Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III SD N Karangsembung 02 Nusawungu, Kabupaten Cilacap
Abstract
Abstract: Parental asttention certainly affects students’ learning motivastion. This research started from the reality that i found in the field,where students’ learning motivation was lacking.They often did not pay attention when teacher explained.The assignments anda homework given were also sometimes not done. It turns out that most students do not live with their parents,but are entrusted to their grandparents or siblings.This is because the majority of the people’s work here is migrating out of town or abroad.Grade III Elementary Schol. This type of research is descriptive quantitative research. The population in this study were all grade III students ast SD N Karangsembung 02 Nusawungu,Cilacap Regency,which amounted to 10 students.Less than 100,so this research can be called a population study. The instrument used in this study was a closed questionnaier.The questionnaire method was used because the research sample was the person who understood him the most,so that what was stated by the respondent was true and trustworthy.Because it is filled in according t o the beliefs and experiences of students.The data analysis technique used in this study was a simple linear regression test which was preceded by a prerequisite analysis test dan reliability test.Hypohesin testing is done bay simple linear regression test. From the resluts of calculations using the SPSS application,it was found that the calculatrd F value=0,049 with a significance level of 0.826 > 0,05.so that the regression model cannot be used to predict the participation variable or in other words there is no effectof the variable (X) on the variable (Y). So the results of this study conclude that the length of parental attention does not affect the learning motivation of third grade students at SD N Karangsembung 02 Nusawungu,Cilacap Regency.
Abstrak: Perhatian orang tua tentunya berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.Penelitian ini berawal dari kenyataan yang saya temukan di lapangan,dimana motivasi belajar siswa kurang.Mereka sering kali tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan.Tugas dan pekerjaan rumah yang diberikan juga terkadang tidak dikerjakan.Setelah saya telusuri ternyata kebanyakan siswa tidak tinggal bersama orang tuanya,melainkan dititipkan kepada kakek nenek ataupun saudaranya.Hal ini karena mayoritas pekerjaan masyarakat di sini yaitu merantau ke luar kota atau pun luar negri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas III Sekolah Dasar.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SDN Karangsembung 02 Nusawungu,Kabupaten Cilacap yang berjumlah 10 siswa.Sampel dari penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yang jumlah subyeknya kurang dari 100,sehingga penelitian ini dapat disebut dengan penelitian populasi.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kuisioner yang bersifat tertutup.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji regresi linear sederhana yang didahului uji prasyarat analisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi linear sederhana.Dari hasil perhitungan menggunakan aplikasi SPSS diperoleh hasil nilai F hitung = 0.049 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.826 > 0.05.Maka model regresi tidak dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi atau dengan kata lain tidak ada pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y).Sehingga hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perhatian orang tua tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN Karangsembung 02 Nusawungu,Kabupaten Cilacap.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L., & Damayant, L. (2021). Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Bitahan 2 Rantau Kecamatan Lokpaikat. JAMBURA ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL, 2, 79–89.
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. Thufula, 5(1), 103–122.
Erlendsdottir Gudlaug. (2010). Effects of Parental Involvement in Education. In Effects of Parental Involvement in Education. University of Iceland.
Fatmawati, F. (2016). Peran Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Islam Bagi Remaja. Jurnal Risalah, 27(1), 17–31.
Isnawati, N., & Setyorini, D. (2012). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi Smk Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 27–47. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.920
Pangestu, D., Surahman, M., & Lestari, Y. D. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Tinggi Pada Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah Gisting. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 25–33. https://doi.org/10.23960/pdg.v9i2.23376
Rofiqul, P. A., & Rifa, M. (2016). Rofiqul A’la & Muhamad Rifa’i Subhi, Perhatian Orang Tua. Jurnal Madaniyah, 2, 242–259.
Setiani, F., Setyaningsih, S., & Jayadi. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada SMA Negeri 2 Sampit. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan Dan Keagamaan, 7(1), 47–54.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Wahidin. (2019). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245.
Refbacks
- There are currently no refbacks.