Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Artikel Mahasiswa

Farida Fitriani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis artikel mahasiswa. Metode yang digunakan yaitu weak experimental dengan desain one group pre test – post test. populasi penelitian ini yaitu seeluruh mahasiswa Universitas Pendidikan Mandalika. Adapun hasilnya dengan melakukan penelitian efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Indonesia mengalami peningkatan atau dapat dikatakan cukup efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil N-Gain dari pre tes dan pos test yang nilai rata-ratanya 67% dengan katagori cukup efektif. Adapun respon mahasiswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek tergolong sangat positif dengan nilai rata-rata 87%.

Keywords


Pembelajaran berbasis proyek; menulis artikel.

Full Text:

PDF

References


Alyusfitri, R., Nora, Y., & Fadhillah, H. I. (2023). Analisis Respon Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Berbantuan Multimedia Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 113–126.

Baidowi, A., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1), 48–58. https://doi.org/10.17977/um017v20i12015p048

Dewi, A. C., Yahya, M., & Darmawang. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Kejuruan. Jurnal Konsepsi, 11(2), 373–379. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/226

Fazrien, J., Fazrien SMAN, J., & Riam, B. (2020). Penerapan Strategi Belajar Kooperatif Tipe Group Resume Pada Siswa Kelas Xi Sman 1 Balai Riam Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 104–114. https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/209

Hindun, H., Bahtiar, A., Maryelliwati, M., Susanti, E., Irawati, A., & An Nur, M. J. (2023). Project Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 12(2), 457. https://doi.org/10.26499/rnh.v12i2.4695

Lubis, M. S., Rahimah, A., Lubis, I. S., Pendidikan, F., Dan Bahasa, I., Pendidikan, I., Selatan, T., & Com, M. L. (2019). Kesulitan-Kesulitan Yang Dihadapi Oleh Mahasiswa Yang Mengampuh Mata Kuliah Bahasa Indonesia Di Program Studi Bahasa Indonesia Ipts Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Kti). 7(3), 193–199.

Munirah, M., Yusuf, A. B., Dahlan, M., & Tasmiah, T. (2021). Penerapan Model Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Vii H Smpn 21 Kota Makassar. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 17(2), 272–280. https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4744

Nugraheni, D. (2018). Analisis Respon SiswaTerhadap Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada MateriKalor dan Perpindahannya. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1, 539–544.

Pontjowulan, P. (2023). Optimalisasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Syntax Transformation, 4(4), 11–23. https://doi.org/10.46799/jst.v4i4.712

Rahayu, D. S. (2017). Respons Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Statistika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 2(2), 14. https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i2.202

Sakaria, S., Asdar, A., & Akbar, A. (2019). Pembelajaran Menulis Artikel Opini Berbasis Proyek. Klasikal : Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(2), 38–46. https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i2.33

Sukarelawan, I. T. K. I. S. M. A. (2024). N-Gain vs Stacking. Suryacahaya.

Suseno, R., Indriyani, I., Afdal, M., & Nizori, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keaktifan dan Kemampuan Mahasiswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 9(1), 90–98. https://doi.org/10.17977/um031v9i12022p090

Thahir, A. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 2 Sungguminasa. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 188–201. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i5

Umar, T., Peunyareng, J. A., Kleng, G., & Meureubo, K. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Mbkm. Jurnal Bionatural, 10(1), 31–41. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/179

Umi, I. (2020). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA SMK Umi. Ejournal.Unkhair.Ac.Id, 10(July), 1–23. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/pedagigk/article/viewFile/5551/3498

Wagirun, W., & Irawan, B. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menulis Teks Eksplanasi di Kelas XI SMA. Indonesian Language Education and Literature, 5(1), 74. https://doi.org/10.24235/ileal.v5i1.5033




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v9i2.24078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.