Pemetaan Kegiatan Kewirausahaan pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Abstract: The purpose of this service is to find out how many students of the Department of Japanese Language Education (DPBJ) are entrepreneurs, as well as what business fields they are in. The research method used is qualitative research with data collection techniques using a questionnaire with the Google Form platform. Partners in this study were 16 students of DPBJ from Level I~IV. The results of the questionnaire data collection showed that of the 16 students who became respondents, the fields of business they did were 31.5% creative industry, 12.53% culinary, 6.3% education, 6.3% mushroom cultivation, 6.3% game top up services, 6.3% translation services and 6.3% publishing services. After knowing the business fields run by students, the data from the mapping will later become a reference for designing training programs and entrepreneurship assistance for students of the Department of Japanese Language Education (DPBJ).
Abstrak: Tujuan dilakukannya pengabdian ini untuk mengetahui berapa banyak mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa Jepang (DPBJ) yang sedang berwirausaha, serta bidang usaha apa yang sedang mereka geluti. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan platform Google Form. Mitra pada penelitian ini adalah mahasiswa DPBJ dari Tingkat I~IV sebanyak 16 orang. Hasil pengumpulan data angket menunjukkan bahwa dari 16 orang mahasiswa yang menjadi responden, bidang usahanya adalah 31.5% industri kreatif, 12.5% kuliner, 6.3% pendidikan, 6.3% budidaya jamur, 6.3% jasa top up game, 6.3% jasa penerjemahan dan 6.3% jasa penerbitan. Setelah diketahui bidang-bidang usaha yang sedang dijalankan oleh mahasiswa, data hasil pemetaan ini nantinya akan menjadi acuan untuk merancang program kegiatan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan bagi mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa Jepang (DPBJ).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfiyan Rifqy, A. (2019). Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Dukungan Akademik Terhadap Niat Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(2), 175–181.
Alimudin, A. (2017). e-Jurnal Manajemen Kinerja Strategi Pengembangan Minat Wirausaha Melalui Proses Pembelajaran. Manajemen Kinerja, 1–13.
Amrullah, Y. A., & Anggrismono, A. (2018). Pemetaan Minat Bisnis Mahasiswa Di Universitas Amikom Berdasarkan Kompetensi. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 137. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n2.p137-144
Atmaja, A. T., & Margunani. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Aktivitas Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 774–787. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13578/7442
Azwar, B. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention) (Studi Terhadap Mahasiswa Universitas Islam Negeri SUSKA Riau). Menara: Jurnal Kewirausahaan, 12(1), 12-22.
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Hernawati, E., & Yuliniar, Y. (2019). Pemetaan Potensi dan Minat Mahasiswa UPN “Veteranˮ Jakarta untuk Berwirausaha. Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 145–159. https://doi.org/10.35590/jeb.v5i2.748
Lestari, R. & Wijaya, T. (2012). Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI. Jurnal Ilmiah STIE MDP, 1(2), 112-119.
Pujiastuti, Y. & Filantrovi, E. W. (2018). Gambaran minat kewirausahaan mahasiswa: Studi terhadap mahasiswa STIE Bank BPD Jateng. Jurnal Manajemen, 15(2), 169-180.
Sari, N. E., & Habsari, N. T. (2016). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Ber-Entrepreneur. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 4(2), 135. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v4i2.654
Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.
Siri, M., Buhaerah, B., & Aeafah, A. (2014). IbKPengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa dan alumni di Universitas Muhammadiyah Parepare. 02, 611–620. Retrieved from file:///C:/Users/acer/Downloads/484-869-1-SM.pdf
Sucipto, L., & Syaharuddin, S. (2018). Konstruksi Forecasting System Multi-Model untuk pemodelan matematika pada peramalan Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Nusa Tenggara Barat. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 4(2), 114. https://doi.org/10.26594/register.v4i2.1263
Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.14
Wibowo, A. (2017). Dampak pendidikan kewirausahaan bagi mahasiswa. Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 1, 1-14. 10.21632/ajefb.1.1.1-14.
Refbacks
- There are currently no refbacks.