Membangun Kesadaran Etika dan Moral Melalui Sosialisasi Anty Bullying di SDN Serewa Lombok Tengah

Nurin Rochayati, Siti Sanisah

Abstract


Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk pengabdian siswa kepada masyarakat, yang memberikan kesempatan untuk menangani masalah sosial, termasuk bullying di Sekolah Dasar (SDN Serewa). Bullying merupakan masalah serius yang berdampak negatif bagi korban, pelaku, dan saksi, menghambat perkembangan psikologis, sosial, dan akademis anak-anak. Program sosialisasi anti-bullying di Desa serewe bertujuan untuk mengedukasi anak-anak SDN serewa tentang definisi, bentuk, dan dampak bullying, serta pentingnya menghargai orang lain agar tidak ada lagi kata menyakiti dan mencaci maki atas perilaku teman dalam lingkungan sekolah atau lingkungan masyrakat. Melalui ceramah, permainan interaktif, dan simulasi serta melihat video tentang Bullying, yang disesuaikan dengan usia anak-anak, serta keterlibatan guru dan orang tua, program ini diharapkan menciptakan perubahan positif dalam kesadaran dan etika moral perilaku siswa SDN serewa. Hasilnya diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman dan bebas dari intimidasi, serta menjadi model untuk program serupa di sekolah-sekolah dasar lainnya jadilah temanku dan stop bullying.


Keywords


Kesadaran etika; Moral; Sosialisasi; anti Bullying

Full Text:

PDF

References


Asnawi, M. H. (2019). Pengaruh Perundungan Terhadap Perilaku Mahasiswa. Jurnal Sinestesia, 9(1), 33–39.

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di sekolah: Pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulanginya. Pedagogia, 17(1), 55–66.

Febrianti, R., Syaputra, Y. D., & Oktara, T. W. (2024). Dinamika bullying di sekolah: Faktor dan dampak. Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(1), 9–24.

Harmiasih, S., Kumari, R., & Watini, S. (2023). Dampak Bullying terhadap Sosial Emosional Anak. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8703–8708.

Maemunah, M., & Sakban, A. (2023). Dampak Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 11(2), 26–32.

Mahira, A., & Yuliana, N. (2023). Hubungan fenomena verbal bullying dengan komunikasi interpersonal di lingkup pelajar. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5).

Nasution, A. S., Batubara, J., & Deliani, N. (2025). PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DARUL HIKMAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL KOTA PADANG PANJANG. Jurnal Ilmu Pengetahuan Naratif, 6(1).

Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis dampak bullying terhadap psikologi siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1245–1251.

Rena, S., Marfita, R., & Padilah, S. (2021). Implementasi kebijakan anti-bullying di sekolah (Studi kasus MTs Madinatunnajah Ciputat). TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 5(1), 78–88.

Sukmawati, I., Fenyara, A. H., Fadhilah, A. F., & Herbawani, C. K. (2021). Dampak bullying pada anak dan remaja terhadap kesehatan mental. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat 2023, 2(1), 126–144.

Visty, S. A. (2021). Dampak bullying terhadap perilaku remaja masa kini. Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 2(1), 50–58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nurin Rochayati, Siti Sanisah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

Tambora Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN XXXX-XXXX
Email: [email protected] | [email protected]

________________________________________________________________

Tambora Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat already indexing:

   

________________________________________________________________ 

Tambora Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat OFFICE: