Pembinaan Menulis Puisi Siswa SMP Negeri 8 Kota Serang

Saskia Amanda, Iin Nuryati, Bagus Awan Prayogo, Ade Anggraini Kartika Devi, Herwan Herwan, Eka Yatni

Abstract


Kegiatan menulis puisi memiliki tujuan agar memberikan pembinaan dan pelatihan dalam sebuah bidang kepenulisan karya sastra bagi para siswa SMP. Pembinaan ini berupaya untuk menghasilkan kemampuan literasi yang kreatif dan unik pada siswa, khususnya melalui keterampilan menulis. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai cara untuk mendekatkan sekolah dan siswa dengan karya sastra. Metode pelaksanaan ini dilakukan dengan cara memberikan pembimbingan. Puisi yang mereka buat bervariasi, baik dalam bentuk tifografi, tema, dan isinya. Para siswa terlihat semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dengan adanya kegiatan pembinaan penulisan karya sastra di sekolah dapat membantu siswa dan pihak sekolah lebih mengenali literasi sastra, terutama dalam hal bidang kepenulisan karya sastra.


Keywords


Karya Sastra, Keterampilan Menulis Puisi, Puisi

Full Text:

PDF

References


Damayanti, D. (2013). Sastra Indonesia. Yogyakarta: Aksara.

Febriana, A., Sutansi, S., & Mudiono, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL). Wahana Sekolah Dasar, 26(2), 36–42. https://doi.org/10.17977/um035v26i22018p036

Jabrohim. (2014). Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kertayasa, I. W., Suandi, I. N., & Utama, I. D. G. B. (2019). Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas X MIA 3 SMA N 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2), 248–259. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20618

Laeli, A. N., Wagiran, W., & Suseno, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam Menggunakan Metode Partisipatori dengan Media Gambar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Nafidatus, Y., & Saikhulloh, S. (2022). Nilai-Nilai Moral dalam Kumpulan Puisi “Senja Di Batas Kata” Karya Dimas Arika Miharja. Sabda: Jurnal Sastra dan Bahasa, 1(1), 20–28.

Tarigan, H. G. (1994). Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan dalam Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.20270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Saskia Amanda, Iin Nuryati, Bagus Awan Prayogo, Ade Anggraini Kartika Devi, Herwan Herwan, Eka Yatni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: