AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM TRADISI MBOLO RASA PADA SUKU MBOJO (Studi Deskriptif di Suku Mbojo, Desa Nunggi Kecamatan Wera Kabupaten Bima)

Nonik Ifana, Trisna Sukmayadi Sukmayadi

Abstract


Pancasila merupakan landasan normatif dan ideologi yang kuat dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Tradisi Mbolo Rasa Pada Suku Mbojo Di Desa Nunggi Kecamatan Wera Kabupaten Bima.penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian adalah kepala desa, tokoh masyarakat dan masyarakat. Data dikumpulkan dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ; 1) Nilai-Nilai Pancasila dalam Tradisi Mbolo Rasa adalah Nilai Ketuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai permusyawaratan, dan Nilai Keadilan; 2) Wujud Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Tradisi Mbolo Ras, menerapkan nilai-nilai ajaran agama dengan memikirkan salam pada saat pelaksanaan Tradisi mbolo, memiliki rasa empati terhadap sesama, Bersatu untuk bekerja sama dalam pelaksanaan Tradisi mbolo rasa, masyarakat melaksanakan musyawarah dalam mengambil keputusan 3) Peran pemerintah desa nunggi dalam aktualisasi nilai Pancasila pada pelaksanaan Tradisi mbolo rasa adalah memberikan sosialisasi secara langsung maupun melalui media sosial mengenai aktualisasi pancasila serta apabila ditemukan yang tidak hadir maka dalam pelaksanaan Tradisi jika sudah di undang akan mengadakan diskusi mengenai alasan tidak ikut hadir.


Pancasila is a solid normative and ideological foundation for carrying out community life. This study aims to determine the actualization of Pancasila values in the tradition of Mbolo Rasa (community deliberation) in the Mbojo tribe in Nunggi Village, Wera District, Bima Regency. This study is a qualitative study with a descriptive approach. The research data sources are village heads, community leaders, and the community. Data were collected using interviews, observation, and documentation techniques. The collected data were then analyzed through data reduction, presentation, and concluding. The results of the study show that 1) Pancasila Values in the Mbolo Rasa Tradition (community deliberation) are Divinity Values, Humanity Values, Unity Values, Deliberation Values, and Justice Values; 2) The form of actualization of Pancasila values in the Mbolo Rasa tradition (community deliberation), the values of religious teachings are applied by saying greetings when attending the Mbolo tradition, having empathy for fellow community members, the community unites to work together in the implementation of the Mbolo rasa tradition, the community carries out deliberations in making decisions. 3) The role of the Nunggi village government in the actualization of Pancasila values in the implementation of the Mbolo rasa tradition is to provide direct socialization or via social media regarding the actualization of Pancasila. If it is found that people are not present in the implementation of the tradition if they have been invited, they will ask a discussion about the reasons for not attending


Keywords


Aktualisasi; Nilai Pancasila; Tradisi; Suku Mbojo

Full Text:

PDF

References


A. Fraulen, D. S. Putri, R. R. Yuanita, and R. A. FITRIONO, “Pentingnya Peran Pancasila Sebagai Pedoman Hidup Generasi Z,” J. Ekon. Sos. Hum., vol. 4, no. 01, pp. 21–28, 2022.

E. Regiani and D. A. Dewi, “Pudarnya Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat Di Era Globalisasi,” J. Kewarganegaraan, vol. 5, no. 1, pp. 30–38, 2021, doi: 10.31316/jk.v5i1.1402.

N. S. M. Tarwan and D. A. Dwi, “Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Era Modern,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 3, no. 1, pp. 79–87, 2022.

Rismawati, “Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila di Era Reformasi,” Semin. Nas. Aktual. Nilai-nilai Pancasila di Era Reformasi, pp. 37–45, 2017.

Z. Hasan, F. G. Putri, C. J. Riani, and A. P. Evandra, “Penerapan Nilai–Nilai Pancasila dalam Pembentukan Peraturan Hukum di Indonesia,” Perkara J. Ilmu Huk. dan Polit., vol. 2, no. 2, pp. 138–150, 2024, doi: 10.51903/perkara.v2i2.1863.

