, Rajeni, Masrul Masrul, and Yanti Yandri Kusuma. 2020. “Analisis Pelanggaran Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sd Pahlawan.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 3(2): 217–24.
Sholekhah, Inayatus. 2020. 21 Journal of Chemical Information and Modeling “Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau Dari Kedisiplinan Dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 Cepogo Tahun Ajaran 2019/2020.” https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o.
Suarni, Ni Luh Wayan Nopa Suartini & Ni Ketut. 2021. “Faktor Yang Mempengaruhi Kompetensi Pengetahuan IPS Ditinjau Dari Disiplin Belajar.” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 4(2): 331–37.
Sujana, I Gede Ngurah Diatmika & I Wayan. 2017. “Korelasi Antara Disiplin Dalam Belajar Dengan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017.” Journal of Education Technology 1(3): 156–62.
Sukmanasa, Elly. 2016. “Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Jurnal Kreatif: 11–24.
Rahayu, Fitri. 2017. “pengaruh kemandirian belajar, minat belajar, disiplin belajar Dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa.”
Febriyanti, Suci. 2018. 7 “Analisis Hasil Belajar Ditinjau Dari Kedisiplinan Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Madrasah Ibtidaiyah Ikhlasiyah Palembang.”
Nurulita, Kharisma. 2020. “Analisis Hasil Belajar Ditinjau Dari Kedisiplinan Belajar Siswa Sekolah Dasar.”
Refbacks
- There are currently no refbacks.