Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Kelas IX di SMP Negeri 3 Wera

Nurul Huda, Hafsah Hafsah, Aliahardi Winata, Isnaini Isnaini, Zedi Muttaqin

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Wera Kabupaten Bima NTB. Penggunaan media teknologi Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi digital siswa, terutama dalam mata Pelajaran PPKn. Dengan pemanfaatan teknologi, siswa dapat lebih memahami konsep kewarganegaraan serta memiliki keterampilan literasi digital yang baik.

Tujuan penelitian untuk mengukur pengaruh penggunaan media teknologi Pendidikan terhadap peningkatan literasi digital siswa di SMPN 3 Wera. Penelitian menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan analisis deskriptif melalaui kuesioner yang diberikan kepada siswa kelas IX. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas IX di SMPN 3 Wera kabupaten Bima yang berjumlah 100 siswa sedangkan sampel dalam penelitian adalah 62 siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalan penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana.

Hasil penelitian menunjukan penerapan media teknologi Pendidikan dalam pembelajaran PPKn dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan literasi digital siswa kelas IX di SMPN 3 Wera. Hasil menunjukan besarnya pengaruh media teknologi pendidikan terhadap literasi digital PPKn siswa sebesar 0,269 artimya pengaruh penggunaan media teknologi Pendidikan terhadap literasi digital PPKn siswa secara Parsial adalah sebesar 26.9% dengan sisanya yaitu 73,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini

Keywords


Media Teknologi, Literasi Digital, Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. SMP Negeri 3 Wera

Full Text:

PDF

References


Aithal, P. S., & Aithal, S. (2023). Stakeholders’ analysis of the effect of ubiquitous education technologies on higher education. International Journal of Applied Engineering and Management Letters (IJAEML), 7(2), 102–133.

Akintayo, O. T., Eden, C. A., Ayeni, O. O., & Onyebuchi, N. C. (2024). Evaluating the impact of educational technology on learning outcomes in the higher education sector: A systematic review. International Journal of Management & Entrepreneurship Research, 6(5), 1395–1422.

Amadi, A. S. M., Hasan, S., Rifanto, N. A., Wildan, M., Afifah, N. Q., & Nisak, N. M. (2023). Upaya Pemerintah dalam Menjamin Hak Pendidikan untuk Seluruh Masyarakat di Indonesia: Sebuah Fakta yang Signifikan. Educatio, 18(1), 161–171. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.14798

Astuti, S. (2021). Strategi peningkatan literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMKN 3 Metro. IAIN Metro.

Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Komunikasi Dalam Pengajaran Metode Pendidikan Tradisional Di Sekolah Dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208–219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130

Ghanad, A. (2023). An Overview of Quantitative Research Methods. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 06(08), 3794–3803. https://doi.org/10.47191/ijmra/v6-i8-52

Hetilaniar, Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Dari Dunia Offline ke Dunia Online: Merangkul Literasi Digital. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 13(1), 44–54. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v13i1.11936

Mukhid, M. P. (2023). Disain teknologi dan inovasi pembelajaran dalam budaya organisasi di lembaga pendidikan. Pustaka Egaliter. Com.

Nurhaswinda, Dwi Poni Egistin, M. Yahdi Rauza, Rahma, Rohanda Has Ramadhan, Sagita Ramadani, W. (2025). Analisis Regresi Linier Sederhana dan Berganda Beserta Penerapannya. Journal on Education, 01(02).

Nuryadi, M. H., & Widiatmaka, P. (2023). Strengthening civic literacy among students through digital literacy in society 5.0. Journal of Education and Learning, 17(2), 215–220. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i2.20746

Pitaloka, S., Juniati, T., Yunanda, T., & Hajar, I. (2023). Pengaruh capaian pendidikan terhadap pilihan sektor pekerjaan. Journal of Advances in Accounting, Economics, and Management, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.47134/aaem.v1i1.3

Qadafi, M., Sumarni, A., Dina, A., & ... (2023). Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Melalui Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Batang Hari. … Pendidikan Islam, 04(02), 8–18. https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam/article/view/10884

Sakhi, R. G., & Najicha, F. U. (2023). Memperkuat Integrasi Nasional Dengan Memanfaatkan Generasi Muda dan Teknologi Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan …, 2023(15), 529–537.

Sofwan Hadi, M., Ihsan Pratama, A., Soipon, A., Tinggi Agama Islam Darunnajah, S., & Barat, J. (2023). Strategy For Used Teknology Information and Communication Education In Inproving learning Achievement In The Subject Teknology Information And Communication Class Students XII SMK Darunnajah Cipining. 1(2).

Syifa, N., & Julia, J. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Inovasi Pembelajaran Berbasis Informasi Teknologi Sebagai Alat Bantu Pencapaian Pembelajaran. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 271–285.




DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v10i2.30125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.