Pengaruh Media Audio-visual Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD

Ahlul Jinan, Abdillah Abdillah, Yuni Mariyati, Haifaturrahmah Haifaturrahmah, Arpan Islami Bilal, Baiq Desi Milandari

Abstract


Abstract: This study aims to determine the influence of Contextual Teaching and Learning (CTL)-based audio-visual media to increase the learning motivation of grade V students at SDN 1 Sigar Penjalin. This type of research is experimental research. The design of this study used one sample class as a test class (One Group Pre-Test and Post-test design). The sample from this study was 25 students. Based on the results of the study, it shows that CTL-based audio-visual media can increase student learning motivation with an N-gain score of 0.78 which is a high category then multiplied by 100% so as to produce 79.02% which if entered into qualitative data is included in the "effective" criteria.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media audio-visual berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di SDN 1 Sigar Penjalin. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan satu kelas sampel sebagai kelas uji coba (One Group Pre-Test and Post-test design). Sample dari penelitian ini sejumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio-visual berbasis CTL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan skor N-gain 0,78 yang berkategori tinggi kemudian dikalikan 100% sehingga menghasilkan 79,02% yang dimana apabila dimasukkan kedalam data kualitatif termasuk kedalam kriteria “efektif”.


Keywords


Audio-visual Media, Contextual Teaching and Learning (CTL), Motivation,

Full Text:

PDF

References


Affiati, A., Haifaturrahmah, H., Mariyati, Y., & Saddam, S. (2021). Tingkat Keaktifan Dan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Penggunaan Video Pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 27–31.

Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Indonesia, U.-U. R. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Indra, N. K., Hamdani, A., & Julianto, C. D. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 8(2), 107–116.

Julaifah, N., & Haifaturrahmah, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Carousel Feedback Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 44–48.

Mandailina, V., Syaharuddin, S., Pramita, D., Ibrahim, I., & Haifaturrahmah, H. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 120–129.

Mariyati, Y., Muhardini, S., Haifaturrahmah, H., Fujiaturrahman, S., Sari, N., Hastuti, I. D., & Darmayanti, N. W. S. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Audiovisual Untuk Peningkatan Kompetensi Guru SDN 1 Dopang Dalam Mengoptimalkan Kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR). Jurnal Warta Desa (JWD), 3(3), 142–147.

Nizaar, M., & Haifaturrahmah, H. (2017). Identifikasi Tanaman Sayuran Lokal Di Desa Senaru Sebagai Sumber Belajar Biologi. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 8(1), 26–30.

Nizaar, M., Haifaturrahmah, H., & Maryati, Y. (2020). Science Learning through YouTube Channell. PROCEEDING UMSURABAYA.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917.

Sari, N., Haifaturrahmah, H., Maryati, Y., Muhardini, S., Hastuti, I. D., & Rahman, N. (2021). Workshop Dan Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Android Bagi Guru Sebagai Upaya Optimalisasi Sistem Belajar Dari Rumah (BDR) di SDN GUGUS II Batu Kumbung. Jurnal Warta Desa (JWD), 3(2), 85–90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.