Refleksi Pembelajaran di SMA Negeri 4 Mataram: Studi Kasus Selama Program PLP
Abstract
Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 merupakan kegiatan akademik yang bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam memahami praktik pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk merefleksikan proses pembelajaran di SMA Negeri 4 Mataram selama pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, serta refleksi dari kegiatan praktik di lapangan. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran telah berjalan cukup efektif dengan strategi dan metode yang bervariasi, namun masih terdapat beberapa tantangan, seperti manajemen kelas dan penerapan teknologi dalam pembelajaran. Refleksi yang dilakukan memberikan gambaran tentang pentingnya peran guru dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan inovatif. Temuan ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah serta memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam persiapan menjadi pendidik profesional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316
Fatmawati, F., Rahmawati, R., Hakim, A., & Al Idrus, S. W. (2022). Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Kimia Setelah Menjalani Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Chemistry Education Practice, 5(1), 71–77. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.3269
Hadi, R. I., & Haposan, S. (2018). Implementasi UU No. 14/2005 Tentang Guru dan Dosen. Jurnal Strategi Pertahanan Udara |, 4(3), 75–100.
Hanun, F. (2021). Implementasi Penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam di LPTK UIN Serang Banten. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(3), 268–285. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.1158
Hill, H. (2016). The Indonesian Economy in Crisis: Causes, Consequences and Lessons. The Indonesian Economy in Crisis: Causes, Consequences and Lessons, August, 1–153. https://doi.org/10.1007/978-1-137-05629-0
Jannah, L., Listyarini, I., Nugroho, A. A., & Saputro, S. A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IV SDN Pandeanlamper 03 Kota Semarang. Journal on Education, 5(4), 12265–12271. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2198
Kurniawan, R. Y., & Devi, H. R. P. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Calon Guru Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16(2), 96. https://doi.org/10.17977/um014v16i22023p096
Lama Bawa, D. (2020). 6. Dahlan Lama Bawa_PENGARUH KUALIFIKASI AKADEMIK DOSEN TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Telaah Hasil Penelitian dan Kajian Tindak Lanjut). Journal of Islamic Education (JIE), V(1), 78–88. http://ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/article/view/172
Maulana, I., Rahma, N. A., Mahfirah, N. F., Alfarizi, W., & Darlis, A. (2023). Meningkatkan Profesional Guru dengan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Journal on Education, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.867
Minahasa, K. (2024). 3 1,2,3. 24(7), 28–42.
Muhsin, I. (2019). Ideology of Pancasila versus Islamism: Measuring Actions and Reactions of Campus Organs to Permenristekdikti No. 55 of 2018 in UGM and UIN Yogyakarta. Addin, 13(2), 215. https://doi.org/10.21043/addin.v13i2.7010
Nurmanita, T. S., Wiradharma, G., Prasetyo, M. A., Anam, K., & Rohmah, W. M. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENGUATKAN IDENTITAS NASIONAL SISWA DI LUAR NEGERI : PERSPEKTIF GURU DAN SISWA DI. 6356, 329–339.
NURVITASARI, S. (2018). Laporan Kegiatan Praktik Ajar Nyata Mata Kuliah Program Pengelolaan Pembelajaran (Ppp) Di Sma Negeri 1 Ngimbang. Academia.Edu. https://www.academia.edu/download/57402910/FULL_LAPORAN_FIX.pdf
Otaya, L. G. (2018). Realitas penilaian praktik pengalaman lapangan pada perguruan tinggi keagamaan Islam dan tantangannya di era millenial. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i2.847
Rima, R., & Anriani, N. (2023). Implementasi Model Evaluasi Context, Input, Process, and Product (CIPP) pada Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) bagi Calon Guru Bahasa Inggris. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(6), 622–631. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.175
Sahira, E., & Herianto, E. (2023). Menyiapkan Guru Profesional Melalui Program Pengenalan Lapangan Persekolahan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1957–1964. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1947
DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v10i2.29843
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.