Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Faroh Nurunnazlah, Rosiana Niken A, Dinda Kusuma, Rani Setiawaty

Abstract


Abstract: This paper aims to determine how big the role of parents in motivating elementary school students to learn Indonesian language subjects. This analysis uses the independent variable of learning motivation and the dependent variable of the role of parents. The samples of this study were 5 of 8 elementary school students, 5 parents of students and 1 homeroom teacher of SD N Demaan. The sample simple random sampling. Data collection was documentation, observation and interviews by distributing questionnaires to students' parents for like 5 questionnaires. This research uses qualitative method. The results are that the parents feel that they have their own busyness such as working, taking care of younger siblings and some even have the reason that their ability is minimal to provide their own teaching to their children at home. provide better learning at home with tutors.

Abstrak:Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Analisis ini menggunakan variabel independen motivasi belajar dan variabel dependen peran orang tua. Sampel penelitian ini adalah 5 dari 8 siswa SD, 5 Orang Tua Siswa dan 1 Guru Wali SD N Demaan. Sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan yaitu dokumentasi, observasi serta wawancara dengan menyebar angket ke orang tua siswa sebanyak 5 kuesioner. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan orang tua merasa memiliki kesibukan sendiri seperti bekerja, mengurus adik bahkan ada yang memiliki alasan bahwa kemampuan yang minim untuk memberikan pengajaran sendiri kepada anak di rumah, dengan itu orang tua memiliki kosntribusi kepada anak memberikan fasilitas les privat kepada anaknya untuk memberikan pembelajaran lebih baik di rumah dengan guru les.


Keywords


Parents’ Role, Learning Motivation

Full Text:

PDF

References


Agusmanto J.B., H., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://doi.org/. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364

Ambiya Sinuraya, Y., & Sundari, S. (2018). Langkah Kakiku Setelah SMA. Publica Institue Jakarta.

Astuti, D., Rivaie, W., & Ibrahim, Y. (2013). Analisis Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(6). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2144

Atmaja Prawira, P. (2013). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Ar- Ruzz Media.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4(1), 152–159. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2203

Fahrurrozi, F., & Sutrisno, S. (2018). Pendampingan Orang Tua Dalam Menghadapi Era Digital Bagi Siswa Sekolah Dasar Setiabudi Kecamatan Karet Jakarta Selatan. Jurnal Pemberdayaan Sekolah Dasar (JPSD), 1(1), 19–22.

Hermus, H., & Maria Ermalinda, S. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568

Imron, A. (2016). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. PT Bumi Aksara.

Irhamna, I. (2016). Analisis Kendala yang Dihadapi Orang Tua dalam Menanamkan Akhlak dan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Darussalam Kota Bengkulu. Pembelajaran Alquran Hadis Di Man Pagar Alam, 1(1), 57–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/btu.v1i1.355

Marije, N., & Bieke, Z. (2018). Redefining the Role of Parents in Young Children’s Online Interactions. A Value-Sensitive Design Case Study. International Journal of Child-Computer Interaction, 18, 22–26. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2018.06.001

Miranti, I., Dwiastuty, N., & Nurjanah, N. (2017). Peran Serta Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 119–124.

Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana.

Neni Ana, N. (2013). Hambatan – Hambatan Warga Belajar Dalam Proses Pembelajaran Program Paket C Di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Program Studi Luar Sekolah, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1489

Pebria, A. (2019). How Maximizing Child Potential. PT Elex Media.

Subarto. (2020). Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik. ADALAH: Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1). https://doi.org/10.15408/41i.15838

Syahria Anggita, S. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta. Jurnal Obsesi, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.804

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orang tua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768


Refbacks

  • There are currently no refbacks.