A. Widjojo, “Keadilan Restoratif dan Pendekatan Humanis Tidak untuk Menggantikan Keadilan Retributif,” in Tersedia di: https://www. lemhannas. go. id/index. php/berita/berita-utama/1230-agus-widjojo-keadilan-restoratif-dan-pendekatan-humanis-tidak-untuk-menggantikan-keadilan-retributif, 2021.

T. Haryati and A. G. Hidayat, “Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Nilai Kearifan Local Maja Labo Dahu Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Pada Sma Di Kabupaten Bima,” J. Ter. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 5, no. 2, pp. 40–47, 2023, doi: 10.31602/jt.v5i2.12160.

J. W. Creswell, Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches. Sage publications, 2016.

B. B. Yustisio, N. A. Sinaga, and S. Sujono, “Arrangement and Implementation of Pancasila Industrial Relations in Company Regulations and Collective Labor Agreements,” J. Huk. Sehasen, vol. 9, no. 2, pp. 121–132, 2023.

A. Ibrahim and H. Purwanti, “The State Based on the Almighty Godhead After the Amendment of the 1945 Indonesian Constitution,” in Proceeding ADRI International Conference on Multidisciplinary Research, 2024, pp. 44–59.

S. Sugiantoro, A. I. Khairi, and F. Wahyudianto, “Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Tradisi Diba’an Pada Masyarakat Sidoarjo,” Maharsi J. Pendidik. Sej. dan Sosiol., vol. 5, no. 1, pp. 22–34, 2023.

L. Fajariyah and M. Dzulkifli, “Actualization of Pancasila Values in The Tahlilan Tradition in Sapen Village Yogyakarta: Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Tradisi Tahlilan di Kampung Sapen Yogyakarta,” Dialog, vol. 44, no. 2, pp. 129–138, 2021, doi: 10.47655/dialog.v44i2.485.

M. H. Wijaya, “Karakteristik konsep negara hukum pancasila,” J. Advokasi, vol. 5, no. 2, pp. 199–214, 2015.

A. Muthmainnah and D. A. Dewi, “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Tradisi Nganggung di Kepulauan Bangka Belitung,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 515–521, 2021, doi: 10.33487/edumaspul.v5i1.1261.

M. E. Junaidi and L. Y. Prakoso, “Pancasila as the basis for Indonesia’s Universal Defense,” J. Soc. Polit. Sci., vol. 4, no. 2, 2021.

A. Maslow and K. J. Lewis, “Maslow’s hierarchy of needs,” Salenger Inc., vol. 14, no. 17, pp. 987–990, 1987.

A.-N. Apriani, I. P. Sari, and I. K. Suwandi, “Pengaruh living values education program (lvep) terhadap penanaman karakter nasionalisme siswa sd dalam pembelajaran tematik,” Taman Cendekia J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 1, no. 2, pp. 102–112, 2017.

E. Yuliastuti and W. A. Jafar, “Aktualisasi Nilai Pancasila Dalam Acara Adat Sammilan Pada Masyarakat Adat Magho Sekappung Libo,” AL IMARAH J. Pemerintah. DAN Polit. Islam, vol. 5, no. 1, pp. 1–19, 2020, doi: 10.29300/imr.v5i1.3300.

W. Nurafifah and A. Dewi, “De Cive: Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara,” J. Penelit. Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 1, no. 4, pp. 1–7, 2021.

S. Vembriarto, Pathologi Sosial. Paramita, Yogyakarta, 1981.

G. Nugraha and D. Cholisin, “Sosialisasi Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia Dan Bhinneka Tunggal Ika Dalam Perspektif Pendidikan Politik (Studi Mpr Ri Tahun 2014-2019) Socialization of Pancasila, Constitution Republ,” vol. 9, no. 1, pp. 1–17, 2020.

J. E. Grusec and P. D. Hastings, Handbook of socialization: Theory and research. Guilford Publications, 2014.

H. Siregar, “Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila,” Pancasila J. Keindonesiaan, vol. 02, no. 01, pp. 71–82, 2022, doi: 10.52738/pjk.v2i1.102.

S. Akbar, “Media Komunikasi dalam Mendukung Penyebarluasan Informasi Penanggulangan Pandemi Covid-19,” Maj. Semi Ilm. Pop. Komun. Massa, vol. 2, no. 1, pp. 73–82, 2021.




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v12i2.16734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: