Pengaruh Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Minat Baca pada Kelompok B TK Three In One Pringgasela Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media kartu huruf untuk meningkatkan minat baca anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Menggunakan teknik nonequivalent Control group design. Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Adapun indikator dalam penelitian ini berupa: mengenal simbol bahasa (huruf) vokal dan konsonan dan membaca kata berpola. Dari indikator tersebut kemudian disusun menjadi sejumlah pertanyaan (tes) sehingga diperoleh data kuantitatif. Hasil uji validitas data menunjukkan bahwa 7 item instrument dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Paired Sample T-test. Hasil responden terhadap variabel minat baca menunjukkan adanya perbedaan atau pengaruh antara minat baca dengan media kartu huruf, yang dibuktikan dengan hasil analisis Paired Sample T-test. Dimana diperoleh nilai signifikansi untuk kelompok eksperimen sebesar 0,000 atau dengan kata lain p<0,05. Ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan bahasa dari segi minat baca jika guru mampu bekerja sama dengan orang tua untuk menerapkan media ini dengan baik dan sesuai petunjuk penggunaan.
Abstract: This study was conducted with the aim of knowing how much influence the latter card media had to increase reading interest in group B Three In One Kindergarteen Pringgasela. The research method used is quantitative research. Using a noneaquivalent control group design technique. this research subjects were children in group B2, totaliing 12 students. The data collection method used in observation and documentation. The indicators in this study are: recognizing language symbols (latter) vowels and consonants and reading patterned words. These indicators are then complied into a number of questions (test) to obtain quantitative data. The results of the data validity test showed that 7 instrument items were declared valid and reliable. Respondents’ result on the variable of reading interest and letter card media as evidenced by the result of the paired sampel T-Test analysis. Where the significance value for the experimental group 0.000 or in other words p<0,05. This shows has accepted and has rejected. So, it can be conclude that latter card media can increase reading interest, if the teacher is able to work together with parents to apply this media properly and according to the instructions for use.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Pito. 2012. Pengaruh Metode Permainan Edukatif Dalam pembelajaran PAI Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD INKUSI AHSANU AMAL. Skipsi kuantitatif: Yogyakarta.
Anita Yus, 2011, Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak- Kanak, Jakarta: Kencana.
Sori dan Sofyan. 2006. Kesalehan Anak Terdidik Menurut Al Quran dan Hadits. Yogyakarta: Fajar Pustaka. Hal. 15.
Suharsimi, Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Sudrajat. 2008. Pengertian, Pendekatan, Strategi, Metode dan Teknik Pembelajaran. Bandung : Refika.
Suparno,Paul. 2012. Teori Perkembangan Kogititf Jean Piaget. Yogyakarta : Kanisius.
DOI: https://doi.org/10.31764/telaah.v6i2.6193
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN (Online) 2620-6226 | ISSN (Print) 2477-2429
Email: [email protected]
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.