Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan PKn

Roy Setiadi, Aprilia Aprilia, Maemunah Maemunah, Sri Nirwana

Abstract


Masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah masalah lemahnya kualitas proses pembelajaran, dalam proses pembelajaran anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Labuapi melalui penerapan belajar Problem Based Learning dalam proses pembelajaran Pendidikan PKn. Jenis penelitian tergolong penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan rancangan terdiri dari tahap perencanaan Tindakan, pelaksanaan Tindakan, evaluasi/observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Labuapi tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, kuisioner dan wawancara. Data dianalisis menggunakan menggunakan metode deskriftif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan PKn. Hal tersebut terlihat dari rata-rata yang didapat pada siklus I sebesar 2.010 dan meningkat pada siklus II menjadi 2.291. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 74,44% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,85 %.

 

The need for higher standards in the learning process is the issue facing the world of education. Children must be encouraged to develop critical and creative thinking skills in the learning process. This study aims to increase the learning motivation of class VIII A students of SMP Negeri 2 Labuapi through the application of Problem-Based Learning in the learning process of Civics Education. This type of research is called class action research (CAR). The study was conducted in two cycles, with the design consisting of action planning, implementation, evaluation/observation, and reflection stages. The subjects of this study were class VIII A students of SMP Negeri 2 Labuapi for the 2022–2023 academic year, with a total of 23 students. The data collection techniques used are observation, questionnaires, and interviews. The data were analyzed using a quantitative descriptive method. The analysis results show that applying the Problem-based learning model can increase student motivation in Civics Education subjects. Those can be seen in the average obtained in Cycle I of 2,010, which increased in Cycle II to 2,291. Meanwhile, classical completeness in cycle I was 74.44% and increased in cycle II to 84.85%.


Keywords


Problem Based Learning; Meningkatkan; Motivasi; Belajar; PKn

Full Text:

PDF

References


A. Aisah, N. Suryani, and S. S. Fadilah, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,” in Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 2017.

L. Hayati, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN dengan Model pembelajaran Discovery Learning di SMP Negeri 1 Merapi Barat,” J. Ilm. IPS dan Hum., vol. 1, no. 1, pp. 15–22, 2023.

N. M. Winursiti, “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Reinforcement Simbolik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 di SD LAB Undiksha,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 1, no. 4, pp. 270–275, 2017.

S. Sukaptiyah, “Peningkatan hasil belajar PKN melalui model problem based learning pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Mongkrong, Wonosegoro,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 5, no. 1, pp. 114–121, 2015.

A. I. Ginting, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Negeri 101815 Sidodadi.” UNIMED, 2016.

N. Khakim, N. M. Santi, A. B. US, E. Putri, and A. Fauzi, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya,” J. Citizsh. Virtues, vol. 2, no. 2, pp. 347–358, 2022.

R. Wijayanti, “Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning,” Basic Educ., vol. 5, no. 34, pp. 3–227, 2016.

A. H. Khotimah, D. Kuswandi, and S. Sulthoni, “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 158–165, 2019.

N. Nurrohim, S. Suyoto, and T. Anjarini, “Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri,” SITTAH J. Prim. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 60–75, 2022.

H. Alimin, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Siswa SMA,” Al-Ahya, vol. 7, no. 2, pp. 89–114, 2021.

I. P. Astuti, A. Deshinta, and S. Noviani, “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran PPKN Siswa Kelas II SD Negeri 3 Bantul,” in PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2022.

M. W. Kurniawan and W. Wuryandani, “Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn,” J. Civ. Media Kaji. Kewarganegaraan, vol. 14, no. 1, pp. 10–22, 2017.

T. Mayasari, A. Kadarohman, D. Rusdiana, and I. Kaniawati, “Exploration of student’s creativity by integrating STEM knowledge into creative products,” in AIP conference proceedings, AIP Publishing, 2016.

U. Setyorini, S. E. Sukiswo, and B. Subali, “Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP,” J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 7, no. 1, 2011.

B. D. Jones, C. M. Epler, P. Mokri, L. H. Bryant, and M. C. Paretti, “The effects of a collaborative problem-based learning experience on students’ motivation in engineering capstone courses,” Interdiscip. J. Probl. Learn., vol. 7, no. 2, p. 2, 2013.

G. Gunantara, I. M. Suarjana, and P. N. Riastini, “Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 2, no. 1, 2014.

A. Muhson, “Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem-based learning,” J. Kependidikan Penelit. Inov. pembelajaran, vol. 39, no. 2, 2009.

S. Am, “Interaksi dan motivasi belajar mengajar,” Jakarta Raja Graf. Persada, 2011.

U. S. Winataputra, “Jatidiri pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana sistemik pendidikan demokrasi: Suatu kajian konseptual dalam konteks pendidikan IPS.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2001.

H. U. S. Winataputra, “Hakikat, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan di SD,” Pembelajaran Pkn Di Sd, p. 1, 2020.

A. A. G. Agung, “Metodologi penelitian pendidikan.” Aditya Media Publishing, 2014.

Sugiyono, “Metode penelitian kombinasi (mixed methods),” Bandung Alf., 2015.

D. Dewantara, “Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran ipa (studi pada siswa kelas V sdn pengambangan 6 banjarmasin),” Paradigma, vol. 11, no. 2, 2017.

E. Supriatna, “Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan hasil belajar siswa,” J. Classr. Action Res., vol. 2, no. 1, pp. 15–19, 2020.




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.15269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: