Pelatihan Pengemasan Dan Pelabelan Produk Berbasis Potensi Lokal Bagi Masyarakat Di Duman Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat
Abstract
Pengandian yang dilakukan ini ialah bagaimana Produk Berbasis Potensi local Bagi
Masyarakat dikarena masih lemahnya kemampuan manajemen usaha dan motivasi petani gula aren di
Desa Duman dan masalah proses pemasaran yang dilakukan. Metode yang dilakuan dalam pengabdian
ini ialah pelatihan untuk kelompok masyarakat desa dengan sasaran kegiatan ini adalah para petani gula
aren Desa Duman. Hasil dari pengabdian ini Petani dapat melakukan pemanfaatan teknik pemasaran
sederhana dan operasionalisasinya di lapangan yang sesuai dengan kondisi usaha yang bersangkutan,
diharapkan setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini para petani dari Desa Duman ini dapat
memaksnimalkan usaha-usaha pemasarannya sehingga produk gula aren ini dapat dikenal lebih luas di
Lombok Barat Khususnya dan Nusa Tenggara Barat umumnya. Hasil Kegiatan pelatihan ini ialah para
Petani gula aren di Desa Duman memperoleh Pengetahuan tentang teknik pemasaran sederhana yang
tepat guna dalam melakukan kegiatannya, seperti pengemasan, pelabelan produk gula aren serta
pemasaran produk. Mengingat peserta pelatihan yang sebagian besar berasal dari tingkat pendidikan
yang kurang memadai, tentunya akan mengalami kendala untuk dapat mengaplikasikan apa saja yang
didapatkan dalam prose pelatihan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dharmmesta, B.S. & Handoko, H.(2000). Manajemcn Pemascirtm: Analisis Perilaku Konsnmen. Yogyakarta: PBFE Universitas Gadjah Mada. Ferrel, O.C, Hirt, G. & Ferrel, L.(2008). Business: A Changing World. New York: McGraw-Hill Book Company. Kotler, P.(2000), Marketing Management: Millennium Ed. London: Prentice-Hall, Inc. Richard Barrett (2003) "Vocational Business: Training, Developing and Motivating People", Business & Economics -. - Page 51. Robbins, Stephen dan Mary Coulter. (2007). Management, 8th Edition. NJ: Prentice Hall. Griffin, R. (2006). Business, 8th Edition. NJ: Prentice Hall. Stanton, W.J.(2003), Fundamentals of Marketing, McGraw-Hill Book Company.
DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v1i1.4509
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Baiq Reinelda Tri Yunarni, Lalu Hendra Maniza, Sulhan Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This publication is indexed by: