MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK BERMUATAN KEARIFAN LOKAL SUKU SASAK DENGAN MEDIA FILM PENDEK PADA SISWA KELAS XI MA RAUDLATUTTHOLIBIN NW PAOKMOTONG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek bermuatan kearifan lokal Suku Sasak dengan media film pendek pada siswa kelas XI MA Raudlatuttholibin NW Paokmotong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, serta tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Raudlatuttholibin NW Paokmotong. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Perbedaan antara siklus I dan siklus II terletak pada sarana dan prasarana serta langkah-langkah pembelajaran. Langkah pembelajaran yang dilakukan pada siklus I belum maksimal dan dioptimalkan pada siklus II.Hasil akhir kemampuan menulis cerita pendek pada siklus I, 16,5% siswa mendapat nilai sangat baik, 18,5% mendapat nilai baik, 62.5% mendapat nilai cukup, dan 12,5% mendapat nilai kurang. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 73% siswa memperoleh nilai sangat baik dan 27% memperoleh nilai baik. Kearifan lokal suku Sasak yang termuat dalam cerpen siswa pada siklus I dan II yaitu saling jot/saling perasaq, saling sapaq, dan saling peliwat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerita pendek bermuatan kearifan lokal suku Sasak pada siswa kelas XI MA Raudlatuttholibin NW Paokmotong mengalami peningkatan.
Abstract: This research aims to improve the ability to write short stories containing local wisdom of the Sasak Tribe using short films as a medium for class XI MA Raudlatuttholibin NW Paok cut students. This research is classroom action research which lasted for two cycles. Each cycle consists of four stages, namely the planning stage, implementation stage, observation and evaluation stage, and reflection stage. The subjects in this research were class XI students at MA Raudlatuttholibin NW Paok cut. Data collection was carried out by interviews, observation and documentation. The difference between cycle I and cycle II lies in the facilities and infrastructure as well as the learning steps. The learning steps carried out in cycle I were not optimal and were optimized in cycle II.The final results of the ability to write short stories in cycle I, 16.5% of students got a very good score, 18.5% got a good score, 62.5% got a fair score, and 12.5% got a poor score. In cycle II there was a significant increase, namely 73% of students got very good grades and 27% got good grades. The local wisdom of the Sasak tribe contained in the students' short stories in cycle I and II is mutual jot/mutual affection, greeting each other, and passing each other. Based on the results of this research, it can be concluded that the ability to write short stories containing local wisdom of the Sasak tribe in class.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Fitri dkk. (2023). “ Pembelajaran Teks Cerpen Menggunakan Media Animasi Berbasis Think Talk Write” dalam Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 6 hal 63-68.
Arifuddin, Asri Dewi dan Azis. (2021). “Pengaruh Media Film Pendek Teradap Kemampuan Menulis Cerpen” dalam Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hal 83-87. https://ojs.unm.ac.id/indonesia
Ayutiani, Novindina. (2022). “ Evekktifitas Pemanfaatan Blog Wordpress Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Bengkulu. Skripsi S1. Bengkulu : Program Studi Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Begeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Barus, Irawati. (2018). “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Film Pendek” dalam Journal of Eduucation Action Reseacrh Vol.2hal.142-148 https://ejournal.undiksha.ac.id/indexphp/JEAR/index
Cantona, Picko Kris. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Film Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kaliwadir, Skripsi. Tulungagung : Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Desantoro, Vicky Prastyo Eko dkk. (2023). “ Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berbantuan Media Film Pendek pada Siswa Kelas XI APHP 2 SMKN 1 Plosoklaten” dalam Metafora Vol. 10 hal 117-125.
Fatmawati, Evi dan Rina Rosdiana. (2017). “Penggunaan Film Pendek Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI” dalam Pedagogia, Vol. 9 hal. 513-521.
Efendy, R. R., Zain, dkk. (2020). Pengaruh Film Pendek Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA NEGERI PANGSID (Issue I)
Haryani, Darwanti Dwi. (2018). “ Pembelajaran Menulis Cerpen Dengan Pemanfaatan Media Video Lukisan Pasir Melalui Teknik Transformasi” dalam Stillstika Vol.4 hal 13-22.
Hardianti, Siti (2018), “Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMI Darul Hikmah Makassar” Skripsi S1. Makassar :Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hudhana,Winda Dwi (2019). “Pengembangan Media Video Scribe dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa SMA” dalam Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol.9hal32-34. https://doi.org/10.22437/penav9i1.6839
Jus‟amma, And (2020). “Pengaruh Media Gambar terhadap Menulis Cerpen Melalui Medtode Picture and Picture Kelas IX SMP Negeri 1 Sajoanging”. Skripsi S1. Makassar: Universitas Muhammadiyah
Listiantin, Merry. (2018). “Hubungan Media Video Animasi Terhadap Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Indralaya Selatan” dalam Dialetologi Vol. 3 hal. 137-144
Rimawan, Indah dkk. 2022. Cara Mudah Menulis Cerpen: Bahan Ajar untuk Tingkat SMA Pelajaran Bahasa Indonesia, Bogor :Guepedia
DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v10i2.31066
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.