Fungsi Controlling dan Evaluasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPN 1 Lembar Lombok Barat

Saryati Saryati, Abdul Sakban

Abstract


Abstrak: Kepala sekolah memiliki dua fungsi pokok yaitu sebagai controlling dan evaluasi terhadap kinerja guru, siswa dan mutu sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi controlling dan evaluasi kepala sekolah terhadap kinerja Guru di SMPN 1 Lembar Lombok Barat. Penelitian merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan Guru kelas SMPN I Lembar Lombok Barat. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan kembali atau direduksi data kemudian ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi controlling kepala sekolah yaitu melakukan pengawasan terhadap kedisplinan waktu, mengawasi guru yang sering absen sekolah, mengecek perangkat pemebelajaran, melihat cara guru membangun komunikasi dalam lingkungan sekolah, baik itu sesama guru maupun dengan siswa sarana dan prasarana sekolah. Karena dengan adanya sarana yang memadai mampu  menunjang keberhasilan dalam melakukan pembelajaran. Untuk mengevaluasi kinerja guru, peran kepala sekolah mengacu pada prinsip evaluasi yaitu  menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Jadi kepala sekolah memiliki tugas untuk menilai kinerja baik buruknya bawahannya dan memiliki peran penting untuk meningkatkan mutu sekolah dengan mengevaluasi secara berkala.

Abstract:  The principal has two main functions, namely controlling and evaluating the performance of teachers, students and school quality. The purpose of this study was to determine the controlling and evaluation functions of school principals on teacher performance in SMPN 1 Lembar West Lombok. This research is a qualitative research. The research subjects were the principal, vice principal, and class teachers of SMPN I Lembar West Lombok Data collection methods used observation, interviews, and documentation. The data obtained is then analyzed and restated or the data is reduced and conclusions are drawn. The results of this study indicate that the controlling function of the principal is to supervise time discipline, supervise teachers who are often absent from school, check learning devices, see how teachers build communication in the school environment, both with fellow teachers and with students of school facilities and infrastructure. Because with adequate facilities capable of supporting success in learning. To evaluate teacher performance, the role of the principal refers to the principle of evaluation, which is to assess the ability of teachers to apply all competencies and skills required in the learning process, mentoring, or the implementation of additional tasks relevant to the school / madrasah function. So the principal has a duty to assess the good and bad performance of his subordinates and has an important role in improving the quality of the school by evaluating it regularly.


Keywords


Kepala sekolah; Controlling; Evaluasi; Kinerja guru

Full Text:

PDF

References


I. Dwi Chayani, “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru di SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya,” Inspirasi Manaj. Pendidik., vol. 2, no. 2, 2016.

Y. I. Rosyadi and P. Pardjono, “Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di smp 1 cilawu garut,” J. Akuntabilitas Manaj. Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 124–133, 2015.

C. Z. H. Marzuwan and S. Ibrahim, “Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Meureudu,” J. Adm. Pendidik. Progr. Pascasarj. Unsyiah, vol. 4, no. 3, 2016.

M. Nur, C. Z. Harun, and S. Ibrahim, “Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sdn Dayah Guci Kabupaten Pidie,” J. Adm. Pendidik. Progr. Pascasarj. Unsyiah, vol. 4, no. 1, 2016.

M. Fitrah, “Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan,” J. Penjaminan Mutu, vol. 3, no. 1, pp. 31–42, 2017.

A. Adrijanti and H. P. Rahayu, “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajerial Dan Motivasi Tinggi Untuk Menciptakan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Di Sman 1 Gresik),” J. Ilm. Kegur. dan Ilmu Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 19–36, 2019.

H. Hamidi, N. Nuzuwar, and I. Nurmal, “Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator dan Supervisor,” Alignment J. Adm. Educ. Manag., vol. 2, no. 1, pp. 39–47, 2019.

L. L. Byars, L. L. Byars, and L. W. Rue, Supervision: Key link to productivity. Irwin Professional Publishing, 1990.

M. A. A. A. Prabu, “Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Edisi Pertama, PT,” Remaja Rosdakarya, Bandung, 2001.

H. Nawawi, Administrasi pendidikan. PT Toko Gunung Agung, 1995.

H. B. Uno, “Teori motivasi & pengukurannya,” Jakarta Bumi Aksara, 2008.

S. Soedijarto, “Upaya Percepatan Peningkatan Kualifikasi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal (Ptk-pnf),” J. Ilm. Visi, vol. 3, no. 1, pp. 30–33, 2008.

A. H. S. Hermino, Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi. Pustaka Pelajar, 2014.

V. Rivai, Manajemen sumber daya manusia utnuk perusahaan: dari teori ke praktik. PT RajaGrafindo Persada, 2004.

A. Rukmana, “Kualitas Kinerja Guru Sekolah Dasar,” J. Adm. Pendidik., vol. 7, no. 1, 2008.

E. Mulyasa, “Menjadi guru profesional,” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

S. Hidayat and M. P. S. Asroi, “Implementasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia,” Tanggerang: Pustaka Mandiri, 2013.

N. Fatah, “Landasan Manajemen Pendidikan Bandung: Remaja Rosdakarya,” 1996.

F. Fitriani and A. Sakban, “Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Efektifitas Penggunaan Kurikulum 2013 Dalam Persepektif Moral Bangsa di SMA Nurul Jannah NW Ampenan,” Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 6, no. 1, pp. 1–7, 2018.

N. R. Arumsari, “Penerapan Planning, Organizing, Actuating, Dan Controlling di UPTD Dikpora Kecamatan Jepara,” J. Ekon. dan Bisnis Kontemporer, vol. 3, no. 2, 2017.

A. Jaedun, “Evaluasi kinerja profesional guru,” Makalah. [email protected] yahoo. com. hal1-16. html, 2009.

L. Jason, W. Billows, D. Schnopp‐Wyatt, and C. King, “Reducing the illegal sales of cigarettes to minors: Analysis of alternative enforcement schedules,” J. Appl. Behav. Anal., vol. 29, no. 3, pp. 333–344, 1996.

S. Setiyati, “Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 22, no. 2, pp. 200–206, 2014.

U. Iskandar, “Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru,” J. Visi Ilmu Pendidik., vol. 10, no. 1, 2013.

C. Triatna, “Evaluasi Kinerja Guru dan Upaya Penjaminan Mutu Sekolah,” J. Adm. Pendidik., vol. 5, no. 1, 2007.




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: