Analisis Technology Acceptance Model terhadap Minat Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai melalui Pemanfaatan Google Trends

Pandu Dwi Wakulto, Shinta Permata Sari

Abstract


Abstract: Technology Acceptance Model is a behavioral theory that explains the approach of using information technology. Technology Acceptance Model is a theory that is considered to capability of describing individual acceptance of the information system used. This study uses the Technology Acceptance Model model to determine the interest in using non-cash payment instruments in terms of perceived ease of use , perceived usefulness and perceived credibility. This study method uses descriptive quantitative. The population of this study is all Indonesian citizens and the research sample is Indonesian mobile banking users in 34 provinces in Indonesia based on data obtained from Google Trends on 2019 – 2021. The data analyze using the multiple linear regression analysis methods. The results of data analysis indicate that the perceived ease of use affects the interest in using non-cash payment instruments, meanwhile the perceived usefulness and the perceived credibility does not affect the interest in using non-cash payment instruments.

Abstrak: Technology Acceptance Model adalah salah satu teori perilaku yang menjelaskan tentang pendekatan pemanfaatan teknologi informasi. Technology Acceptance Model merupakan teori yang dianggap mampu menggambarkan penerimaan individu terhadap sistem informasi yang digunakan. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model untuk mengetauhi minat penggunakan alat pembayaran non tunai dalam persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan persepsi kredibilitas. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Indonesia dengan sampel penelitian adalah pengguna alat pembayaran non tunai di 34 provinsi yang ada di Indonesia berdasarkan data yang diperoleh dari Google Trends dari tahun 2019 sampai tahun 2021. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil analisis data menunjukan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh terhadap minat penggunaan alat pembayaran non tunai sedangkan persepsi manfaat dan persepsi kredibilitas tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan penggunaan alat pembayaran non tunai.

 


Keywords


technology acceptance Model, non-cash transactions, google trends.

Full Text:

PDF

References


AlKailani, M. (2016). Factors Affecting the Adoption of Internet Banking in Jordan: An Extended TAM Model. Journal of Marketing Development and Competitiveness, 10(1), 39–52.

Chauhan, S. (2015). Acceptance of Mobile Money by Poor Citizens of India: Integrating Trust Into The Technology Acceptance Model. Info, 17(3), 58–68. https://doi.org/10.1108/info-02-2015-0018

Dizon, G. (2016). Measuring Japanese EFL Student Perceptions of Internet-Based Tests with the Technology Acceptance Model. Tesl-Ej, 20(2), 1–17.

Esthiningrum, A., dan Sari, S.P. (2019). Pendekatan Theory Rasoned Action (TRA) dan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Minat Transaksi Menggunakan E-Money. Prosiding Seminar Nasional STIE Widya Wiwaha, Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0, 6(2), 163–172.

Hidayati. (2006). Operasional E-Money. Jakarta: Bank Indonesia.

Julaihah, U. (2015). Pembayaran Non Tunai: Persepsi Civitas Akademika FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 2(1), 63-72. https://doi.org/10.18860/jpips.v2i1.6840

Jun, S. P., Yoo, H. S., dan Choi, S. (2018). Ten Years Of Research Change Using Google Trends: From The Perspective of Big Data Utilizations and Applications. Technological Forecasting and Social Change, 130, 69–87. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2017.11.009

Lule, I., K., dan Waema, T. (2012). Application of Technology Acceptance Model (TAM) in M-Banking Adoption in Kenya. International Journal of Computing and ICT Research, 6(1), 31–43.

Mahubessy, V. J. (2019). Pengaruh Penerimaan Sistem Pembayaran E-Cash dengan Menggunakan TAM (Technology Acceptance Model) Terhadap Intensitas Transaksi Non Tunai METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 3(2), 160–165. https://doi.org/10.46880/jmika.Vol3No2.pp160-165

Newton, N., Kurnia, A., dan Sumertajaya, I. M. (2020). Analisis Inflasi Menggunakan Data Google Trends Dengan Model Arimax Di Dki Jakarta. Indonesian Journal of Statistics and Its Applications, 4(3), 545–556. https://doi.org/10.29244/ijsa.v4i3.694

Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tentang Uang Elektronik.

Pratidhatama, T. H. (2021). Model Regulasi Uang Elektronik yang Menerapkan Value Protection. Jurist-Diction, 4(6), 2485-2492. https://doi.org/10.20473/jd.v4i6.31855

Setiawan, A. (2017). Penerapan Modifikasi Technology Acceptance Model (TAM) dalam E-Business. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 10(2), 171–186.

Syahril, W. N., dan Rikumahu, B. (2019). Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Analisis Minat Perilaku Penggunaan E-Money Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Jurnal Mitra Manajemen, 3(2), 201–214. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i2.201

Tirtana, I., dan Sari, P. S. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper Program Studi Akuntansi-FEB UMS, 25, 671–688. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/4589

Usman, R. (2017). Karakteristik Uang Elektronik dalam Sistem Pembayaran. Yuridika, 32(1), 134-144. https://doi.org/10.20473/ydk.v32i1.4431

Wigandi, D. P., Rohmah, N. J., dan Putri, S. A. (2019). Implementasi Metode TAM pada Analisis Penerimaan Transaksi Uang Elektronik di MRT. Sistem Informasi, 14(1), 205–210.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.