Pendampingan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Tk Se-Luwu Raya

Fatmaridah Sabani, Rifa’ah Mahmudah Bulu, Pertiwi Kamariah Hasis, Munir Yusuf, Eka Poppy Hutami

Abstract


Tuntutan akan penguasaan teknologi dalam proses pembelajaran oleh guru TK saat ini menjadi latarbelakang kegiatan pendampingan literasi digital guru TK se-Luwu Raya ini dilaksanakan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Palopo Palopo kepada 30 guru. Tujuan kegiatan ini adalah agar dapat meningkatkan pemahaman guru-guru PAUD dalam literasi digital selain itu guru-guru mampu dengan baik menggunakan teknologi digital dalam proses pendidikan di sekolah. Metode kegiatan dalam pengabdian ini adalah pendampingan. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan individu dalam bidang yang spesifik. Hasil pendampingan kepada 30 peserta yang mengikuti kegiatan ini diperoleh 90 % responden menyatakan puas dengan pendampingan literasi digital yang telah dibuat. Serta diharapkan dukungan teknis dan panduan untuk memanfaatkan sumber daya harus tersedia. Selain itu, menciptakan lingkungan kolaboratif di mana para guru dapat berbagi praktik terbaik, ide-ide inovatif, dan belajar dari satu sama lain dapat menumbuhkan budaya pembelajaran dan pengembangan yang berkelanjutan.


Keywords


literasi digital, guru, taman kanak-kanak

Full Text:

PDF

References


Boinett, F. J., Oranga, J., & Obuba, E. (2022). Benefits of Artificial Intelligence (ChatGPT) in Education and learning : is Chat GPT Helpful. International Review of Practical Innovation, Technology and Green Energy (IRPITAGE), 10(04), 348–359. https://doi.org/10.4236/jss.2022.104026

Ermy Dikta Sumanik, Axelon Samuel Renyaan, & Andrijanni. (2022). Penguatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru-Guru TK. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(3), 307–312. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i3.643

Galindo-Domínguez, H., & Bezanilla, M. J. (2021). Digital competence in the training of pre-service teachers: Perceptions of students in the degrees of early childhood education and primary education. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 37(4), 262–278. https://doi.org/10.1080/21532974.2021.1934757

Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019). Improving 21st-century teaching skills: The key to effective 21st-century learners. Research in Comparative and International Education, 14(1), 99–117. https://doi.org/10.1177/1745499919829214

Kuntarto, H. B., & Prakash, A. (2020). Digital Literacy Among Children in Elementary Schools. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(2), 157–170. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i2.92

Kustandi, C., & Ibrahim, N. (2021). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Elektronik bagi Guru di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Literasi Digital. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5, 415–422. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/16233%0Ahttps://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/download/16233/12285

Munawar, M., Fakhruddin, F., Rodiyah, R., & Prihatin, T. (2021). Digital literacy curriculum management in kindergarten. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(5), 2115–2136. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i5.6226

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Portillo, J., Garay, U., Tejada, E., & Bilbao, N. (2020). Self-perception of the digital competence of educators during the covid-19 pandemic: A cross-analysis of different educational stages. Sustainability (Switzerland), 12(23), 1–13. https://doi.org/10.3390/su122310128

Rodríguez, M. U., Cantabrana, J. L. L., & Cervera, M. G. (2021). Validation of a tool for self-evaluating teacher digital competence. Educacion XX1, 24(1), 353–373. https://doi.org/10.5944/educXX1.27080

Shidiq, M. (2023). The Use Of Artificial Intelligence-Based Chat-Gpt And Its Challenges For The World Of Education; From The Viewpoint Of The Development Of Creative Writing SkillS. First International Conference on Education, Society and Humanity.

Sumarno, W. K., Furqon, H., Shodikin, A., & Imro, N. (2023). Strengthening Teachers’ Digital Literacy through Interactive Video Making Training using the Kinemaster Application. 2023, 170–176. https://doi.org/10.11594/nstp.2023.3328

Taufik, T., Putra, A., Imansyah, M. N., Nurdianah, N., & Iwansyah, I. (2023). Literasi Digital untuk Guru Sekolah Dasar di Wilayah Pesisir Kabupaten Dompu. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(5), 543. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.19584

Wahyuni, A., Hidayati, D. W., Kurniati, L., Kusumawati, R., & Wulandari, D. (2024). Penguatan Kompetensi Guru dalam Literasi Digital di SDS IT Az-Zahra Demak. 4, 110–117. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali

Yang, W., Huang, R., & Su, Y. (2022). Coaching early childhood teachers : A Systematic review of its effects on teacher instruction and child development. Review of Education, 10. https://bera-journals.onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/10.1002/rev3.3343




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v4i2.24289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rifa'ah Mahmudah Bulu'

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: