Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa Systematic Literature Review
Abstract
Abstract: The use of inappropriate learning models in the learning process in Indonesia is one of the problems that must be solved in the learning system in Indonesia, one of which is in developing cooperative attitudes and student learning outcomes. Think Pair Share is an example of a cooperative learning model that allows students to solve problems by developing thinking skills in groups. This study aims to describe the application of the Think Pair Share type of cooperative learning model in improving cooperation and learning outcomes so that teachers in elementary schools can be interested in developing and implementing Think Pair Share learning models in their schools. The method used is a systematic literature review. The results of the collection of 21 articles on Think Pair Share at various levels of education, the researchers reduced the articles so that the literature review was in accordance with the topics contained in this article. The reduction carried out by the researcher is to collect articles that are in accordance with the topic and review articles according to predetermined criteria. Based on the results of the study, it was found that learning by applying the Think Pair Share type of cooperative learning model can be applied in elementary schools to improve cooperation and learning outcomes.
Abstrak: Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dalam proses pembelajaran di Indonesia menjadi salah satu masalah yang harus dipecahkan dalam sistem pembelajaran di Indonesia ini, salah satunya dalam mengembangkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa. Think Pair Share merupakan salah satu contoh dari model pembelajaran kooperatif yang memungkinkan siswanya memecahkan masalah dengan mengembangkan kemampuan berfikir dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam meningkatkan kerjasama dan hasil belajar sehingga guru di sekolah dasar dapat tertarik untuk mengembangkan serta menerapkan model pembelajaran Think Pair Share di sekolahnya. Metode yang digunakan adalah Tinjauan Pustaka sistematis. Hasil pengumpulan 21 artikel tentang Think Pair Share di berbagai jenjang pendidikan, peneliti melakukan reduksi artikel agar literature review sesuai dengan topik yang dimuat dalam artikel ini. Reduksi yang dilakukan peneliti adalah dengan mengumpulkan artikel yang sesuai dengan topik dan mereview artikel sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat diterapkan di sekolah dasar untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiif, A., Riska, & Safei. (2015). Perbandingan Kemampuan Kerja Sama dan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Jurnal Pendidikan UIN, 3(1), 68–71.
Alfahmi, A. M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal PGSD, 2(2), 1–11.
Amalla Rizki Putri, Maison, dan D. (2018). Kerjasama Dan Kekompakan Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di Kelas XII MIPA SMAN 3 Kota Jambi. Jurnal Edufisika, 3, 33–40. kerjasama, kekompakan siswa
Cahyani, N. putu M., Dantes, N., & Rati, N. W. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 362. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27410
Daniel Winantara, I. W., & Laba Jayanta, I. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran TPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No 1 Mengwitani. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 9. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10127
Darmawati. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Bekerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD INPRES LAIKANG Kota Makassar. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–13. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article
Isthifa Kemal. (2013). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Teks Drama Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. 1, 45–55.
Jannah, R., Saputro, A., & Yamtinah, S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Disertai Buku Saku Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Minyak Bumi Kelas X Sma Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 2(4), 19–23.
Kurniasari, E. F., & Setyaningtyas, E. W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) dengan Teknik Gallery Walk. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 120. https://doi.org/10.23887/jere.v1i2.10074
Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.24
Meiharty, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Memperbaiki Proses Pembelajaran Dan Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 21 Balai Makam Kecamatan Mandau. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 312. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6276
Mutia, T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(2), 210–219. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2869
Nataliasari, I. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 1–12.
Ni’mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs. NAHDLATUL Muslimin Kudus. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 18–25.
Nurnawati, E., Yulianto, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 1–7.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Purba, D. L., & Andhany, E. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Dan Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pembelajaran Matematika Di MTs Swasta Umar Bin Khattab. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 31–45. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1768
Puspitasari, E., Setyosari, P., & Amirudin, A. (2016). Tersedia secara online EISSN: 2502-471X Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Think Pair Share (TPS) Di Sekolah Dasar. 2012, 1432–1436.
Rivai, S., & Mohamad, F. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyajian Data Kelas IV Sekolah Dasar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 685. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.685-712.2021
Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.108
Sanjaya, B., Wati, M., & An’nur, S. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair-Share(TPS). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 278. https://doi.org/10.20527/bipf.v1i3.887
Sulardi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Dan Hasil Belajar Siswa. 3, 9–25.
Susanti, A., & Wijayanti, A. (2017). Think Pair Share: Hasil Belajar Ipa Dan Kerjasama Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 51–59. https://doi.org/10.29303/jpm.v12i2.341
Refbacks
- There are currently no refbacks.