Penerapan E-Commerce Penjualan Kopi Muria Berbasis Web (Studi Kasus Kopi Muria Zayna)

Muhammad Ali Maksum, Endang Supriyati, Tri Listyorini

Abstract


Abstract: Muria coffee is one of the coffee that is growth in the original mountain in area of Muria, there are 2 variants of coffee are famous in the Muria, namely Robusta coffee and Arabica coffee. Every year there is an abundant harvest, therefore, a new idea emerges, namely utilizing raw coffee into processed Muria coffee with the original characteristics of Muria, one of the developers of Muria coffee is zayna coffee which is located in Colo village, Dawe district, Kudus city. However, it is still constrained by the traditional sales system, therefore the researchers created a system that is able to increase sales to all regions by creating a website-based e-commerce. This research method uses literature study, interviews, and observation. The existence of this e-commerce is the best solution to the problems, so that it can increase sales turnover. Therefore, I made a web-based application of Muria coffee beans E-Commerce.

Abstrak: Kopi Muria adalah kopi yang dibudidayakan di daerah pegunungan asli Muria, terdapat 2 varian kopi yang dikenali Muria yaitu kopi robusta dan kopi arabika. Setiap tahunnya terdapat panen yang berlimpah, oleh karena itu, muncul ide baru yaitu memanfaatkan kopi mentah menjadi olahan kopi Muria dengan ciri khas asli Muria, salah satu pengembang kopi Muria adalah Zayna Coffee yang bertempat di desa Colo kecamatan Dawe kabupaten Kudus. Tetapi masih terkendala dengan sistem penjualan yang masih tradisional, oleh karena itu peneliti membuat sebuah sistem yang mampu meningkatkan penjualan ke semua daerah dengan membuat e-commerce yang berbasis website. Metode penelitian ini melalui studi pustaka, wawancara, dan observasi. Adanya e-commerce merupakan solusi paling bagus dari permasalahan, sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan. Maka dari itu saya membuat penerapan E-Commerce biji kopi Muria berbasis web.

 

 


Keywords


E-Commerce, Kopi, Web

Full Text:

PDF

References


Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal Resti , 131-136.

Dwi Imaniawan, F. F., & Nur, H. M. (2019). Perancangan dan Pembuatan Website Penjualan Biji Kopi Pada Society Coffee House Purwokerto. Jurnal Evolusi , 61-67.

Fardiansha, R., Listyorini, T., & Supriyati, E. (2022). E-Marketplace Sentra Kerajinan PANDAI BESI TAHUNAN (Studi Kasus Sentra Kerajinan Pandai Besi Tahunan Desa Putatsari Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah). Prosiding Seminar Nasional Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Galuh , 91-99.

Katemba, P., & Djoh, R. K. (2017). Prediksi Tingkat Produksi Kopi Menggunakan Regresi Linear. Jurnal Ilmiah FLASH , 42-51.

Listyorini, T., & Meimaharani, R. (2018). Social Commerce Souvenir Ukm Uni-Que Design. Jurnal Simetris , 919-924.

Mawardi, I., Hanif, Zaini, & Abidin, Z. (2019). Penerapan Teknologi Tepat Guna Pascapanen Dalam Upaya Peningkatan Produktifitas Petani Kopi di Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 205-213.

Nurdin, A., & Darwati, I. (2017). Perancangan Web E-Commerce Pada Penjualan Jam Tangan. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI , 74-79.

Rahardjo, & Pudji. (2012). kopi. Penebar Swadaya Group.

Rerung, & Rante, R. (2018). E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Deepublish.

Sommerville, & Ivan. (2011). Software Engineering 9th Edition. Addison-Wesley.

Susilo, M., Kurniati, R., & Kasmawi. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) , 98-107.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.