Pengembangan Multimedia Interaktif Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kelas IV di SDN Unggulan Karanggeneng – Lamongan
Abstract
Abstract: This study aims to develop interactive multimedia theme 9 Kayanya Negeriku sub-theme 1 class IV at SDN Unggulan Karanggeneng that is valid, effective, and practical. This development research uses the ADDIE development model, namely: 1. Analysis, 2. Design, 3. Development, 4. Implementation, 5. Evaluation. The results of the validity of interactive multimedia theme 9 Kayanya Negeriku sub-theme 1 class IV at SDN Unggulan Karanggeneng obtained from the average result of 4 validators of 89.9% (very valid). The results of the effectiveness of interactive multimedia theme 9 Kayanya Negeriku sub-theme 1 class IV at SDN Unggulan Karanggeneng obtained from teacher and student questionnaire responses of 96.2%, and student learning outcomes tests of 100%. The results of the practicality of interactive multimedia theme 9 Kayanya Negeriku sub-theme 1 class IV at SDN Unggulan Karanggeneng obtained from observation sheets of teacher and student activities of 95.7%. The results of the research and development of interactive multimedia theme 9 Kayanya Negeriku sub-theme 1 class IV at SDN Unggulan Karanggeneng showed the results were very valid, very effective, and very practical so that they could be used as learning media at SDN Unggulan Karanggeneng.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif tema 9 Kayanya Negeriku subtema 1 kelas IV di SDN Unggulan Karanggeneng yang valid, efektif, dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yakni: 1. Analysis, 2. Design, 3. Development, 4. Implementation, 5. Evaliation. Hasil dari kevalidan multimedia interaktif tema 9 Kayanya Negeriku subtema 1 kelas IV di SDN Unggulan Karanggeneng diperoleh dari hasil rata-rata 4 validator sebesar 89,9% (sangat valid). Hasil dari keefektifan multimedia interaktif tema 9 Kayanya Negeriku subtema 1 kelas IV di SDN Unggulan Karanggeneng diperoleh dari angket respon guru dan siswa sebesar 96,2%, serta tes hasil belajar siswa sebesar 100%. Hasil dari kepraktisan multimedia interaktif tema 9 Kayanya Negeriku subtema 1 kelas IV di SDN Unggulan Karanggeneng diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa sebesar 95,7%. Hasil penelitian dan pengembangan multimedia interaktif tema 9 Kayanya Negeriku subtema 1 kelas IV di SDN Unggulan Karanggeneng menunjukkan hasil sangat valid, sangat efektif, dan sangat praktis sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran di SDN Unggulan Karanggeneng.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hosna, K. (2021). Pengembangan multimedia interaktif kayanya negeriku tema 9 kelas iv di upt sd negeri 43 gresik skripsi.
Kristiawan. (2014). A Model for Upgrading Teachers Competence on Operating Computer as Assistant of Instruction. A Model for Upgrading Teachers Competence on Operating Computer as Assistant of Instruction.
Musfiqon. (2012). Media dan Sumber Pembelajaran. Prestasi Pustaka.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research.
Rudy Sumiharsosno, H. H. (2017). Media Pembelajaran. CV Pustaka Abadi.
Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. KAUKABA DIPANTARA.
Sigit Purnama. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuanttatif, dan R & D. Alfabeta.
Suparman. (2012). Desain Intruksional Modern. Erlangga.
Surjono, D. H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. UNY Press.
Suryani. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.