Instagram Social Media Optimization (SMO): Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Promosi Desa Wisata D' Embung, Desa Pandanmulyo Kecamatan Tajinan

Novia Ratnasari, Afriandi Setiawan, Amalia Agung Septarina, Anisa Hudi Widaningrum, Muhammad Rizal Akbar Zamzami, Zurriat Nyndia Rahmawati, Bella Cornelia Tjiptady, Mojibur Rohman

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di Desa Pandanmulyo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Desa wisata Pandanmulyo memiliki taman wisata yang dikelola oleh warga dan segenap perangkat desa yang dikenal dengan Taman edukasi D'Embung Park Pandanmulyo (D’Embung Park). Dalam proses memperkenalkan D’Embung Park, pihak Desa telah memanfaatkan sosial media Instagram, namun masih terdapat banyak kendala antara lain: a). Kurangnya pengikut; b). Jumlah konten yang sedikit; c). Time publish; d). Out of date; dan d). Engagment yang kurang. Kegiatan pengabdian masyarakat pada program Fakultas Semarak Mengabdi (FSM) Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Dengan adanya  sosialisasi optimalisasi mengenai SMM (Social Media Marketing) dan SMO (Social Media Optimization) diharapkan  dapat menarik minat serta kunjungan baru dari warga lokal maupun luar Malang raya di Desa Wisata D’Embung. Program kegiatan FSM ini, diharapkan akan diadakan secara berkelanjutan dengan bekerjasama dengan Desa Mitra LPPM UNIRA Malang agar dapat memberikan sumbangsih berupa inovasi terbarukan.


Keywords


Desa Pandanmulyo, Desa Wisata, Sosial Media

Full Text:

PDF

References


Alia, A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). 9, 2086–9436.

Amirotun, S. ikhah. (2016). Statistik Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA, 10(2).

Arora, A., Bansal, S., Kandpal, C., Aswani, R., & Dwivedi, Y. (2019). Measuring social media influencer index- insights from facebook, Twitter and Instagram. Journal of Retailing and Consumer Services, 49, 86–101. https://doi.org/10.1016/j.jretco nser.2019.03.012

Hana. (2020). Embung Stunting, Cikal Bakal Pariwisata di Desa Pandanmulyo, Tajinan, Malang.

Iqbal, R. M., Kurniawan, A. P., & Soegiarto, D. (2023). Pembuatan Dan Pengelolaan Konten New Media Digital Dalam Meningkatkan Citra Badan Narkotika Nasional Kota Bandung. E-Proceeding of Applied Science.

Kecamatan Tajinan. (2022). Wajah Wisata D’embung Park Tahun 2022.

Muslim, S., Akbarina, F., Khoirunisa, R., & Negeri Malang, P. (2024). Kesadaran Hukum: Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Desa Pandanmulyo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2).

Pratama, Y. B., & Suryawati, I. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Kawanbaru.Co). Jurnal Pantarei . https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/

Sansabila. (2021). Sumber Daya Lahan Desa Pandanmulyo Dukung Kegiatan Pertanian. Https://Www.Kompasiana.Com/Berlianzadwipasansabila9332/60e98b9406310e314e2411b4/Sumber-Daya-Lahan-Desa-Pandanmulyo-Mendukung-Untuk-Kegiatan-Pertanian?Page=all#section1.

Thompson, D. J. W. J. (2022). Content Production for Digital Media. Springer . https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-981-16-9686-2

Wati Evelina, L., & Fitrie Handayani, dan. (2018). Penggunaan Digital Influencer dalam Promosi Produk (Studi Kasus Akun Instagram @bylizzieparra) (Vol. 01, Issue 01).




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v4i3.28063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Novia Ratnasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: