Potensi dan Pemanfaatan Software Lectora Inspire Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Interaktif (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya)

Yuliana FH, Dewi Pratita, Deskoni Deskoni, Wardah Rahmadanti Suprida, Sri Wahyuni

Abstract


Abstract: This research is a qualitative descriptive study that aims to obtain information and an overview of the potential and benefits of using Lectora Inspire software in the development of interactive learning media based on the results of a literature study and analysis of student needs. Data collection techniques are used in the form of literature studies, questionnaires, and in-depth interviews. The results of this study indicate that Lectora inspire which is used to develop learning media has the potential and benefits for improving the quality of learning because it can produce creative learning media that can accommodate various elements of text, animation, audio, and video so that it can encourage student focus and attention in participating in lessons. In addition, several previous studies have shown that the interactivity of learning media with Lectora inspire can increase students' attention, interest, and motivation to learn which indirectly affects student learning outcomes. Based on the results of the analysis of student needs through questionnaires, data was obtained that the types of teaching materials most needed in lectures were in the form of interactive learning media and learning videos of 71.7%. Furthermore, they agree that interactive learning media has an important role in the success of learning. The results of the analysis in this study will then be used as considerations and guidelines in developing interactive learning media with Lectora inspire software in Digital Learning courses.

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh informasi dan gambaran mengenai potensi dan manfaat penggunaan software lectora inspire dalam pengembangan media pembelajaran interaktif berdasarkan hasil kajian studi literatur dan analisis kebutuhan mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa studi literatur, angket, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lectora inspire yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran memiliki potensi dan manfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran, karena dapat menghasilkan media pembelajaran kreatif yang mampu mengakomodasi berbagai unsur teks, animasi, audio dan video sehingga dapat mendorong fokus dan perhatian mahasiswa dalam mengikuti pelajaran. Selain itu, beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa interaktifitas media pembelajaran dengan lectora inspire dapat meningkatkan perhatian, minat, dan motivasi belajar siswa yang secara tidak langsung memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan mahasiswa melalui angket, diperoleh data bahwa jenis bahan ajar yang paling dibutuhkan dalam perkuliahan berupa media pembelajaran interaktif dan video pembelajaran sebesar 71,7%. Lebih lanjut, mereka sepakat bahwa media pembelajaran interaktif memiliki peranan penting dalam keberhasilan pembelajaran. Hasil analisis dalam penelitian ini, selanjutnya akan digunakan sebagai pertimbangan dan pedoman dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan software lectora inspire pada mata kuliah Pembelajaran Digital.


Keywords


Potential, Benefit, Lectora Inspire, Learning Media, Interactive

Full Text:

PDF

References


Akhmad, E. P. A. (2018). Pengembangan Media Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Pengisian Pemberitahuan Ekspor Barang dan Pemberitahuan Impor Barang di Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya ( Development of Computer Base. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhan, 9(1), 1–12.

Athiyah, U. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester Ii Kelas X Sma Berbasis Lectora Inspire The Development Of Biology Learning Media Of Material. 6, 41–46.

Azizi, N. A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Aplikasi Lectora Inspire 17 Materi IPA Alat Indera Manusia SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 12–17.

Hasan, M, et all. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Hasnul, & Madona. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Samudra Biru.

Kristanto, S. A., Harti, Wulandari, S. S., & Patrikha, F. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora. PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(2), 84–94.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.

Lailiyah, N., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Untuk Pembelajaran Keterampilan Menuliskan Kembali Cerita Siswa Kelas IV SD Nur Lailiyah Wahyu Sukartiningsih Abstrak. JPGSD, 06(07), 1150–1159.

Mandasari, D., Rahman, K., & Faishol, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire. 13, 37–55.

Marlina, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Murtini, W., Sawiji, H., Murwaningsih, T., & Akbarini, N. R. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Lectora Inspire Model NBT – Plus pada Guru SMK di Kota Surakarta. Indonesian Journal of Community Engagement, 6(4), 236–240.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press.

Rahmayanti, D., & Rahmayanti, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire. 1(2), 60–67. https://doi.org/10.37251/jee.v1.i2.44

Rahmi, E., & Cerya, E. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Lectora Inspire Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran ( Pengabdian Masyarakat di SLTPN 7 Kota Payakumbuh ) Abstract : A qualify learning process that is fullfill the needs of students is urgent for a teacher , so tha. 3(2), 289–293.

Rai, N., Pitriani, V., Ayu, I. G., Wahyuni, D., & Gunawan, I. K. P. (2021). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu. 4(3), 515–532.

Saleh, A., Siagian, S., Elektro, P. T., Teknik, F., & Negeri, U. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di. 1, 1–9.

Shiddiqy, I. A. (2022). Keberhasilan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 10(2017), 94–106.

Sugiyarto, U. S., Wulandari, Y., Casworo, A., Tengah, J., Larangan, K., & Brebes, K. (2020). Interactive Powerpoint Learning Media In Basic School Of Learning Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif. CERDAS Proklamator, 8(2), 118–123.

Sutarna, N., Iskandar, D., Cahyati, N., & Lutfi, A. F. (2013). Pelatihan Pembuatan dan Pendampingan Penerapan Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Lectora Inspire Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Kuningan.

Syawaluddin, A., Makkasau, A., & Jamal, I. F. (2019). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4 . 0 International License Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe. 3.

Tompo, B. (2017). Membuat Aplikasi dan Media Pembelajaran Interaktif With Lectora Inspire 16. IGI DIY.

Widyaningsih, N., Komalasari, M. D., & Purnomo, H. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Online Pada Guru Sekolah. Indonesian Journal of Community and Service (IJOCS), 1(2), 347–361.

Yuniastuti, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Generasi Milenial. Scopindo Media Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.