Pemertahanan Bahasa Sasak di Tengah Modernitas pada Sekolah Dasar

Linda Ayu Darmurtika, Taupik Ibrahim, Ayatullooh Rafsanjani, Yulia Komala, Fadiya Agustina, Hayatunnufus Hayatunnufus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pemertahanan bahasa Sasak di tengah modernitas pada sekolah dasar di Kota Mataram dengan menggunakan pendekatan systematic literature review. Sumber literatur yang digunakan berasal dari database terindeks Scopus, DOAJ, dan Google Scholar dengan rentang tahun publikasi 2014–2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelestarian bahasa Sasak di Kota Mataram menghadapi tantangan kompleks, seperti dominasi bahasa Indonesia, kurangnya kurikulum yang mengakomodasi budaya Sasak, minimnya dukungan kebijakan pemerintah, serta dampak globalisasi dan teknologi yang mengurangi ruang lingkup penggunaan bahasa Sasak di kalangan generasi muda. Beberapa strategi potensial telah diidentifikasi, antara lain integrasi bahasa Sasak ke dalam kurikulum sekolah, pemanfaatan teknologi digital sebagai media pembelajaran, dan penguatan peran komunitas lokal. Meskipun demikian, efektivitas serta implementasi strategi-strategi tersebut memerlukan kajian lebih mendalam untuk memastikan keberlanjutan bahasa Sasak di era modern. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap upaya pelestarian bahasa daerah sebagai bagian dari identitas budaya lokal.


Keywords


Sasak Language Preservation; Basic Education; Modernity

Full Text:

PDF

References


Adi Brahmantara, G. (2024). Perancangan Pop-Up Permainan Tradisional Bali Sebagai Media Pendamping Pembelajaran Seni Budaya Pada Anak. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Akbar, M. A., Mandala, H., Lamusiah, S., & Ifanti, S. N. (2022). Pemertahanan Bahasa Sasak dalam Istilah Pertanian pada Komunitas Petani Adat Bayan, Lombok Utara. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(2), 247. https://doi.org/10.31764/telaah.v7i2.10485

Akbar, M. R., Ningtyas, S., Aziz, F., Rini, F., Putra, I. N. A. S., Adhicandra, I., Novita, R., Metra, R., & Junaidi, S. (2023). MULTIMEDIA: Teori dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Amrullah, A. (2021). LANGUAGE LOYALTY OF NGGETO-NGGETE MINORITY URBAN MIGRANT DIALECT OF SASAK LANGUAGE IN MATARAM CITY. Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia, 7–13.

Aswasulasikin, A., Fadilah, D., & Hadi, Y. A. (2022). Inculcating of sasak local cultural values in learning at elementary school. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 96–101.

Habiburrahman, L. (2016). JUPE, Volume 1 ISSN 2548-5555 Desember 2016. 1, 50–55.

Ibda, H. (2017). Urgensi pemertahanan bahasa ibu di sekolah dasar.

Islami, J. M. M., Ilmin, L., Afny, D. N., Supriyanto, A., & Habibi, M. A. M. (2024). SLR: Penerapan Pembelajaran Berbasis Komunitas Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2832–2848.

Jafar, S., Syahbuddin, Nasaruddin, Kaharuddin, & Yulida, R. (2021). Pengenalan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Bahasa Sasak Pada Guru-Guru Sekolah Dasar. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 1(1), 69–77. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v1i1.91

Muttaqin, Z. (2016). Digitalisasi Bahasa Sasak: Upaya Edukasi Siswa Tentang Urgensitas Pemertahanan Bahasa Daerah. PROCEEDING ICETE 2016, 634.

Nurdin, I. (2019). Konflik dan Kolaborasi: Peran Negara Dalam Integrasi Bangsa. Media Nusa Creative.

Olaare, S. (2024). The role of technology in language preservation. European Journal of Linguistics, 3(2), 44–56.

Paridi, K., Sudika, I. N., Syahbuddin, S., Murahim, M., & Ashriany, R. Y. (2022). Pengenalan Teks Genre Sastra dalam Bahasa Sasak: Sebagai Bahan Baku Penyusunan Materi Muatan Lokal Bahasa Sasak pada Guru-Guru Pendidikan Dasar di Kecamatan Selong. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 2(1), 71–86.

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar di kecamatan kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(1), 107–122.

Putra, A. D. (2022). Analisis Pemertahanan Bahasa Halus Dalam Budaya Sorong Serah Di Suku Sasak (Lombok). Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 96–100. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i3.163

Putri, T. A., Putri, R. D. M., & Afkar, T. (2024). Interaksi Bahasa Dan Budaya Dalam Konteks Masyarakat Etnik: Studi Kasus Pada Kelompok Minoritas Di Indonesia. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(3), 89–109.

Samsu, L. M., & Saiful, M. (2023). Web-Based Sasak Encyclopedia Application as an Effort to Preserve the Sasak Language. Journal of Applied Intelligent System, 8(1), 1–8.

Saptadi, N. T. S., Andriani, R., Hayati, R., Raju, M. J., Maulani, G., Wardoyo, T. H., & Hadikusumo, R. A. (2024). Pendidikan Multilingual: Teori dan Praktik. Sada Kurnia Pustaka.

Saputra, N., & Aida, N. (2019). Keberadaan penggunaan bahasa Indonesia pada generasi milenial. Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA), 3(1), 368–383.

Sawaludin, S., Haslan, M. M., & Basariah, B. (2023). Civic Culture dalam Kearifan Lokal Masyarakat Sade Rambitan Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 93–100.

Sirait, J. E. (2021). Analisis pengaruh kompetensi guru terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara. Diegesis: Jurnal Teologi, 6(1), 49–69.

Siregar, K. J., Lubis, G. D. U., Silalah, S. S., Nainggolan, L. R., Bangun, M. B., & Chairunisa, H. (2024). Potensi bahasa Indonesia dalam panggung global: Analisis peluang dan tantangan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8857–8868.

Suhardi, D. (2015). Rencana Strategi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015-2019.

Taufiqqurrahman, T. (2019). Strategi Pengembangan Buku Muatan Lokal Bahasa Sasak di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(1), 196–201.

Trisnawati, I. A., Ardika, I. G. L. O., & Kariasa, I. N. (2015). Identifikasi Kesenian Etnis Sasak, Etnis Bali Dan Seni Akulturasi Di Kota Mataram. Segara Widya: Jurnal Penelitian Seni, 3.

Widiantana, I. K. (2024). Strategi Pemulihan dan Penguatan Bahasa Ibu: Studi Kasus pada Perubahan Penggunaan Bahasa Bali di Masyarakat Bali. Dharma Sastra: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Daerah, 4(1), 85–94.

Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1222–1230.

Wijayatiningsih, Y. F. (2019). Alih Kode Dalam Bahasa Sumbawa Taliwang Di Cakranegara. Mabasan, 13(1), 45–59.

Zulaeha, I., & Hum, M. (2017). Strategi Pemertahanan Bahasa Daerah Pada Ranah Pendidikan. Jurnal Peradaban Melayu, 12, 40–46. https://doi.org/10.37134/peradaban.vol12.5.2017

Zulmiyadi, I. H., & Isnaeni, M. (2024). LANGUAGE CHOICE PERFORMED BY SASAK TEENAGERS: A CASE STUDY AT MATARAM 2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 243–251




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v10i1.28899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.