Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi wujud Zat Kelas IV Di SDN Sukamenak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengimplementasikan sebuah produk yang inovatif dan kreatif dalam bentuk video animasi yang didesain khusus untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi wujud zat kelas IV di SDN Sukamenak. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi dan wawancara dengan menggunakan tahap analisis yaitu meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data, serta tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan mengimplementasikan video animasi dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi wujud zat dan menjadikannya lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN Sukamenak. Jadi, media video animasi sudah berhasil diimplementasikan pada materi wujud zat kelas IV di SDN Sukamenak, dan dapat digunakan dengan mudah dan praktis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrilia, L., Arief, D., & Amini, R. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 710-721http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2559
Berti, B., Kartono, K., & Salimi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Muatan Pelajaran Ipas Materi Perubahan Wujud Zat Di Kelas Iv Sd Kartika Xvii-I Pontianak Kota. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3568-3576.http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Baringbing, E. K. B., & Rahim, R. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis AI Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri 060972 Simalingkar B Medan. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer dan Manajemen), 5(4), 1515-1523. http://www.pkm.tunasbangsa.ac.id/index.php/kesatria/article/view/473
Fitri, A., Ulfah, H., & Aswita, S. (2024). Kurangnya Sarana Dan Prasarana Menghambat Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(2), 507-515. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Hidayat, Sholeh. (2017). Pengembangan Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hilda., dkk. (2023). Media Pembelajaran SD. Semarang: Cahya Ghani Recovery
Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Kartun Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 316. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8585
Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Taman Sidoarjo: Zifatama Publisher
Qifsy, L. A., Hidayati, A., & Saputra, A. (2023). Pengembangan media video animasi pada mata pelajaran IPAS Kelas IV SD. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 762-769. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159-166. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381
Suminarsih. (2021). Video Pembelajaran Asyik Murid Fantastik. Karanganyar: Yayasan Lembaga Gumun Indonesia
DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v10i1.27728
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.