Peningkatan Branding Produk pada Bisnis Peralatan Upakara Hindu Bali

Ida Ayu Gde Suwiprabayanti Putra, I Putu Widyarsana

Abstract


Abstract: Besides being famous for its natural beauty, Bali is also famous for religious ceremonies carried out by its residents, especially Hinduism. Bali often holds routine ceremonies, both at the family and district levels. To support the ceremony, the community needs various means of ceremonial equipment. This is what triggers the emergence of the ceremonial equipment business. The service partner this time is Mrs. Ni Nyoman Sinardi, who has been managing her ceremonial equipment business for about 10 years. Partners sell their equipment at Pasar Kusuma Jimbaran. Based on the results of interviews, Partners only sell their equipment directly in the market without using technology. Partners also do not have branding for their products because they do not have a name to introduce their products. Based on the partner's situation, the service proposer team has a plan to improve product branding in the business. Improvement of product branding is done by making sales names and banners. The creation of the name and banner is accompanied by training in using the Canva application so that partners can later replace the banner if needed.

Abstrak: Selain terkenal karena keindahan alamnya, Bali juga terkenal dengan upacara keagamaan yang dilaksanakan oleh penduduknya, khusunya Agama Hindu. Bali kerap menggelar upacara rutin, baik di tingkat keluarga maupun tingkat kabupaten. Untuk menunjang upacara, masyarakat membutuhkan berbagai sarana peralatan upakara. Hal inilah yang memicu munculnya bisnis peralatan upakara. Mitra pengabdian kali ini adalah Ibu Ni Nyoman Sinardi yang sudah mengelola bisnis alat upakaranya sekitar 10 tahun lamanya. Mitra menjual peralatannya di Pasar Kusuma Jimbaran. Berdasarkan hasil wawancara, Mitra hanya menjual peralatannya secara langsung di pasar tanpa memanfaatkan teknologi. Mitra juga tidak memiliki branding terhadap produknya karena tidak memiliki nama untuk memperkenalkan produknya. Berdasarkan situasi mitra, tim pengusul pengabdian memiliki rencana untuk melakukan peningkatan branding produk pada bisnis tersebut. Peningkatan branding produk dilakukan dengan pembuatan nama dan spanduk jualan. Pembuatan nama dan spanduk disertai dengan pelatihan penggunaan aplikasi Canva sehingga mitra nantinya dapat mengganti spanduknya kembali jika diperlukan.


Keywords


product branding, design, canva, ceremonial equipment

Full Text:

PDF

References


Aprilia, N. K., Andayani, N. M., Luh, N., Akuntansi, A., & Bisnis, D. (2019). Pengaruh Aktivitas Upacara Keagamaan Umat Hindu Terhadap Perekonomian Pedagang di Pasar Badung. Jurnal Bakti Saraswati, 08(02).

Denny Wirawan, Peni Pratiwi, & Birmanti Setia Utami. (2019). Perancangan Brand Identity Band Cool and the Gang. Jurnal Imajinasi, XIII(1), 57–68.

Dewa, I., Darma, P., Balai, U., Tumbuhan, K., Raya, K., Karya, E., & Bali, ". (n.d.). Upacara Agama Hindu Di Bali Dalam Perspektif Pendidikan Konservasi Tumbuhan. ( Suatu Kajian Pustaka).

Halim, B. C., Dharmayanti, D., Si, M., Ritzky, D., & Brahmana, K. M. R. (2014). Pengaruh Brand Identity terhadap Timbulnya Brand Preference dan Repurchase Intention pada Merek Toyota. In Jurnal Manajemen Pemasaran Petra (Vol. 2, Issue 1).

I Ketut Surya Diarta, Putu Widhianti Lestari, & Ida Ayu Putu Citra Dewi. (2016). Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia. Jurnal Manajemen Agribisnis, 4(2), 170–187.

Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2). https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649

Muhamad Nastain. (2017). Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). CHANNEL, 5(1), 14–26.

Ni Putu Sri Mariyatni, Ni Made Rai Juniariani, & Agus Darma Yoga Pratama. (2021). Pendampingan Pencatatan Keuangan dan Pemasaran Sarathi Banten. International Journal Of Community Servicelearning, 5(2), 162–168. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2

Rahmatullah, Inanna, & Andi Tenri Ampa. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327. www.canva.com.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (n.d.). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. www.canva.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.