Implementasi Metode Card Sort Pada Proses Pembelajaran Guru dan Siswa Kelas VII Di Boarding School Mu’allimin Muhammadiyah Lombok Barat

Hafsah Hafsah, Abdul Sakban

Abstract


Pendidikan menjadi elemen kunci dalam pembangunan sebuah negara, karena memiliki peran yang signifikan dalam usaha meningkatkan mutu sumber daya manusia. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menjelaskan Implementasi metode card sort pada proses pembelajaran guru dan siswa kelas VII Di Boarding School Mu’allimin Muhammadiyah Lombok Barat. Metode kegiatan ini meliputi: studi pendahuluan, pelatihan dan pemberdayaan dan Fokus Group Discussion. Hasil kegiatan ini memberikan dampak bahwa terdapat peningkatan komptensi guru dan siswa setelah diberikan pelatihan secara komprehensif dan terukur. Karena proses pembelajaran yang menggunakan metode active learning tipe card sort dengan asumsi mampu meningkatkan prestasi belajar pembelajaran PPKn. Oleh karena itu, diketahui bahwa pembelajaran aktif tipe card sort dapat menjadi salah satu alternatif metode yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran. Metode ini diharapkan dapat membantu guru dalam merencanakan proses pembelajaran yang inovatif, sehingga tidak hanya meningkatkan prestasi siswa tetapi juga menjadi acuan bagi guru lainnya dalam kegiatan pembelajaran.

 

Education is a key element in the development of a country, because it has a significant role in efforts to improve the quality of human resources. The purpose of this activity is to explain the implementation of the card sort method in the learning process for class VII teachers and students at the Mu'allimin Muhammadiyah Boarding School, West Lombok. The methods of this activity include: preliminary study, training and empowerment and Focus Group Discussion. The results of this activity have the impact that there is an increase in teacher and student competency after being given comprehensive and measurable training. Because the learning process uses the card sort type active learning method with the assumption that it will be able to improve learning achievement in PPKn learning. Therefore, it is known that active learning using the card sort type can be an alternative method used by teachers in learning activities. This method is expected to help teachers in planning innovative learning processes, so that it not only improves student achievement but also becomes a reference for other teachers in learning activities.


Keywords


Metode; Card Sort; Pembelajaran; Guru dan Siswa

Full Text:

PDF

References


M. Muliyani, “Penerapan Metode Card Sort dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Kelas V di SDN 1 Selat Barat,” Pros. Pendidik. Profesi Guru Agama Islam, vol. 2, no. 2, 2022.

R. T. Sari and S. Angreni, “Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa,” J. varidika, vol. 30, no. 1, pp. 79–83, 2018.

H. S. Aulia, D. A. Dewi, and A. Mulyana, “Pengaruh Penggunaan Tipe Card Sort Pada Pembelajaran PPKN Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 3 Sukamulya,” Concept J. Soc. Humanit. Educ., vol. 2, no. 3, pp. 115–137, 2023.

A. Aisah, N. Suryani, and S. S. Fadhilah, “Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Kolaborasi Small Group Discussion Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan,” Teknodika, vol. 16, no. 1, pp. 1–9, 2018.

M. Khoiro, “Validitas instrumen strategi card sort pada pembelajaran,” Educenter J. Ilm. Pendidik., vol. 1, no. 11, pp. 817–821, 2022.

N. Nurhidayati, “Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sikap Kepahlawanan dan Patriotsm Kelas IV SDN Purwosari 02,” J. PTK dan Pendidik., vol. 3, no. 1, 2017.

A. Arrasyid, “Pengaruh Strategi Card Sort terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Sikap Sosial,” Int. J. Elem. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 101–107, 2018.

D. N. Nasution, U. R. Efendi, and S. Yunita, “Implementasi Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching pada Mata Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar,” J. Sekol., no. 1, pp. 171–177, 2023.

W. Astuti and E. P. E. Syafril, “Penggunaan Metode Card Sort pada Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial,” Proc. Ser. Soc. Sci. Humanit., vol. 3, pp. 604–609, 2022.

A. G. Zahrandika, “Implementasi Metode Card Sort Guna Meningkatkan Minat Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Ngebel Gede 2 Jl. Bulusari Sardonoharjo Kec. Ngaglik Kab. Sleman Yogyakarta.” Universitas Islam Indonesia, 2024.

P. Giraudeau et al., “CARDS: a mixed-reality system for collaborative learning at school,” in Proceedings of the 2019 ACM International Conference on Interactive Surfaces and Spaces, 2019, pp. 55–64.

S. Mahmud and M. Idham, Strategi Belajar Mengajar. Syiah Kuala University Press, 2017.

D. Hartono, “PAIKEM Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan,” Pekanbaru: Zanafa, 2008.

Suparlan, Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2008.

A. Moores, J. Akhurst, and J. Powell, “Using a card sort to structure and promote enquiry-based learning,” Br. J. Occup. Ther., vol. 73, no. 5, pp. 229–236, 2010.

A. Muhtadi, “Implementasi konsep pembelajaran ‘active learning’ sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan,” Jur. Kurikulum dan Teknol. Pendidik. FIP UNY, Maj. Ilm. Pembelajaran, 2009.

S. Edgar-Smith and R. B. Palmer, “Building supportive school environments for alternative education youth,” Prev. Sch. Fail. Altern. Educ. Child. youth, vol. 59, no. 3, pp. 134–141, 2015.

J. R. Kilbourne, L. Scott-Webber, and L. R. Kapitula, “An activity-permissible classroom: Impacts of an evidence-based design solution on student engagement and movement in an elementary school classroom,” Child. Youth Environ., vol. 27, no. 1, pp. 112–134, 2017.




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v12i2.25094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: