HUBUNGAN PENGUASAAN DIKSI DAN DAN KALIMAT EFEKTIF DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DI KOMUNITAS BALAI JURNALISTIK MAHASISWA (BJM) UMBARA
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara penguasaan diksi dan kalimat efektif dengan keterampilan menulis teks berita anggota Komunitas Balai Jurnalistik Mahasiswa (BJM) UMBARA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik korelasional. Teknik korelasional merupakan suatu teknik penelitian yang berpusat pada analisis hubungan yang bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis terdapat atau tidaknya hubungan diantara variabel yang diteliti. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan beberapa macam seperti observasi, wawancara tak terstruktur dan tes berupa soal pilihan ganda dan uraian. Penentuan sampel menggunakan cluster sampling dengan jumlah sampel 37 responden. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan bahwa terdapat tiga hasil yang didapatkan pada penelitian ini. Hasil perhitungan diperoleh kesimpulan: (1) Variabel penguasaan diksi memiliki korelasi positif dengan variabel teks berita dengan hasil rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,7982 > 0,324 dengan tingkat korelasi “kuat”. (2) Variabel kalimat efektif memiliki korelasi positif dengan variabel teks berita dengan hasil rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,9047 > 0,324 dengan tingkat korelasi “sangat kuat”. (3) Variabel penguasaan diksi dan kalimat efektif secara bersama-sama memiliki korelasi positif dengan hasil rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,8997 > 0,324 dengan tingkat korelasi “sangat kuat”. Artinya semakin baik penguasaan diksi dan kalimat efektif maka akan lebih baik keterampilan menulis teks berita.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dalman. (2016). KETERAMPILAN MENULIS (Vol. 1). Rajawali Pers.
Fadisa, N. M. Y. F. S. M. R. (2022). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Tebo. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan PengajaranS, 2(2), 314–321. https://ejournal.baleliterasi.org/index.php/alinea/article/view/393
Haryanto, Y. (2022). Modul Statistik (Vol. 1). Widina Bhakti Persada.
Indrawati, S. W. (2013). Hubungan Penguasaan Kalimat Efektif dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XI SMA Ethika Palembnag. In Bukman Lian (Ed.), PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN: Mewujudkan Pendidikan Berkualitas Melalui Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (pp. 570–616). Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1641
Istiqomah, D. S., Syifa Istiqomah, D., & Nugraha, V. (2018). ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA PROKEM DALAM MEDIA SOSIAL. Analisis Penggunaan Bahasa Prokem Dalam Media Sosial|, 665(5).
Ma’azi, H., & Janfeshan, K. (2018). The effect of Edmodo social learning network on Iranian EFL learners writing skill. Cogent Education, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1536312
Nina, & Niswariyana, A. K. (2018). BAHASA INDONESIA: Pengantar Dasar Menulis di Perguruan Tinggi. Deepublish.
Nina, & Triyanto. (2021). MODUL JURNALISME POSITIF (Mokudas, Ed.; 1st ed., Vol. 1). LINDAN BESTARI.
Ramadhanti, D. (2015). PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM KARYA ILMIAH SISWA: APLIKASI SEMANTIK STUDI KASUS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 LEMBAH GUMANTI. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 1(2). https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1236
Satriawan, M. J., Padlurrahman, P., & Mohzana, M. (2023). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman, Penguasaan Kosa Kata Dan Sikap Bahasa Dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Di Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 352–360. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1174
Sofiatin. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA DENGAN METODE KOOPERATIF MEMBACA DAN MENGARANG TERINTEGRASI BERORIENTASI PENGALAMAN BELAJAR (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Galuh Ciamis). DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 3(1), 2549–5119.
Sofiatin; Siti Risma Adawiyah. (2024). Anafora: Jurnal Penelitian Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ALIH KODE-CAMPUR KODE ACARA MASTERCHEF SEBAGAI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA DIGITAL. Anafora: Jurnal Penelitian Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1, 8–22. https://publication.uniku.ac.id/index.php/anafora
Suciati, R. D. E. M. T. P. (2019). Penerapan Model Berpikir, Berbicara, dan Menulis dengan Media Foto Jurnalistik dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 53–58. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JP-BSI/article/view/923
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RND). Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v10i2.30648
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.