Pendampingan Anak Sungai Nyalo Belajar Bahasa Inggris Dalam Mendukung Desa Wisata Melalui Media Flashcards

Rini Afriani, Endang Sepdanius, Siti Fatimah, Evelynd Evelynd

Abstract


Sungai Nyalo adalah salah satu tujuan wisata populer di Sumatera Barat. Dalam upaya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat mendukung kegiatan pariwisata di masa mendatang, diperlukan pendampingan untuk mempersiapkan generasi penerus desa wisata sejak dini. Salah satu aspek pentingnya adalah kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Agar bahasa Inggris dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, perlu diperkenalkan sejak dini dengan menekankan keanekaragaman lingkungan di Nagari Sungai Nyalo. Metode yang digunakan melibatkan: 1) mendampingi anak-anak Nagari Sungai Nyalo dalam belajar bahasa Inggris dengan tujuan mempersiapkan generasi penerus Nagari Sungai Nyalo yang mahir menggunakan bahasa Inggris, dengan memanfaatkan media Flashcard. 2) Membentuk kelompok belajar bahasa Inggris yang ditujukan untuk anak-anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Hasil dari kegiatan ini mencakup dua kegiatan utama. Pertama, menentukan anak-anak Nagari yang akan mendapatkan pendampingan belajar bahasa Inggris dengan membangun hubungan yang erat antara anak-anak dan lingkungannya, sesuai dengan usia dan ketertarikan mereka. Kedua, membentuk kelompok belajar bahasa Inggris dengan mengidentifikasi kebutuhan anak-anak Nagari Sungai Nyalo dalam meningkatkan empat keterampilan berbahasa Inggris, yakni mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Implikasi dari kegiatan ini adalah agar anak-anak Sungai Nyalo terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


Pendampingan, Bahasa Inggris, desa wisata, media flashcard

Full Text:

PDF

References


Afriani, R., Megista, D., & Alhusna, A. (2021). Tips Cepat Membaca Operasi Hitung Dan Berbagai Macam Angka Dalam Bahasa Inggris. Transformasi : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 92. https://doi.org/10.31764/transformasi.v1i2.5468

Afriani, R., & Silvia, E. D. (2020). Lecturers’ Perception on English Ability in Supporting the Quality of Teaching. 463, 316–319. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200819.064

Condon, E. M., Dettmer, A. M., D, G., Ch, B., Lee, K. S., Mayes, L. C., Cs, S., & Tseng, W.-C. (2020). COVID-19 Exposes Enduring Inequalities for Children &Amp;amp; Families. https://doi.org/10.31234/osf.io/28vsj

Crendy, T. Y. T., Luqman, S., Farah, U. S., & Eunice, D. (2021). Refugees Life in Malaysia: A Review Paper. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (Mjssh). https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i9.1013

Istiqomah, I., & Nazif, A. (2019). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di Madrasah Ibtidaiyah Al Khairiyah Banjarbaru. DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 127–139. https://doi.org/10.47732/darris.v2i2.131

Maili, S. N., & Hestiningsih, W. (2017). Masalah-Masalah Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 11(1), 54–62. https://doi.org/10.26877/mpp.v11i1.2607

Mukminatun, S. (2010). Teknik Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak. Rev Reprod. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132299489/pengabdian/teknik-pengajaran-bahasa-inggris-untuk-anak.pdf

Nasution, A., & Rahim, R. (2022). The Development of Flashcard Media to Improve Students’ English Vocabulary in English Lessons at MIS Nurul Hidayah Medan. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran). https://doi.org/10.22219/jinop.v8i2.22521

Purwantiningsih, B., Sunan, U., & Surabaya, G. (2021). Pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggris di kampoeng sinaoe siwalayanpanji buduran sidoarjo. 17, 108–120.

Sepdanius, E., Komaini, A., & Dan Afriani, R. (2018). Standarization of experiential learning facilitator in West Sumatera. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 294–305. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.19745

Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Sutono, S., & Rustandi, D. (2022). Metode Pieces Dalam Perancangan Game Edukasi Belajar Mudah Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 10(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v10i3.2673

Yamin, M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 82–97.




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.20371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Endang Sepdanius

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: