STUDI LITERATUR: OPTIMALISASI LITERASI GEMAR MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Litrasi adalah jembatan utama untuk meningkatkan kesadaran peserta didik sekolah, lemahnya gerakan literasi sekolah akan mempengeruhi minat baca di kalangan siswa. Meningkatkan gerakan literasi dapat memberikan penguatan pada terciptanya iklim sekolah yang gemar membaca.Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gerakan literasi gemar membaca bisa meningkatkan kemampuan peserta didik di sekolah dasar. Metode yang dipakai dalam penelitiaan adalah penelitiaan deskriptif dengan studi pustaka. Referensi yang dipakai berupa buku, makalah, jurnal, dan dokumen peelitian yang relavan dengan tema penelitiaan ini. Penelitaan ini akan mendalami secara kritis dan mendalam tentang gerakan literasi gemar membaca berdasarkan fakta dan teori terkini yang ada. Hasil penelitian ini menujukan bahwa untuk mengoptimalkan gerakan membca perlu adanya gerakan litarasi yang konsisten dengan pelibatan semua pihak di dukung oleh aturan yang terimplentasi dengan terukur. Dalam penelitiaan ini terlihat bahwa untuk optimalkan program gerakan literasi gemar membaca harus dilaksanakan secara bersamaan, di sosialisasikan secara terukur, di awasi oleh pihak sekolah serta di sesuaikan dengan waktu pelaksanaan jam sekolah. Penelitiaan ini memperlihatkan bahwa komitmen dan kerjasama menjadi kunci dalam terwujudkan iklim gemar membaca pada peserta didik. Sinergi banyak pihak akan dapat mengurai kendala dan tantangan yang selama ini dihadapi oleh sekolah, terlibih dengan kondisi ketersediaan koleksi dan bahan bacaan yang terbatas.
Abstract: Literacy is the main bridge to increase the awareness of school students. A weak school literacy movement will affect interest in reading among students. Increasing the literacy movement can strengthen the creation of a school climate that loves reading. This research aims to find out how the literacy movement that loves reading can improve the abilities of students in elementary schools. The method used in the research is descriptive research with literature study. References used include books, papers, journals and research documents that are relevant to the theme of this research. This research will explore critically and in depth the literacy movement that likes reading based on the latest facts and theories available. The results of this research show that to optimize the reading movement, there needs to be a literacy movement that is consistent with the involvement of all parties, supported by rules that are implemented in a measurable manner. In this research, it can be seen that to optimize the reading literacy movement program, it must be implemented simultaneously, socialized in a measurable manner, supervised by the school and adjusted to the school hours. This research shows that commitment and cooperation are the keys to creating a climate of love for reading among students. The synergy of many parties will be able to resolve the obstacles and challenges that schools have been facing, especially the limited availability of collections and reading materials.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Jamal. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). ResearchGate, (June), 1–20. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12201 .08804
Anita, Sudraja, A., & Aman. (2023). A Freirean Analysis of Indonesian Ministry of Education and Culture’s School Literacy Movement. Journal for Critical Education Policy Studies (JCEPS), 20(3), 411– 436.
Anugerahwati, M. (2019). Integrating the 6Cs of the 21st Century Education into the English Lesson and the School Literacy Movement in Secondary Schools. KnE Social Sciences, 165–171. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3898
Arini, W., Dibia, I. K., & Bayu, I. G. W. (2020). School Literacy Movement Enhancing Students’ Writing Skills and Creative Thinking Skills. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 546-552. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.29847
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai MIAI Banjarmasin. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 15-29. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4), 1429-1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585
Didiharyono, D., & Qur’ani, B. (2019). Increasing Community Knowledge Through the Literacy Movement. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (1), 17-24. https://doi.org/10.35914/tomaega.v2i1.235
DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v10i1.29027
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.