Edukasi Microsite Interaktif S.ID Dalam Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Minat Siswa Memproduksi Teks Biografi
Abstract
Artikel ini menjabarkan program pengabdian yang bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan gambaran tentang penggunaan microsite atau aplikasi interaktif S.ID bermuatan profil pelajar Pancasila dalam LKPD Teks Biografi bagi pendidik dan peserta didik di SMA Kota Cimahi. Hal ini dilatarbelakangi oleh salah satu permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam teks biografi yang membutuhkan inovasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan minat memproduksi konten dan menyelesaikan soal LKPD melalui cara yang inovatif agar pendidik dan peserta didik dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode pendidikan dan pelatihan. Panduan serta pedoman penggunaan microsite dan aplikasi serta cara membelajarkan yang diberikan pada pelatihan ini diharapkan mampu memberikan rujukan untuk pendidik dan peserta didik dalam menghadirkan pembelajaran yang menarik dan inovatif berlandaskan nilai-nilai profil pelajar Pancasila dengan tools interaktif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariani, D., & Meutawati, I. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KALOR DI SMP. Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 5(1), 13–19. https://doi.org/10.22373/P-JPFT.V1I1.6477
Entreprise, J. (2012). Trik Membuat Landing Page Tanpa Pemrograman. Dalam Jubilee Enterprise. Elexmedia Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=ptpMDwAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&printsec=frontcover&pg=PA82&dq=Trik+Membuat+Landing+Page+Tanpa+Pemrograman&hl=id&redir_esc=y#v=onepage&q=Trik%20Membuat%20Landing%20Page%20Tanpa%20Pemrograman&f=false
Handayani, S., Ghofur, A., & Fadhilah, D. N. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Dalam Pengabdian Dan Pendampingan Pemasaran Produk Hasil Homemade Dengan Media Sosial Di Desa Deketagung Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 299–304. https://doi.org/10.22437/JKAM.V4I2.10540
Kemendikbud. (2023). Pengertian dan Penerapan Profil Pelajar Pancasila – Merdeka Mengajar. Kemendikbud RI. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/14145044257945-Pengertian-dan-Penerapan-Profil-Pelajar-Pancasila
Kosasih, E. (2019). 22 Jenis Teks & Strategi Pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Dalam 22 Jenis Teks & Strategi Pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Yrama Widya.
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I4.3139
Lase, N., & Minda, N. Z. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3. ejurnal.universitaskarimun.ac.idNK Lase, N ZaiJurnal Minda, 2022•ejurnal.universitaskarimun.ac.id. https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/462
Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Oktiningrum1, W., & Zuhroh2, L. (2023). UPAYA MENGEMBANGKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAGI SISWA SD NEGERI 1 DILEM KEPANJEN. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.36636/EDUABDIMAS.V2I1.2114
Pawestri, E., Zulfiati, H. M., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MENGAKOMODASI KEBERAGAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH DANUNEGARAN. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3). https://doi.org/10.30738/TRIHAYU.V6I3.8151
Prasetyo, B. D. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pendekatan tradisional hingga era media baru. UB Press. //sip.unper.ac.id/index.php?p=show_detail&id=4893&keywords=
Prastowo, A. (2013). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif : Menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Diva Press.
Rizqiyah, A. M., & Arsanti, M. (2022). Implementasi Aplikasi Quizizz sebagai Inovasi Evaluasi Pembelajaran Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 764–769. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1419
Rodenayana, E., Worowirastri Ekowati, D., Pudji Astutik, P., FKIP Universitas Muhammadyah Malang, P., & Purwantoro, S. (2023). MENINGKATKAN PRESTASI PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MEDIA MICROSITE DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 703–711. https://doi.org/10.23969/JP.V8I1.7622
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3274
Sudjana, D. (2004). Manajemen Program Pendidikan : untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Falah Production.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). INTERNALISASI NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBANTUAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR. Jurnal Teknodik, 155–167. https://doi.org/10.32550/TEKNODIK.V25I2.897
Wahyono, T. (2010). Membuat sendiri aplikasi dengan memanfaatkan barcode. Elexmedia Komputindo.
Wowiling, W. I., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2021). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Batik Nusantara. Jurnal Teknik Informatika, 16(4), 507–516. https://doi.org/10.35793/JTI.16.4.2021.34248
DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v4i2.23931
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Iis Siti Salamah Azzahra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This publication is indexed by: