Kebijakan Promosi Destinasi di Era New Normal Pada Dinas Pariwisata Lombok Utara

Siti Atika Rahmi, Dedy Iswanto, Selva Selva, Tri Handika Prasetyo

Abstract


Abstract:The development of the tourism sector has been stated in various policies of the North Lombok government. Tourism development policies are carried out in a systematic, integrated and sustainable manner. The COVID-19 pandemic had a huge impact on the development of North Lombok tourism. Destination promotion policies are very important in tourism development to overcome the impacts that have been caused by the covid 19 pandemic. This research method is a qualitative research using primary and secondary data. The result of the research is the promotion policy that has been carried out by the tourism office is by participating in exhibitions, implementing tourist attraction events.

Abstrak:Pembangunan sektor pariwisata telah dituangkan dalam berbagai kebijakan pemerintah Lombok Utara. Kebijakan pembangunan pariwisata dilakukan secara sistematis, terpadu dan berkelanjutan. Masa pandemic covid 19 berdampak sangat besar terhadap perkembangan pariwisata Lombok Utara. Kebijakan promosi destinasi menjadi sangat penting didalam pembangunan pariwisata untuk mengatasi dampak yang telah ditimbulkan oleh pandemic covid 19. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian adalah kebijakan promosi yang telah di lakukan oleh dinas pariwisata adalah dengan mengikuti pameran, pelaksanaan kegiatan eventatraksi wisata.


Keywords


Policy, promotion, Tourist,

Full Text:

PDF

References


A.A.A Ribeka Martha Purwahita, Putu Bagus Wisnu Wardhana, I Ketut Ardiasa, & I Made Winia. (2021). Dampak Covid-19 terhadap Pariwisata Bali Ditinjau dari Sektor Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 1(2), 68–80. https://doi.org/10.53356/diparojs.v1i2.29

Ansori, M. H. (2020). Assessing and Mitigating Conflicts amidst the COVID-19 Pandemic in Indonesia. Jurnal Prodi Ekonomi Syari’ah, 2020(16).

Argenti, G., & Purnamasari, H. (2021). Strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang Dalam Mengelola Pariwisata Di Era New Normal. The Indonesian Journal of Politics and Policy (Ijpp), 3(1), 36–44. https://doi.org/10.35706/ijpp.v3i1.5256

Arifianto, E. Y., Susenohaji, S., Dinanti, D., & Damaris, D. (2021). Strategi Pengembangan Industri Wisata Era New Normal. 152–164. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5164

Awalliyah, F. N., Sihabudin, A. A., Yuliani, D., & Galuh, U. (2009). Implementasi Program Pengembangan Destinasi. 1799–1807.

Christian, M., & Hidayat, F. (2020). Dampak Coronavirus terhadap Ekonomi Global. Bank Indonesia, 87–92. https://www.suarasurabaya.net/ekonomibisnis/2020/dampak-covid-19-terhadap-ekonomi-global-2020/?amp

Hasan, A. (2015). Tourism Marketing. PT.Buku Seru.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2020). Tren Industri Pariwisata 2021.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2021). Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021. Outlook Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif 2021, 90. https://s3-kemenparekraf.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/Buku_Outlook_Pariwisata_dan_Ekonomi_Kreatif_2021_6768c3fcf0.pdf

Lukman,Hakim Mubaidi, S. (2021). Harmoni Agama dan Sains Analogi Esai Spirit Bangkit Pasca Pandemi (pp. 1–166).

Mill., R. . (2000). Tourism The International Businnes. PT. RajaGrafindo Persada.

Mutiarin, D., Utami, S., & Damanik, J. (2021). New Normal Policy: Promosi Kebijakan Pariwisata Dalam Rangka Percepatan Penanganan Dampak Covid-19. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 5(1), 20–33. https://doi.org/10.34013/jk.v5i1.277

Rachmawati, A., & Alhazami, L. (2022). Strategi Pemulihan Ekonomi Pada Bidang Pariwisata di Era New Normal DKI Jakarta. Jurnal Bisnisman:Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 1–19.

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Penerbit Gava MEdia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.