Validitas Pengembangan Multimedia Interaktif Kegiatan Ekonomi Pada Kelas V SD
Abstract
Abstract: This research is motivated by the problems (1) students are less focused in learning due to prolonged online learning, (2) the use of media for class V SD NU Nurul Ishlah Gresik who uses visual media, (3) teachers who have difficulty in explaining material about economic activities in class V. The purpose of this study was to develop a valid economic activity interactive multimedia product (MIAMI). This development research uses the Borg and Gall development model adapted by Sugiyono. This research was conducted in the odd semester and even semester of the 2021/2022 academic year. The research instrument includes a validation sheet. Validation was carried out by four experts, namely learning media experts, learning design experts, learning materials experts, and language experts. Based on the results of data analysis, it was found that the validity of interactive multimedia economic activity (MIAMI) was 86.93%. With these percentages classified as very valid criteria.
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan (1) siswa yang kurang fokus dalam pembelajaran diakibatkan pembelajaran daring berkepanjangan, (2) pemanfaaatan media untuk kelas V SD NU Nurul Ishlah Gresik yang menggunakan media visual, (3) guru yang kesulitan dalam menjelaskan materi seputar kegiatan ekonomi dalam kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk multimedia interaktif kegiatan ekonomi (MIAMI) yang valid. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall adaptasi Sugiyono. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil dan semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi. Validasi dilakukan oleh empat ahli yakni ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli materi pembelajaran, dan ahli bahasa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa validitas multimedia interaktif kegiatan ekonomi (MIAMI) yakni 86,93%. Dengan persentase tersebut tergolong pada kriteria sangat valid.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Fathurrohman, Muhammad. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.
Hasan, et al. (2021). Media Pembelajaran. Sukoharjo: Tahta Media Group.
Lestari, Novia. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Klaten: Lakeisha.
Mardiyana, Isna Ida., dan Diyah Setyowati. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Madura Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA Siswa Kelas V. Jurnal Widyagogik, 5(1), 65–78.
Neolaka, Amos, dan Grace Amialia A. N (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.
Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Suardi. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutiah. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Refbacks
- There are currently no refbacks.