Pelatihan Pembelajaran Daring Di Era New Normal
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakt berupa pelatihan pembelajarang darin gdi era new normal di Sekolah MTS ULIL-ALBAB Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman tenaga pendidik dan tenaga kependidikan tentang pentinganya pembelajaran sistem e-learning atau metode online dengan memanfaat Tekhnologi Informasi (TI). Materi yang disampaikan adalah berupa pengenalan terhadap fitur-fitur atau aplikasi pembelajaran daring untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran secara online. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan diharapkan dapat membantu guru-guru mampu memanfaat IT dalam rangka mensukseskan pembelajaran secara online. Dan bagi pimpinan sekolah di lingkungan MTS ULIL-ALBAB untuk dapat mempercepat menyediakan infrastruktur yang memadai bagi guru dan siswa-siswi yang melaksanakan proses belajar-mengajar secara online. Sasaran dalam kegaitan pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru yang ada di Sekolah MTS ULIL-ALBAB Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima berjumlah 35 orang. Pelatihan pembelajarang daring dalam rangka peningkatan sumber daya manusia bagi guru dengan pemanfaatan aplikasi pembelajaran daring dilakukan dnegan metode ceramah dan disertai pelatihan mendemonstrasikan cara penggunaan aplikasi pembejaran daring. Metode ceramah digunakan untuk menjelaskan cara kerja aplikasi dan manfaatnya. Sementara metode pelatihan untuk memberikan kesempatan kepada peserta langsung mempraktekan aplikasi tersebut untuk pembelajaran daring. Ketersedian tenaga profesional dalam pelatihan, antusiasme peserta, dukungan kepala sekolah MTS ULIL-ALBAB terhadap pelaksanaan kegaiatan dan dukungan dana dari STIA Mataram, merupakan keberhasilan pengabdian kepadamasyarakat ini. Adapun kendala yang dihadapi adalah belum adanya pengetahuan awal para peserta tentang aplikasi pembelajaran daring, keterbatasan waktu dan letak geografis yang jauh sehingga sinyal internet yang lelet. Manfaat yang diperoleh peserta dari kegiatan pengabdian masyarakat ini diantara yaitu (1). Peserta sudah mampu cara tahu fitur-fitur atau aplikasi untuk pembelajaran daring. (2). Peserta sudah mampu memanfaatkan aplikasi pembelajaran daring untuk proses belajar-mengajar secara online yang efektif dan menyenangkan. (3). Peserta sudah bisa membuat kelas online di google cllassroom untuk proses belajar-mengajara selama pandemi covid-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, Fatma A. W. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 (1), April 2020. 55-61
Kurniati, Nia, Rifaid, Jumaah Hidayatul S & AS, Susanti Mey. 2020. Edukasi Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Masa Tatanan Baru (New Normal) Di Ruang Terbuka Hijau Pagutan Kota Mataram. E-Amal, Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 1 (1), Januari 2021. 13-20
Nuryatin, Sri. 2020. Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learning Untuk Menghadapi Era New Normal. Program Studi Pendidikan IPS, FKIP Universitas Lambung Mangkrut
Syaharuddin, S. 2020. Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional Ke Daring. Program Studi Pendidikan IPS FKIP, Universitas Lambung Mangkrut.
Safaratin, Nanda, Rahma, Fatimah & Sharfina. 2020. Pelatihan Inovasi Pembelajaran Daring Menghadapi Masa Pandemic Covid-19. Communnity Development Journal. Volume 1 (3), November 2020. 240-245.
Sa’adah, Nihayatus. 2020. Pembelajaran Daring Yang Interaktif Di Era New Normal. Jurnal Abidumasy. Volume 1 (2), Oktober 2020. 36-40.
DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v1i2.5469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rifaid Rifaid, Nia Kurniati, Siti Hidayatul Jumaah, Mey Susanti, Iskandar Iskandar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This publication is indexed by: