MENUMBUHKAN KESADARAN LINGKUNGAN DI KALANGAN SISWA SMP NEGERI 3 LINGSAR MELALUI PROGRAM PENANAMAN POHON BERSAMA GURU
Abstract
Astrak: Permasalahan lingkungan yang semakin kompleks menuntut keterlibatan seluruh elemen masyarakat, termasuk institusi pendidikan. Penanaman nilai kepedulian terhadap lingkungan perlu dilakukan sejak dini melalui pendekatan edukatif yang menyentuh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan siswa SMP Negeri 3 Lingsar melalui program penanaman pohon yang melibatkan guru sebagai fasilitator dan teladan dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan edukatif-partisipatif, di mana siswa dan guru terlibat aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan, mulai dari tahap koordinasi, edukasi, pelatihan teknis, aksi penanaman, hingga refleksi dan pemeliharaan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa menunjukkan partisipasi tinggi dan mulai memahami pentingnya menjaga lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan ibadah sosial. Selain itu, nilai-nilai karakter seperti gotong royong, tanggung jawab, integritas, kemandirian, dan cinta alam terlihat terinternalisasi dalam proses kegiatan. Guru berperan penting dalam memberikan motivasi dan keteladanan bagi siswa. Program ini juga memperkuat hubungan sosial antara guru dan siswa dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan dan kontekstual. Kegiatan ini memiliki potensi besar untuk direplikasi dan dikembangkan lebih lanjut sebagai model pendidikan lingkungan berbasis pengalaman yang berkelanjutan di sekolah-sekolah lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiah, R., & Anggraini, S. S. (2023). The influence of the adiwiyata program on students’ environmental care attitudes at school. Sekumpul: Journal of Multidisciplinary Education Sciences, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.62568/jomes.v1i1.36
Ayotte-Beaudet, J.-P., Hasni, A., Vinuesa, V., Rodrigue-Poulin, É., Quintela Do Carmo, G., Beaudry, M.-C., L’Heureux, K., & Paquette, A. (2025). Impact of outdoor place-based learning on elementary school students’ ability to make unsolicited observations about living organisms over time. Journal of Biological Education, 59(2), 321–339. https://doi.org/10.1080/00219266.2024.2332741
Boeve-de Pauw, J., & Van Petegem, P. (2018). Eco-school evaluation beyond labels: the impact of environmental policy, didactics and nature at school on student outcomes. Environmental Education Research, 24(9), 1250–1267. https://doi.org/10.1080/13504622.2017.1307327
Fone, D. L., & Dunstan, F. (2006). Mental health, places and people: A multilevel analysis of economic inactivity and social deprivation. Health & Place, 12(3), 332–344. https://doi.org/10.1016/j.healthplace.2005.02.002
Gorospe, J. R. C. (2024). Attitudes, Challenges, and Practices in Integrating Environmental Education in the Curriculum. AIDE Interdisciplinary Research Journal, 9, 113–122. https://doi.org/10.56648/aide-irj.v9i1.138
Howell, R. A. (2021). Engaging students in education for sustainable development: The benefits of active learning, reflective practices and flipped classroom pedagogies. Journal of Cleaner Production, 325, 129318. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.129318
Iswari, R. D., & Utomo, S. W. (2017). Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 35. https://doi.org/10.14710/jil.15.1.35-41
Kalungwizi, V. J., Gjøtterud, S. M., Krogh, E., Mattee, A., & Ahmad, A. K. (2018). Participative planning of environmental education activities: experiences from tree planting project at a teacher training college in Tanzania. Educational Action Research, 26(3), 403–419. https://doi.org/10.1080/09650792.2017.1342680
Kayombo, J. J., Iftekhar, S. N., & Mashaza, L. G. (2025). Integrating Environmental Education for Sustainability. Nordic Journal of Comparative and International Education (NJCIE), 9(2). https://doi.org/10.7577/njcie.6033
Nicholson, T. (1992). The primary prevention of illicit drug problems: An argument for decriminalization and legalization. The Journal of Primary Prevention, 12(4), 275–288. https://doi.org/10.1007/BF01325175
Rista Anggraini, Sugeng Utaya, & I Nyoman Ruja. (2024). Adiwiyata as an Effective Environmental Education Program: How to Create and Maintain It? Jurnal Komunikasi Pendidikan, 8(2), 170–183. https://doi.org/10.32585/jurnalkomdik.v8i2.5440
Tompodung, T. C. G., Rushayati, S. B., & Aidi, M. N. (2018). Efektivitas Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Warga Sekolah Di Kota Depok. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(2), 170–177. https://doi.org/10.29244/jpsl.8.2.170-177
Weissenfels, H. (1991). Beginning Teacher Internship Programs: What Are the Basics? NASSP Bulletin, 75(533), 96–101. https://doi.org/10.1177/019263659107553316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Saiful Anhar Anhar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
Tambora Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN XXXX-XXXX
Email: [email protected] | [email protected]
________________________________________________________________
Tambora Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat already indexing:
________________________________________________________________
Tambora Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat OFFICE: