Studi Eksplorasi Karakter Tanggung Jawab Terhadap Pembelajaran pada Siswa SMA Negeri di Kota Bandung

Syfa Kaila Damayanti, Dasim Budimansyah, Nisrina Nurul Insani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan gejala moral yang menjadi masalah utama pada penanaman karakter tanggung jawab pada siswa.  Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa ada kenaikan angka pada jumlah kasus kenakalan remaja di Indonesia sebanyak 10,7% di tahun 2013-2015. KPAI juga merilis pernyataan mengenai kasus tawuran pelajar di Indonesia pada tahun 2018 mencapai angka 114 kasus atau 32,35%. Hasil penelitian lain juga menyebutkan Indonesia menjadi negara dengan tingkat perundungan paling tinggi di Asia dengan data 84% anak-anak Indonesia pernah mengalami perundungan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat karakter tanggungjawab terhadap pembelajaran pada siswa SMA Negeri di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode jenis eksploratif, dengan Teknik pengumpulan data memakai angket dan Teknik analisis data memakai tabulasi silang atau crosstabulation dengan hasil akhir berupa deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat presentase pelaksanaan karakter tanggung jawab terhadap pembelajaran pada siswa di SMAN Negeri di Kota Bandung berada pada tingkat yang kurang baik.

 

This research is motivated by the decline in moral symptoms which is the main problem in instilling the character of responsibility in students.  The Central Bureau of Statistics stated that there was an increase in the number of cases of juvenile delinquency in Indonesia by 10.7% in 2013-2015. KPAI also released a statement regarding cases of student brawls in Indonesia in 2018 reaching 114 cases or 32.35%. The results of another study also stated that Indonesia became a country with the highest level of bullying in Asia with data on 84% of Indonesian children having experienced bullying. The purpose of this study is to determine the level of character responsibility for learning in public high school students in Bandung City. This study uses a quantitative approach with an exploratory type method, with data collection techniques using questionnaires and data analysis techniques using cross tabulation with the final result in the form of descriptive percentages. The results showed that the percentage level of the implementation of the character of responsibility for learning in students at State Senior High Schools in Bandung City was at a poor level. 


Keywords


Tanggung Jawab; Pendidikan Karakter; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Fitri, A.Z., and Haryanti, N. Metode Penelitian Pendidikan. Madani Media, 2020.

Gunawan, H. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Alfabeta, 2012.

Lickona, T. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Nusa Media, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, 2021.

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, 2016.

Asmara, T. “Meningkatan Tanggung Jawab Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 4, no 1 (2021).

Auliya, R., and Marlina, R. “Minat Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Matematka Ditinjau Dari Jenis Kelamin: Adakah Pengaruhnya.” Jipmat 6, no.2 (2021): 179-193.

Borualogo, I. S., and Gumilang, E. “Kasus Perundungan Anak di Jawa Barat: Temuan Awal Children’s Worlds Survey di Indonesia. Psympathic.” Jurnal Ilmiah Psikologi 6,no. 1 (2019): 15–30.

Fitri, R. P., and Oktaviani, Y. “Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Kenakalan Remaja Pada Siswa-Siswi Man 2 Model Kota Pekanbaru Tahun 2018.” Jomis (Journal Of Midwifery Science) 3,no.2 (2019): 84-90.

Sugiana, A., and Sofyan, S. “Penanaman nilai karakter disiplin dan tanggung jawab di SMK Ethika Palembang.” Jurnal PAI Raden Fatah 1, no.1 (2019): 105-116.

Nurjaya, I.G. “Pendidikan Karakter pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional V Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 174. 2018.

Lailiana, N. A., and Handayani, A. “Motivasi berprestasi ditinjau dari komitmen terhadap tugas pada mahasiswa.” In Proceedings Education and Language International Conference, vol. 1, No. 1. 2017.

Putri, F. N., and Wangi, E. N., “Studi Deskriptif Nilai Karakter Respect & Responsibility Pada Siswa SMA Negeri Di Kota Bandung.” Prosiding Psikologi, 567-572. 2021.

Sholiha, A. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Perilaku Keberagaman Anak Pada Keluarga Broken Home Di Desa Surodadi Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang.” (Skripsi) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institute Agama Islam Negeri Pekalongan. 2019.

Wardah, S. S., dan Wangi, E. N. “Studi Deskriptif Nilai Karakter Respect & Responsibility Di MTSN Kota Bandung.” Prosiding Psikologi, 542-546. 2021.




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v12i2.17249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: