UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL PADA MATERI TEKS CERITA INSPIRATIF DI SMPN 2 MATARAM

Vina Melisa Daiyanti, Yulia Agustina, Zumratul Agustina, Moh Fauzi Bafadal, Hairiah Hairiah

Abstract


Abstrak: Fokus penelitian ini didasarkan permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia materi teks cerita inspiratif di kelas IX khususnta kelas IX-C SMPN 2 Mataram. Artikel ini bertujuan untuk melihat peningkatan minat belajar peserta didik menggunakan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran teks cerita inspiratif di SMPN 2 Mataram, dengan fokus pada uapaya peningkatan minat belajar sehingga akan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas IX-C SMPN 2 Mataram. Penelitian ini menggunakan model siklus yang pengamatannya dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merasa lebih termotivasi untuk belajar setelah menggunakan media wordwall dan peningkatan persentase hasil belajar dari 47,3% pada siklus I berubah 89,4% pada siklus II yang berarti minat belajar siswa mengalami kenaikan atau kemajuan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa media wordwall dapat meningkatkan motivasi dan hasil pembelajaran siswa pada materi teks cerita inspiratif.

Abstract:  The focus of this research is based on the problem of learning Indonesian with inspirational story text material in class IX, especially class IX-C, SMPN 2 Mataram. This article aims to see the increase in students' interest in learning using the Wordwall application in learning inspirational story texts at SMPN 2 Mataram, with a focus on efforts to increase interest in learning so that it will create fun and meaningful learning for students. This classroom action research was conducted in class IX-C of SMPN 2 Mataram. This research uses a cycle model where observations are carried out in two cycles. The research results showed that students felt more motivated to learn after using wordwall media and the percentage of learning outcomes increased from 47.3% in cycle I to 89.4% in cycle II, which means that students' interest in learning experienced a significant increase or progress. This shows that wordwall media can increase student motivation and learning outcomes on inspirational story text material.


Keywords


instructional Media wordwall inspirational story text

Full Text:

PDF

References


Admin. (2024 Januari 03). Yuk, Belajar Menulis Cerita Inspiratif. Diakses dari https://ditsmp.kemdikbud.go.id/yuk-belajar-menulis-cerita-inspiratif/

Astuti, R., & Wardani, D. (2019). Pemanfaatan Teknologi Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 7(1), 30-42.

Kurniawan, A., & Pratama, B. (2020). Implementasi Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 55-67.

Marpaung, E., & Simanjuntak, S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 30-41.

Mayasari, E. (2022). Konsep Contextual Teaching and Learning Dalam Upaya Menciptakan Iklim Belajar Mengajar Menyenangkan dan Bermakna. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 58-66.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199.

Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 202–213.

Setiawan, A., & Pratiwi, D. (2020). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 100-112.

Susanto, A., & Hartono, Y. (2019). Pembelajaran Bermakna: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(2), 90-105.

Widodo, W., & Pratiwi, D. (2019). Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia, 7(2), 78-89.

Zakaria, N., & Sili, E. A. (2023). Keberkesanan aplikasi Wordwall dalam pengajaran dan pembelajaran gaya bahasa seloka boros dan jimat bagi pelajar tingkatan 4: Efficacy of Wordwall apps in teaching and learning language style of Seloka boros dan jimat for form 4 students. Al-Azkiyaa-International Journal of Language and Education, 2(1), 32-54.




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v9i2.22409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.