ANALISIS AERODROME REFERENCE CODE (ARC) PADA LANDASAN PACU BANDARA TJILIK RIWUT BERDASARKAN REGULASI INTERNATIONAL CIVIL AVIATION ORGANIZATION (ICAO)

Putri Mutmainah, Murniati Murniati, Robby Robby

Abstract


Bandara Tjilik Riwut adalah sarana transportasi yang berperan penting dalam menghubungkan lalu lintas udara di Kota Palangka Raya dengan daerah lainnya di Indonesia. Dalam upaya mempermudah mendapatkan sejumlah fasilitas bandara yang cocok bagi pesawat terbang yang beroperasi, ICAO menggunakan suatu kode acuan yang disebut Aerodrome Reference Code (ARC). Kode acuan ini membantu mempermudah membaca beberapa spesifikasi pesawat yang dapat dilayani sesuai karakteristik bandara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kode ARC pada Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya sesuai regulasi ICAO. Metode perhitungan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu pada prosedur dari ICAO Annex 14 Aerodrome Design and Operations. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data-data seperti panjang dan lebar runway, elevasi bandara, temperatur, kemiringan runway hingga ARFL pesawat.
Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa ARC fasilitas sisi udara Bandara Tjilik Riwut adalah 4C, kode angka 4 dengan nilai ARFL > 1.800 m dan termasuk kode huruf C dengan panjang bentangan sayap (wingspan) 24-36 m. Selain itu diketahui ARFL pesawat untuk runway eksisting dengan mempertimbangkan faktor lingkungan bandara yaitu hingga 1.932 m. Sedangkan untuk lebar runway sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan yakni 45 m.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________

SIGMA: Jurnal Teknik Sipil
Website: http://journal.ummat.ac.id/index.php/sigma
Email: [email protected]
Contact: (WA): +62817-579-6564