Analisis Masalah Pembelajaran Daring Materi Calistung pada Kelas Tinggi SD Negeri 2 Sikapat Banyumas

Yudha Adzana, Muhammad Sirojudin Kamal, Dany Muhammad Nuroyyan, Rani Setiawaty

Abstract


Abstract: The Covid-19 pandemic has changed the learning system in Indonesia, initially learning was carried out face-to-face, but after the emergence of the pandemic caused activities to change to face-to-face or online. Many impacts and problems arise from this changing learning system. One of them at SD Negeri 2 Angkaat Banyumas has run a virtual face-to-face or online learning system. There are problems that arise from the learning system, which is not going well and has an impact on students. The purpose of this study was to analyze the problem of online learning for high grade calistung material at SD Negeri 2 Angkaat Banyumas. The method used in this research is qualitative. Data collection techniques were carried out by observation and interviews. The subjects of this study were students of SD Negeri 2 Attitude. Based on the results of the study, it was concluded that there were several problems experienced by students, such as limited mobile devices, unstable networks, and monotonous delivery. Internet devices and networks are vital in the implementation of online learning, so if these two things are problematic, of course, learning will be less than optimal. In addition, the delivery of monotonous material also affects student learning outcomes. Students will quickly get bored and less interested in what they are learning.
Abstrak: Pandemi Covid-19 telah mengubah sistem pembelajaran di Indonesia, pada awalnya pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka, namun setelah munculnya pandemi menyebabkan kegiatan berubah menjadi tatap maya atau daring. Banyak dampak dan permasalahan yang muncul dari berubahnya sistem pembelajaran ini. Salah satunya di SD Negeri 2 Sikapat Banyumas telah menjalankan sistem pembelajaran tatap maya atau daring. Terdapat permasalahan yang muncul dari sistem pembelajaran tersebut, yakni tidak berjalan dengan baik dan menimbulkan dampak kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis permasalahan pembelajaran daring materi calistung kelas tinggi di SD Negeri 2 Sikapat Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SD Negeri 2 Sikapat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat beberapa masalah yang dialami oleh siswa, seperti terbatasnya perangkat handphone, jaringan yang kurang stabil, dan penyampaian yang monoton. Perangkat dan jaringan internet merupakan hal vital dalam pelaksanaan pembelajaran daring, maka apabila kedua hal tersebut bermasalah tentunya pembelajaran akan kurang maksimal. Selain itu, penyampaian materi yang monoton juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Siswa akan cepat bosan dan kurang tertarik dengan apa yang mereka pelajari.


Keywords


Online Learning, Online Learning, Pandemic, reading and counting, Students

Full Text:

PDF

References


Al Ghozali, M. I., & Fatmawati, S. (2021). Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid 19. EduBase : Journal of Basic Education, 2(2), 60. https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.427

Alfiyah1, Z. N., & , Sri Hartatik2, Nafiah3, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Zuraida. Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Arifin, H. N. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Masa Pandemi Covid-19 Ma Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2021/2022. Widya Balina, 6(12), 74–83. https://doi.org/10.53958/wb.v6i12.104

Bella, R. M., Matondang, K., & Wati, N. (2021). Respon Siswa MTs Swasta Al-UMM terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Corona. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1729–1738. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.375

Emmy Natsir, & Jamila. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. L Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110.

Medan, U. I. N. S. U. (2017). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Mu’arif, A. N., Andriyansah, R., Nataliasari, D., Rahmin, S., Kurniawati, S., & Darmadi, D. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Saat Pandemi COVID-19 Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 67–71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1787

Nik Haryanti, Muhibbudin, & Junaris, I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa (Disleksia dan Disgrafia) di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Instructional and Development Researches, 2(1), 7–16. https://doi.org/10.53621/jider.v2i1.60

Riayah, S., & Fakhriyana, D. (2021). Optimalisasi Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 19. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10147

Suprapmanto, J., & Utomo. (2021). Analisis Permasalahan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 dan Solusinya. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 3(2), 15–19. https://doi.org/10.52005/belaindika.v3i2.70


Refbacks

  • There are currently no refbacks.