Peningkatan Kemampuan Menulis Proposal Kegiatan Melalui Model Pembelajaran Student Cetered Learning (SCL)

farida fitriani, Baiq Desy Arfiny

Abstract


Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Dengan menulis pelajar dapat mengungkapkan gagasan, pendapat dan perasaan kepada pihak lain dengan memperhatikan grafologi, struktur Bahasa, dan kosakata agar penulisan menjadi lebih menarik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran student centered learning dalam meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Metode penelitian ini adalah penelitian deskripsi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa semester satu Program Studi Pendidkan Dokter Hewan Universitas Pendidikan Mandalika tahuan 2024-2025. Jumlah responden adalah 36. Adapun hasil dari penelitian ini tergolong baik. Hal tersebut, dapat dilihat dari hasil rerata pre tes 65.67 dan pos tes 73.86. Dari hasil tersebut terdapat peningkatan 12% dari pre tes dan pos tes. Jadi dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan model pembelajaran SCL merupakan car aterbaik untuk mengarahkan mahasiswa dalam mengungkapkan agasan dan pikiran untuk membuat proposal kegiatan yang baik.

Keywords


Keterampilan;Model Pembelajaran;Proposal kegiatan

Full Text:

PDF

References


Antika, R. R. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul 'Izzah, Nganjuk" hal. BioKultur, III(1), 251.

Bahrudin, F. A. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis SCL. Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial Dan Politik, Vol 2 No 1(Vol 2 No 1 (2019): PRO PATRIA Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial dan Politik), 59–71. https://doi.org/10.47080/propatria.v2i1.493

Cahyani, I. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Penelitian pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 3(2), 175–192.

Febriyana, M., & Winarti. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Microteaching. Jurnal EduTech, 7(2), 231–235.

Fitriani, F. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Menulis Artikel Mahasiswa. 9(2), 102–107.

Kuswanto, D. (2012). Statistik untuk Pemula dan Orang Awam. Laskar Aksara.

Rahmat, R., & Puspitasari, A. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(3), 111. https://doi.org/10.26858/indonesia.v2i3.23571

Rizkiani, A., & Rifdah, S. N. R. (2022). Pengaruh Media Video Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Xi Smk Kebon Jeruk. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 15(1), 45–54. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v15i1.714

Salsabila, A. (2024). Implementasi Student Centered Meningkatkan Prestasi Siswa Learning ( SCL ) dalam Pendahuluan. 13(3), 4057–4066.

Sarnoto, A. Z., Rahmawati, S. T., Ulimaz, A., Mahendika, D., & Prastawa, S. (2023). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Student Center Learning terhadap Hasil Belajar: Studi Literatur Review. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 615–628. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.828

Sugiharto, P. A., Santoso, Y. I., Gustianing, D., Welasih, S., & Huda, D. M. (2024). Meningkatkan Kemampuan Menulis MahasiswaMenggunakan Strategi Brainstorming. Konstruktivisme, 16(1), 181–189. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i1.3446

Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan dan Praktik. Graha Pustaka.

Sutisna, I. (2020). Statistika Penelitian: Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1–15. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/4610/Teknik-Analisis-Data-Penelitian-Kuantitatif.pdf

Zainab, I., Jaya, G. B., & Artini, L. P. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Melalui Whatsapp Diary Writing. Indonesian Gender and Society Journal, 1(2), 60–68. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39082




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v10i1.28989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.