Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)
Abstract
Penerapan model pembelajaran NHT dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memiliki tantangan tersendiri seperti kesiapan guru dan kebutuhan pelatihan dan pendampingan untuk secara efektif mengintegrasikan prinsip-prinsip NHT ke dalam proses pembelajaran yang ada. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada siswa kelas VIII SMP Islam Aswaja Syamsul Falah. Melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan ini mengintegrasikan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan tes hasil buatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model NHT secara signifikan merangsang keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan, serta mengembangkan keterampilan sosial yang penting. Model ini berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa meskipun dihadapkan pada tantangan untuk memastikan partisipasi aktif dari semua siswa. Selain itu, penyesuaian metode NHT dengan karakteristik spesifik siswa terbukti meningkatkan efektivitas pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, serta mendukung adaptasi siswa dalam proses pembelajaran. Hasil ini mengindikasikan bahwa model NHT dapat dianggap sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam mata pelajaran PPKn.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
& Vinsensius Nase, K. D. (2023). ANALISIS INTEGRASI NILAI PANCASILA DALAM BUDAYA MANGGARAI. Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural. https://doi.org/10.60130/ja.v11i2.112
Adhani, D. N., Hanifah, N., & Hasanah, I. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 4(1), 64–75.
Agustyaningtias, V., Hariani, L. S., & Widjiastuti, V. Y. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Alat Pembayaran Non Tunai untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um065v3i62023p526-537
Diah, D. E. Y., Wawan Shokib Rondli, & Gunawan Setiadi. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 8 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DI KELAS V SDN WIRUN. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1372
Diana Aliansyah Sopia, Mayang Avrilla, & Robi Anawiya
DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v10i1.28225
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.