EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IV SDN 2 PRINGGAJURANG LOMBOK TIMUR

Arpan Islami Bilal, Ayu Sulistiyana, Inang Irma Rezkillah, Khaerudin Khaerudin, Yuliana Sudarto, Baiq Desi Milandari

Abstract


Abstrak: Pendidikan bahasa Indonesia merupakan salah satu pendidikan yang diselenggarakan di tingkat sekolah pada semua jenjang,mulai dari pendidikan tingkat dasar hingga pendidikan tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi belajar siswa dalam keterampilan berbahasa khusunya kemampuan menulis cerpen,dan untuk mendeskripsikan tingkat keefektifitasan penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IV SD (Sekolah Dasar). Manfaat penelitian ini untuk meningkatkan gairah belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa dalam bahasa Indonesia yang harus dikuasai oleh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat pelajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi penelitian ini adalah semua kelas IV, sedangkan sampel penelitian ini di ambil 1 kelas yang terdiri dari siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Kemampuan menulis cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) nilia rata-rata siswa pada tahap prasiklus yaitu 48,83, setelah di berikan pembelajaran menulis cerpen dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada tahap  siklus 1 nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yaitu 57,68 termasuk kategori sedang dengan skor maksimal yang dapat diperoleh siswa 81, sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa menjadi 78,4 termasuk kategori cukup bagus. Setelah dilakukan analisis hasil pembelajaran pada siklus I dan II ternyata model pembelajaran PBL (Problem Based Learning)  sangat efektif dalam pembelajaran menulis cerpen. hal ini dapat di lihat dari kriteria ketuntasan siklus 1 ke siklus II meningkat 20%. Bentuk penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning)  terhadap peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IV SDN 2 Pringgajurang Lombok Timur dinyatakan berhasil.

Abstrak: Pendidikan bahasa Indonesia merupakan salah satu pendidikan yang diselenggarakan di tingkat sekolah pada semua jenjang,mulai dari pendidikan tingkat dasar hingga pendidikan tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi belajar siswa dalam keterampilan berbahasa khusunya kemampuan menulis cerpen,dan untuk mendeskripsikan tingkat keefektifitasan penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IV SD (Sekolah Dasar). Manfaat penelitian ini untuk meningkatkan gairah belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa dalam bahasa Indonesia yang harus dikuasai oleh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat pelajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi penelitian ini adalah semua kelas IV, sedangkan sampel penelitian ini di ambil 1 kelas yang terdiri dari siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Kemampuan menulis cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) nilia rata-rata siswa pada tahap prasiklus yaitu 48,83, setelah di berikan pembelajaran menulis cerpen dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada tahap  siklus 1 nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yaitu 57,68 termasuk kategori sedang dengan skor maksimal yang dapat diperoleh siswa 81, sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa menjadi 78,4 termasuk kategori cukup bagus. Setelah dilakukan analisis hasil pembelajaran pada siklus I dan II ternyata model pembelajaran PBL (Problem Based Learning)  sangat efektif dalam pembelajaran menulis cerpen. hal ini dapat di lihat dari kriteria ketuntasan siklus 1 ke siklus II meningkat 20%. Bentuk penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning)  terhadap peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IV SDN 2 Pringgajurang Lombok Timur dinyatakan berhasil.

Abstract:  Indonesian language education is a type of education that is provided at the school level at all levels, from elementary level education to higher level education. This research aims to improve students' learning abilities and achievements in language skills, especially the ability to write short stories, and to describe the level of effectiveness of using the PBL (Problem Based Learning) learning model in improving the short story writing abilities of fourth grade elementary school (Primary School) students. The benefit of this research is to increase students' passion for learning in learning Indonesian. Writing is one of the language skills in Indonesian that must be mastered by Indonesian people, especially students. The method used in this research is classroom action research (PTK). The population of this study was all class IV, while the sample for this study was taken from 1 class consisting of students. The data collection techniques used are tests, observation and documentation. The ability to write short stories before using the PBL (Problem Based Learning) learning model, the average value of students at the pre-cycle stage was 48.83, after being taught to write short stories using the PBL (Problem Based Learning) learning model at cycle 1 stage, the average value of the students experienced an increase, namely 57.68, including the medium category with the maximum score that students could obtain 81, while in cycle 2 the average student score was 78.4, including the quite good category. After analyzing the learning outcomes in cycles I and II, it turned out that the PBL (Problem Based Learning) learning model was very effective in learning to write short stories. This can be seen from the criteria for completing cycle 1 to cycle II increasing by 20%. The form of implementing the PBL (Problem Based Learning) learning model to improve the short story writing ability of class IV students at SDN 2 Pringgajurang, East Lombok was declared successful.

Keywords


Efektifitas PBL Kemampuan Menulis

Full Text:

PDF

References


Hasan, H., & Kasman, K. (2023). Efektivitas Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP 4 Negeri Woja. Media Informasi Penelitian Kabupaten …, 5(1). http://journal.sinov.id/index.php/sinov/article/view/550%0Ahttp://journal.sinov.id/index.php/sinov/article/download/550/479

Jumriati. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Metode Problem Based Learning. Journal of Education and Counseling, 1, 40–54.

Layal, N., Effendi, D., & Puspita, Y. (2022). ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS X SMA ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG. IRJE: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(3), 1329–1336. https://doi.org/10.1016/B978-0-323-46294-5.00028-5

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuntitafif, Kualitatif, R&D. ALFABETA.

Yanti, O. F., & Prahmana, R. C. I. (2017). Model Problem Based Learning, Guided Inquiry, dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 120–130. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.120-130

ilal, A. I., & Darmurtika, L. A. (2020). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Model Kepala Bernomor dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 5 Praya Timur. Jurnal Ilmiah Telaah, 5(2), 36–40. http://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah/article/view/2621%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah/article/download/2621/pdf

Erianti, B. (2019). Meningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Pada Kelas IX-4 SMPN 10 Batam. Instructional Development Journal, 2(2), 60. https://doi.org/10.24014/idj.v2i2.8274

Hasan, H., & Kasman, K. (2023). Efektivitas Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP 4 Negeri Woja. Media Informasi Penelitian Kabupaten …, 5(1). http://journal.sinov.id/index.php/sinov/article/view/550%0Ahttp://journal.sinov.id/index.php/sinov/article/download/550/479

Nurhayati, T., Nurunnisa, E. C., & Husni, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Iqra’(Penelitian Tindakan Kelas di Raudhatul Athfal Daarul Hikmah …. Tarbiyat Al-Aulad: Jurnal …. https://riset-iaid.net/index.php/TA/article/view/123

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Buku

Fausett, L. (1994). Fundamentals of Neural Network. New York: Prentice Hall.

Jurnal

Herbert, Riza, L. S, and Mukmin, A. (2011). Penerapan Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation Untuk Peramalan Curah Hujan. Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 1-5. DOI: ……

Artikel/Modul/Diktat

Sektor Pertanian. (2011). Kajian Risiko dan Adaptasi Terhadap Perubahan Iklim Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mataram: Dinas Pertanian NTB.

Prosiding/Artikel Seminar

Syaharuddin, Vera, M., dan Dewi, P. (2017). Pengembangan Modul Pemrograman Komputer Berbasis Matlab. Prosiding Seminar Nasional IKIP Mataram, Mataram, Indonesia, 12-14.




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v9i1.20739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.