Analisis Kesulitan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I

Vina Aryani, Endang Susanti, Ryan Peby Andriyani, Rani Setyawati

Abstract


Abstract: This research aims to conduct a literature review related to the difficulty of beginning reading skills in first grade students. The research method used in this study is SLR (Systematic Literature Review). The articles used in this research were 20 national journal articles and 1 thesis in the range of 2017 to 2022 which were in accordance with the research topic, namely the difficulty of students' initial reading skills and the factors that influence the difficulty of early reading obtained from Google Scholar. Data collection is done by identifying and analyzing all articles that have the same research topic in this study. From this study, it was found that the difficulties faced by students in learning to read were (1) students had difficulty spelling letters (2) Students had difficulty understanding the meaning of reading (3) Students had difficulty pronouncing words/sentences (4) Students had difficulty recognizing letters (a-z) and distinguishing letters (f-v) (p-q) (n-u) (5) Students have not been able to read sentences into paragraphs. Then, there are two factors that influence students' initial reading difficulties. (1) Internal factors, namely: psychological and student interests. (2) External factors, namely: School environment and parents.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur review terkait dengan kesulitan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review). Artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 artikel jurnal nasional dan 1 skripsi pada rentang tahun 2017 sampai tahun 2022 yang sesuai dengan topik peneliti kaji yaitu tentang kesulitan keterampilan membaca permulaan siswa dan faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan diperoleh dari google scholar. Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi dan menganalisis semua artikel yang memiliki topik penelitian yang sama pada penelitian ini. Dari penelitian ini didapat kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar membaca yaitu (1) siswa kesulitan mengeja huruf (2) Siswa kesulitan memahami arti bacaan (3) Siswa kesulitan melafalkan kata/kalimat (4) Siswa kesulitan mengenali huruf (a-z) dan memebedakan huruf (f-v) (p-q) (n-u) 5) Siswa belum mampu membaca kalimat menjadi paragraph. Kemudian didapat dua faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan siswa (1) Faktor internal yaitu: psikologis dan minat siswa (2) Faktor eksternal yaitu: Lingkungan sekolah dan orang tua.

 


Keywords


Indonesian, Reading ability, Beginning reading, Difficulty factor in beginning reading

Full Text:

PDF

References


Bella Oktadiana. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas Ii Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412

Fauzi, F. (2018). Karakteristik Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), 95–105. https://doi.org/10.21009/pip.322.2

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. 3(5), 3296–3307.

Huduni, A., Affandi, L. H., & Nisa, K. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas 1 SD Negeri 3 Darek. 7, 394–398.

Kesulitan, A., Permulaan, M., Anak, P., Sekolah, U., Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Jurnal basicedu. 5(3), 1462–1470.

Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://jbasic.org/index.php/basicedu%0AAnalisis

Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 28–33. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049

Meo, A., Wau, M. P., & Lawe, Y. U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sdi Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 277–287. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/index

Murtafi’ah, M., Fathurohman, I., & Ulya, H. (2021). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan dan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i2.6163

Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12372/8941

Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. 2(3), 283–289.

Pratiwi, C. P. (2020). JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ) Vol . 7 No . 1 Januari 2020 Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa sekolah. 7(1), 1–8.

Pridasari, F., & Anafiah, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Di Sdn Demangan Yogyakarta. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i2.8054

Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 397–410. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.979

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219

Windrawati, W., Gafur, H., Pgsd, P. S., Pendidikan, U., & Sorong, M. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. 2(1), 10–16.

Yani, S. A. M., Nisa, K., & Setiawan, H. (2021). Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sdn 32 Cakranegara Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(2), 136–146. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.394

Pratiwi, A. S. (2020). Berbahasa Indonesia menggunakan Bahasa Indonesia secarabaik dan benar. Tasikmalaya: Edu Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.