Upaya Peningkatan Pemasaran Umkm Pakaian Adat Di Desa Becirongengor, Wonoayu Sidoarjo Berbasis Pemasaran Digital

Esti Rizkiana Pratiwi, Mawar Diah Pitaloka, Rosa Nur Khofifah, Restu Vivy Nurlia, Dewi Susanti, Aldinanda Rizaldyaji

Abstract


Salah satu strategi dalam pemasaran saat ini melalui pemasaran digital. Pemasaran digital adalah strategi marketing yang efektif dan relevan dilakukan karena dapat memberikan informasi usaha dan menjangkau pelanggan dalam skala besar. Pengabdian ini bertujuan memberikan pemahaman tentang pemasaran digital, pelatihan tentang pengelolaan keuangan dan peningkatan pemasaran UMKM Pakaian adat di Desa Becirongengor, Wonoayu Sidoarjo melalui pemasaran digital. Bentuk pengabdian adalah penelitian deskriptif, dengan tahapan berupa observasi, wawancara, pelaksanaan kegiatan, evaluasi / monitoring dan dokumentasi. Hasil pengabdian masyarakat yaitu lokasi usaha UMKM telah tervalidasi secara digital pada Google Maps, pelaku usaha telah menerapkan sistem manajemen keuangan melalui pembukuan sederhana. Produk pakaian adat sudah memiliki logo dan telah dipasarkan secara digital melalui media sosial Instagram. Berdasarkan upaya pengabdian masyarakat yang dilakukan, diharapkan UMKM Pakaian adat dapat meningkatkan produksi pakaian adat dan memperoleh pelanggan yang lebih luas. 

Keywords


Pakaian Adat, Pengabdian masyarakat, Pemasaran digital, UMKM

Full Text:

PDF

References


Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang). Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22.

Herawati, A., Sarwani, S., Lisyawati, L., Kamariyah, S., & Widiarto, D. S. (2023). Strengthening spice coffee SMEs based on digital marketing for sustainable business improvement. 8(May), 336–346.

Pandiangan, S. M. T., Octiva, C.S., Yusuf, M., S., & Sesario, R. (2022). the Role of Digital Marketing in Increasing Sales Turnover for Micro, Small, and Medium Enterprises. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(12), 2601–2605.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Sopanah, Chairul anam, N. P. (2021). Peran Penting Pelatihan Digital Marketing Dan. Ciastech, 939–944.

Telagawathi, N. L. W. S., Suci, N. M., & Heryanda, K. K. (2021). Implikasi Kewirausahaan Terhadap Digitalisasi Ekonomi dan Ekonomi Kemanusiaan UMKM Kerajinan Tenun di Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 228–240. https://media.neliti.com/media/publications/349515-implikasi-kewirausahaan-terhadap-digital-36141af3.pdf

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.

Wardiningsih, R., Wahyuningsih, B. Y., & Sugianto, R. (2020). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Kecil (Mikro) Di Dusun Bore Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Lombok Tengah. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 163–172. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Wastutiningsih, S. P., & Dewi, T. P. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Era Revolusi Industri 4.0. Suluh Pembangunan : Journal of Extension and Development, 1(2), 90–96. https://doi.org/10.23960/jsp.v1i2.20

Wijaya, S., Dwi, Y., Afifah, N., Permana, O., & Muzzaky, M. A. (2023). Legalitas dan Digitalisasi UMKM Blangkon Pacul Gowang dan Pakaian Adat di Desa Sawocangkring Sidoarjo untuk Mendukung SDGs. 02(02), 100–112.




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.19994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Esti Rizkiana Pratiwi, Mawar Diah Pitaloka, Rosa Vivy Nurlia, Restu Vivy Nurlia, Dewi Susanti, Aldinanda Rizaldyaji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: