Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di SMPN 6 Kota Mataram

Edy Kurniawansyah, Muhammad Mustari, Ahmad Fauzan, Yiyi Ananda Rizkia

Abstract


Program literasi dan numerasi merupakan salah satu program penting yang diluncurkan oleh kemendikbudristek melalui kegiatan kampus mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa di SMPN 6 Kota Mataram. Temuan/inovasi yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa. Adapun lokasi penelitian yaitu di SMPN 6 Mataram. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Kemudian tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan Teknik analisi data adalah dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini tentang peran kepala sekolah dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa di SMPN 6 Mataram adalah Penataan Pojok Baca, Jam Tambahan Calistung, Permainan Matematika, Penataan Lingkungan Kaya Teks, Mendongeng Bersama, dan Kegiatan Moving Class. Sedangkan Faktor pendukung pelaksanaan program literasi dan numerasi siswa di sekolah antara lain semangat guru dalam menjalankan program serta dukungan kepala sekolah yang berkomitmen tinggi dalam menjalankan program penguatan literasi dan numerasi. Kemudian Faktor penghambat pelaksanaannya antara lain adalah kurangnya sarana prasarana yang ada di sekolah serta kurangnya minat baca di kalangan siswa itu sendiri

Keywords


Peran; Kepala sekolah; Literasi; Numerasi

Full Text:

PDF

References


L. Hernawati, E. Rahayu, and P. Soejowinoto, “The Predictors of Indonesian Senior High School Students’ Anger at School.,” J. Educ. Pract., vol. 6, no. 23, pp. 108–119, 2015.

H. Habe and A. Ahiruddin, “Sistem pendidikan nasional,” Ekombis Sains J. Ekon. Keuang. Dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 39–45, 2017.

W. Wahyuddin, “Headmaster Leadership and Teacher Competence in Increasing Student Achievement in School.,” Int. Educ. Stud., vol. 10, no. 3, pp. 215–226, 2017.

S. Atstsaury, H. Hadiyanto, and S. Supian, “Principal’s strategy to improve teachers professional competence,” Munaddhomah J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2024, doi: 10.31538/munaddhomah.v5i1.775.

H. Heru Siswanto, H. Hasan, S. Sowiyah, and R. Ridwan, “The influence of principal performance on teachers’ pedagogical competence,” J. Soc. Humanit. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 13–26, 2020.

S. W. Estiani and E. Hasanah, “Principal’s Leadership Role in Improving Teacher Competence,” Nidhomul Haq J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 2, pp. 229–241, 2022, doi: 10.31538/ndh.v7i2.2281.

N. F. N. Mustamin and M. Al Muz-zammil bin Yasin, “The competence of school principals: what kind of need competence for school success?,” J. Educ. Learn., vol. 6, no. 1, pp. 33–42, 2012, doi: 10.11591/edulearn.v6i1.188 Refbacks.

SMERU Research Institute, . “Laporan Tahunan 2018: Analisis Kemiskinan dan Ketimpangan Pemantauan, Evaluasi, dan Pembelajaran, Penelitian Kebijakan,” SMERU Research Institute, Artikel (Online), https://smeru.or.id/id/publication-id/laporan-tahunan-2018 diakses, Agustus 2024), 2018.

M. A. Maulyda, L. H. Affandi, and V. R. Hidayati, “The Level of Students’ Metacognition Thinking During Online Lectures in the Covid-19 Pandemic,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 24, no. 2, pp. 178–192, 2021.

R. Sumardi et al., “Test-retest reliability of the Indonesian version of the Overactive Bladder Symptom Score (OABSS) and its correlation with standard assessment tools,” Acta Med Indones, vol. 44, no. 3, pp. 214–221, 2012.

C. Cruz-González, C. L. Rodríguez, and J. D. Segovia, “A systematic review of principals’ leadership identity from 1993 to 2019,” Educ. Manag. Adm. Leadersh., vol. 49, no. 1, pp. 31–53, 2021.

A. Schleicher, Preparing teachers and developing school leaders for the 21st century: Lessons from around the world. ERIC, 2012.

M. Cowie and M. Crawford, “‘Being’ a new principal in Scotland,” J. Educ. Adm., vol. 46, no. 6, pp. 676–689, 2008.

A. Urick and A. J. Bowers, “What are the different types of principals across the United States? A latent class analysis of principal perception of leadership,” Educ. Adm. Q., vol. 50, no. 1, pp. 96–134, 2014.




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v12i2.28581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: