Upaya Guru PPKn Dalam Penguatan Karakter Disiplin Siswa Kelas XI di MAN 1 Bima

Putri Ningsih, Muhammad Mustari, Edy Kurniawansyah, Muhammad Zubair

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam penguatan karakter disiplin siswa, serta apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat upaya guru Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam penguatan karakter disiplin siawa di MAN 1 Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam penguatan karkter disiplin siswa yaitu memberikan keteladanan dan nasihat serta penegak aturan. Faktor pendukung dalam penguatan karakter disiplin siswa yaitu lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan sosial, Sementara itu yang menjadi Faktor penghambat yaitu pengaruh teman sebayan, kurangnya motivasi diri.

The aim of the research is to determine the efforts of Pancasila and Citizenship Education teachers in strengthening students' disciplinary character, as well as what are the supporting and inhibiting factors in the efforts of Pancasila and Citizenship Education teachers in strengthening students' disciplinary character at MAN 1 Bima. This research uses a qualitative approach with a case study type. The data collection techniques used in this research are observation, interviews and documentation. Meanwhile, data analysis techniques use data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research show that the efforts of Pancasila and Citizenship Education teachers in strengthening students' disciplinary character include providing role models and advice as well as enforcing rules. Supporting factors in strengthening students' disciplined character are the school environment, family environment, social environment. Meanwhile, the inhibiting factors are the influence of peers, lack of self-motivation.


Keywords


Guru PPKn; penguatan; karakter disiplin

Full Text:

PDF

References


Hafidzi. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Lingkungan Kerja Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember. Jurnal Penelitian Ipteks. Vol. 4 No. 1.

Kurniawansyah, E., & Sukarso, A. A. (2022). Pendampingan Pengisian LKPS dan Penyusunan Dokumen LED Akreditasi Program Studi Berdasarkan Panduan Lamdik di Lingkungan FKIP Unram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 483-491.

Kurniawansyah, E., Dahlan, D., & Yuliatin, Y. (2022). Persepsi Mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas Mataram Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Sistem Politik dan Pemerintahan Indonesia di Masa New Normal. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2383-2387.

Kurniawansyah, E., & Sukarso, A. A. (2022). Pendampingan Pengisian LKPS dan Penyusunan Dokumen LED Akreditasi Program Studi Berdasarkan Panduan Lamdik di Lingkungan FKIP Unram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 483-491.

Mustari, M., (2012). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Mustari, M., (2011). Nilai Karakter. Jakarta: LaksBang PRESSindo.

Mumpuni, A., (2018). Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pembelajaran. Cv Budi Utama. Yogyakarta.

Permatasari, S. D., & Elita, Y. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Relasi Pertemanan Pada Siswa Kelas 8a Di Smp N 13 Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 114–125. https://doi.org/10.33369/consilia.4.2.114-125

Sutoyo, Agus, (2000). Kiat Sukses Prof. Hembing. Prestasi Insan Indonesia. Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta

Wenda, D., Sumampow, I., Tompodung, J., & Guru, D. M. (2017). Issn : 2337 - 5736. 2.

Yelvita, F. S (2022). Strategi guru dalam membangun karakter disiplin siswa kelas v di SDN 48 pekanbaru. Skripsi, 8. 5. 20217, 2003-2005.

Zubaedi, (2012). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v12i2.25361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: