Purwarupa E-Commerce Jeruk Pamelo di Desa Colo Berbasis Website (Studi Kasus Jeruk Pamelo Pak Tresno)
Abstract
Abstract: Indonesia is a country that is rich in plant species. It is also called a tropical country because it is close to the equator, meaning it has 2 seasons, namely the rainy and summer seasons, it is easy to plant various plants, such as pamelo oranges. Pamelo oranges are found in the highlands. One of the producers of pamelo oranges is in Central Java, Colo Village, Dawe District, Kudus Regency. The marketing of pomelo oranges, which is increasingly difficult due to the corona pandemic, requires sellers to change their marketing from conventional or traditional to the internet. People currently still have to comply with health protocols, so they cannot come to the place to buy pamelo oranges and have directly to seller. Therefore, the design of e-commerce sales of pamelo oranges based on this website is carried out in order to facilitate promotion and marketing to the general public. This system was built with PHP and Mysql by collecting data through observation, documentation, interviews and literature studies. This system is designed using the waterfall system development method can be more effective and efficient in managing data in the sale of Colo pamelo oranges.
Abstrak: Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan jenis tumbuhan. Disebut juga dengan negara tropis karena dekat dengan garis khatulistiwa artinya memiliki 2 musim yaitu musim hujan dan panas mudah untuk di tanami berbagai tumbuhan contohnya jeruk pamelo. Jeruk pamelo dijumpai di dataran tinggi. Penghasil jeruk pamelo salah satunya di Jawa Tengah Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Pemasaran jeruk pamelo yang semakin sulit karena pandemic korona mengharuskan penjual mengubah pemasarannya dari konvensional atau tradisional ke internet untuk bisa dijangkau oleh masyarakat luas. Masyarakat saat ini masih harus mematuhi protocol kesehatan sehingga tidak bisa datang ke tempat dalam membeli jeruk pamelo harus datang langsung ke penjual. Oleh karena itu di lakukan perancangan e-commerce penjualan jeruk pamelo berbasis website ini semoga memudahkan promosi dan pemasaran kepada masyarakat umum. System ini dibangun memakai PHP dan Mysql dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan studi pustaka. System ini dirancang menggunakan metode pengembangan sistem waterfall yang diharapkan dapat menghasilkan sebuah sistem yang dapat lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan data-data yang ada di penjualan jeruk pamelo Colo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayu Pangestu, A. P. (2021). Membuat Platform E-commerce Untuk Pembuatan dan Kustomisasi Website Template. INTEGRATED (Information Tecknology and Vocational) Volume 3 No. 2, 15-19.
Fauzi Rahmat, S. W. (2018). Perancangan Aplikasi Marketplace Jasa Percetakan Berbasis Website. Fountain of Informatics Journal Volume 3, No. 1, Mei 2018, 5-11.
Kenneth E. Kendall, J. E. (2011). System Analysis and Design. United States of America: Pearson Education Inc.
Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital Pada Strategi Pemasaran Dan Jalur Distribusi Umkm Di Indonesia (Studi Kasus: UMKM Kuliner Tanpa Restaurant ‘Kepiting Nyinyir’). Vol.6. No. 1 Januari 2018, 69-74.
Listyorini, T., & Meimaharani, R. (2018). Social Commerce Souvenir Ukm Uni-Que Design. Jurnal SIMETRIS, 919-924.
Rahmawati Djuwita, E. P. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Jeruk Pamelo (Citrus grandis) Di Kabupaten Pati. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) Volume 2, Nomor 3 (2018), 179-186.
Sandra Ayu, A. L. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis Vol. 9 , 115-123.
Sulaksono Juli, N. Z. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal /Vol.4 No.1 2020, 41-47.
Tristianto, C. (2018). Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring Dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan. Jurnal Teknologi Informasi ESIT Vol. XII No. 01, 7-21.
Utama Sandy Putra, Y. S. (2019). Analisa Dan Perancangan E-Commerce Berbasis Web Pada Orange Island Store Mengunakan Metode Business Model Canvas. J u r n a l I D E A L I S V o l . 2 N o . 5 , S e p t e m b e r 2 0 1 9, 382-389.
Refbacks
- There are currently no refbacks.